Sukses

Contoh Gambar Poster Makanan yang Menarik, Simak Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Contoh gambar poster makanan dapat menjadi pedoman untuk dapat dibuat dengan menarik dan kreatif. Poster adalah pengumuman atau iklan pada kertas untuk menarik perhatian orang banyak. Biasanya poster dibuat untuk media promosi produk.

Cara membuat poster tergantung dari kerumitan objek yang akan ditampilkan pada poster. Selain itu, kamu juga perlu mengembangkan kreativitas untuk membuat poster makanan yang menarik.

Membuat poster makanan pun juga diperlukan strategi, supaya pesan dapat tersampaikan dengan efektif. Untuk itu perlu mengetahui contoh gambar poster makanan dan cara membuatnya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh gambar poster makanan dan cara membuat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/4/2022).

2 dari 5 halaman

Pengertian Poster

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum yang bisa berupa pengumuman atau iklan. Secara umum, pengertian poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak.

Biasanya poster dipasang di tempat yang strategis agar banyak dilihat oleh khalayak. Dengan begitu, contoh gambar poster akan mengajak atau membujuk masyarakat umum untuk mengikuti atau mencoba pesan yang disampaikan melalui poster tersebut.

Secara khusus tujuan poster dapat disesuaikan dengan kemauan atau kepentingan pembuatnya yang beragam, bisa karena komersial, informasi publik, tujuan kemanusiaan atau lainnya. Seiring berkembangnya zaman, poster tak hanya tersedia dalam bentuk cetak saja, tetapi juga online. Poster yang kini marak tersebar dalam bentuk cetak dan online adalah contoh gambar poster makanan. Sebab, banyak usaha kuliner membuat pengusaha bersaing dalam menjual produk.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Poster Makanan Online

Sebelum mengetahui contoh gambar poster makanan, Anda perlu mengetahui cara membuatnya secara online. Seiring perkembangan zaman, kamu dapat lebih mudah membuat poster makanan secara online, karena ada banyak situs pembuat poster yang menawarkan konten mereka secara gratis. Kamu hanya perlu mengembangkan kreativitas untuk membuat poster makanan yang menarik. Selain itu, banyaknya template juga lebih memudahkanmu untuk berkreasi. Berikut ini terdapat beberapa cara membuat poster makanan, yaitu:

1. kanvas

Tempat membuat poster makanan online yang pertama adalah Canva. Dengan lebih dari enam puluh ribu template, Canva adalah surganya pembuat poster. Di sini kamu bisa membuat poster makanan semenarik mungkin. Kamu dapat memilih ukuran gambar, menambahkan beberapa layer ke gambar, mengubah gaya font, dan memilih dari beragam gambar latar belakang.

2. Postermywall

Tempat untuk membuat poster makanan online yang lainnya adalah Postermywall. Situs ini mendukung Anda mendesain poster yang menarik. Kamu bahkan bisa membuat poster untuk kebutuhan media sosial. Kamu bisa mengintegrasikan teks, video, dan banyak gambar di poster makananmu untuk menarik dan siap diposting di Instagram.

3. Crello

Crello adalah situs web lain yang bisa membantumu membuat poster makanan. Setelah login, kamu dapat mencari dari arsip besar foto, latar belakang, dan ilustrasi. Kamu juga dapat menemukan foto gratis melalui tab Free Photos. Selain itu, ada filter yang dapat digunakan untuk mencari jenis gambar (gratis) tertentu.

4. Adobe Spark

Adobe Spark merupakan salah satu situs pembuat poster online yang dikembangkan oleh Adobe. Dengan situs ini kamu bisa mendesain poster seperti menggunakan Photoshop. Spark menampilkan banyak stok foto untuk membuat poster makanan menarik secara visual. Kamu dapat memilih dari Adobe Stock atau koleksi di Google Drive atau Dropbox.

5. Snappa

Jika kamu menyukai poster makanan yang minimalis, kamu bisa memanfaatkan Snappa. Mirip dengan Canva, di Snappa kamu dapat memilih ukuran gambar dan memilih gaya dan bentuk font. Background yang disediakan juga menarik dan gratis. Kamu dapat memilih semuanya, mulai dari desain prismatik (gradien) hingga bokeh klasik dan gambar berpola penuh gaya. Tidak seperti situs web lain, Snappa tidak memberikan banyak batasan pada paket gratisnya. Kamu memiliki akses ke banyak foto, grafik, dan template.

4 dari 5 halaman

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Poster Makanan

Sebelum mengetahui gambar poster makanan, Anda perlu mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membuat poster makanan. Berikut penjelasannya :

1. Judul

Ini adalah elemen teks utama (dan terbesar) dalam desain. pilih jenis huruf yang dapat dibaca yang menarik dan membutuhkan perhatian.

2. Detail

Bagaimana, apa, kapan, di mana? Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini di tingkat kedua teks. Informasi apa yang diperlukan seseorang untuk melakukan apa yang diminta poster dari mereka? Berikan informasi di sini secara ringkas. Untuk ukuran, ada dua opsi yaitu turunkan ukuran menjadi sekitar setengah dari judul utama dan gunakan teknik lain untuk kontras.

3. Tingkatkan Kontras

Kamu memiliki satu pandangan untuk menarik perhatian seseorang dengan sebuah poster. Kontras tinggi antar elemen dapat membantu melakukan itu. Untuk makanan, hindari palet warna monoton dengan gradasi pucat. Pikirkan juga tentang latar belakang warna yang besar. Seringkali desainer poster memulai dengan kanvas putih. Jika poster makanan tersebut ingin diposting di media sosial, maka gunakan latar belakang warna tinggi dengan gambar penuh untuk membuat poster makanan menonjol dari yang lain.

4.Gunakan Satu Visual Besar

Apakah kamu memilih foto, ilustrasi atau teks, gambar yang dominan adalah kuncinya. Dan seperti halnya teks, gambar harus dapat dikenal dari jarak. Saat mendesain poster, baik-baik mengenai gambar makanan atau elemen close-up, ilustrasi item tunggal, pemandangan umum dengan titik fokus yang tajam, dan tipografi baru dengan intrik tinggi. Setelah memilih visual, berhati-hatilah dengan elemen layering. Jenis dan gambar harus kontras yang cukup agar dapat dibaca secara terpisah.

5 dari 5 halaman

Contoh Gambar Poster Makanan yang Menarik

Contoh gambar 1

Contoh gambar 2

Contoh gambar 3