Sukses

Contoh Hewan Vertebrata, Ciri-Ciri, dan Jenisnya yang Perlu Diketahui

Contoh hewan vertebrata bisa kamu kenali dari jenisnya.

Liputan6.com, Jakarta Contoh hewan vertebrata perlu kamu kenali untuk memahaminya. Hewan vertebrata sendiri merupakan kelompok hewan yang memiliki tulang belakang. Tulang belakang ini yaitu  ruas-ruas tulang yang berderet panjang di punggung mulai dari leher hingga ekor. Tulang belakang ini memiliki fungsi untuk menyokong tubuh dan melindungi sistem saraf.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian vertebrata adalah binatang yang bertulang belakang (seperti binatang menyusui dan burung). Ciri-ciri hewan vertebrata juga memiliki tengkorak untuk melindungi otak mereka.

Contoh hewan vertebrata bisa kamu kenali dari jenisnya. Ada lima jenis hewan vertebrata yang dibedakan berdasarkan penutup tubuh, alat gerak, dan cara berkembang biak. Kamu perlu mengenali ciri-ciri, jenis, dan contohnya agar memahami hewan vertebrata ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/4/2022) tentang contoh hewan vertebrata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Hewan Vertebrata

Sebelum mengenali contoh hewan vertebrata, kamu perlu mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Ada beberapa ciri-ciri vertebrata yang perlu kamu ketahui, di antaranya yaitu:

1. Tubuh terdiri dari kepala, badan, dan 2 pasang alat gerak, serta beberapa spesies mempunyai ekor.

2. Sistem pencernaan memanjang dari mulut hingga anus, dilengkapi dengan kelenjar pencernaan.

3. Sistem peredaran darah tertutup.

4. Alat ekskresi berupa ginjal.

5. Alat pernapasan berupa paru-paru, kulit, atau insang.

6. Sepasang alat reproduksi di kanan dan di kiri.

7. Sistem endokrin berfungsi menghasilkan hormon.

8. Sistem saraf terdiri dari sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) dan sistem saraf tepi (serabut saraf).

9. Sistem peredaran darah terdiri dari jantung, dan sel-sel dara.

10. Sistem gerak terdiri dari rangka sebagai alat gerak pasif dan otot sebagai alat gerak.

3 dari 4 halaman

Jenis dan Contoh Hewan Vertebrata

Contoh hewan vertebrata dapat kamu lihat dari jenisnya, yang dikelompokan menjadi lima jenis. Pengelompokan tersebut berdasarkan penutup tubuh, alat gerak, dan cara perkembangbiakannya. Berikut contoh hewan vertebrata yang dikelompokkan menjadi lima jenis:

Ikan (Pisces)

Ikan termasuk salah satu jenis hewan vertebrata. Ikan hidup di air dan bernapas menggunakan insang. Beberapa organ seperti sirip berfungsi untuk menentukan arah gerak, gurat sisi untuk mengetahui tekanan air. Ikan termasuk hewan berdarah dingin (poikiloterm), yaitu suhu tubuh disesuaikan dengan lingkungan.

Perkembangbiakannya dengan cara bertelur yang dibuahi di luar tubuh atau disebut pembuahan eksternal. Ikan merupakan binatang yang berhabitat didalam air, baik tawar atupun asin. Contoh hewan vertebrata yang termasuk kelompok ikan, yaitu lele, patin, mujair, tongkol, salem, dan gurami.

Amfibi (Amphibia)

Amfibi merupakan hewan yang tergolong contoh hewan vertebrata dengan keunikan tersendiri. Keunikan dari hewan amfibi adalah karena hidup di dua alam, yaitu air dan darat. Alat pernapasannya juga ada dua, yaitu insang dan paru-paru. Seperti halnya ikan, hewan amfibi termasuk hewan berdarah dingin (poikiloterm), yaitu suhu tubuh disesuaikan dengan lingkungan.

Hewan amfibi berkembangbiak dengan menghasilkan telur yang tidak bercangkang. Pembuahannya juga terjadi di luar tubuh induk atau fertilisasi eksternal, di air atau tempat yang lembab. Contoh hewan vertebrata yang tergolong amfibi adalah katak hijau, katak pohon, dan salamander.

4 dari 4 halaman

Jenis dan Contoh Hewan Vertebrata

Reptil (Reptilia)

Hewan ini berkulit keras, kering, dan bersisi yang terbuat dari zat tanduk atau keratin. Sisik pada reptil berfungsi untuk mencegah kekeringan. Pada ular, sisiknya mengelupas saat ganti kulit. Reptil juga berdarah dingin (poikiloterm). Perkembangbiakannya dengan bertelur yang dibuahi di dalam tubuh betina (pembuahan internal). Hewan reptil bergerak menggunakan perut atau kaki. Contoh hewan vertebrata yang masuk dalam kelompok reptil adalah kadal, ular, dan buaya.

Burung (Aves)

Burung memiliki bulu yang berfungsi untuk terbang dan melindungi tubuh, serta tulangnya berongga sehingga ringan. Bahkan burung juga memiliki paruh yang terbuat dari zat keratin. Ada juga sebagian hewan jenis aves yang tidak bisa terbang, seperti penguin. Burung termasuk hewan berdarah panas (homoioterm), yaitu suhu tubuh tetap. Perkembangbiakannya dengan bertelur yang dibuahi di dalam tubuh betina (internal). Contoh hewan vertebrata ialah burung merpati, burung pipit, burung gelatik, burung gereja, burung kutilang, dan burung walet.

Hewan Menyusui (Mammalia)

Hewan menyusui mempunyai kelenjar susu yang terletak di daerah perut atau dada. Selain mempunyai susu, hewan mamalia ini juga mempunyai rambut dan tiga tulang telinga tengah.  Perkembangbiakannya dengan cara melahirkan anak yang dibuahi di dalam tubuh induk atau fertilisasi internal. Hewan mamalia bernapas dengan paru-paru dan berdarah panas (homoioterm), suhu tubuhnya tetap. Contoh hewan vertebrata ini ada yang hidup di darat, misalnya tikus, marmut, tupai, kalong, kampret, monyet, orang utan, dan lain-lain. Contoh hewan vertebrata ada juga yang hidup di air seperti lumba-lumba, paus, hiu, dan sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.