Sukses

Contoh Proposal Penelitian yang Baik, Ketahui Isi dan Strukturnya

Proposal penelitian adalah bagian penting penelitian.

Liputan6.com, Jakarta Contoh proposal penelitian bisa memberi gambaran tentang penelitian yang akan dikerjakan. Proposal penelitian adalah bagian penting dari proses pengajuan penelitian. Contoh proposal penelitian menunjukkan pengetahuan penulis tentang bidang yang akan diteliti.

Proposal penelitian berguna untuk mengajukan skripsi, thesis, atau penelitian lainnya. Format contoh proposal penelitian bisa bervariasi tergantung jenis penelitian. Contoh proposal penelitian juga bisa bergantung pada universitas atau institusi yang memfasilitasi.

Contoh proposal penelitian berguna bagi peneliti dan mahasiswa. Dengan contoh proposal penelitian ini, kamu bisa menyusun proposan dengan benar. Berikut contoh proposal penelitian, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (7/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal proposal penelitian

Proposal penelitian adalah proposal yang menjelaskan apa yang akan diteliti, mengapa itu penting, dan bagaimana penelitian dilakukan. Akademisi sering harus menulis proposal penelitian untuk mendapatkan dana untuk proyek penelitian. Sementara mahasiswa harus menulis proposal penelitian sebagai bagian dari skripsi, thesis, atau disertasi.

Semua proposal penelitian dirancang untuk meyakinkan seseorang bahwa penelitian memiliki manfaat. Panjang proposal penelitian sangat bervariasi. Proposal tesis sarjana atau master hanya beberapa halaman, sementara proposal untuk disertasi PhD dan pendanaan penelitian seringkali sangat panjang dan terperinci.

3 dari 6 halaman

Isi proposal penelitian

Halaman judul

Halaman judul berisi judul penelitian yang akan diusulkan. Dalam proposal penelitian, judul penelitian haru singkat, spesifik, dan menggambarkan permasalahan yang diteliti.

Latar belakang

Latar belakang berisi uraian tentang masalah penelitian dan alasan dilakukannya penelitian. Dari latar belakang akan tercermin pentingnya topik masalah diteliti. Bagian ini berisi pemaparan secara singkat tentang gejala yang muncul dan keterkaitannya dengan teori.

4 dari 6 halaman

Isi proposal penelitian

Rumusan masalah

Rumusan masalah berisi kalimat tanya yang berupa ungkapan tentang masalah atau topik yang akan diteliti.

Tujuan penelitian

Tujuan penelitian terkait dengan relevansi, konteks, pendekatan, dan kelayakan. Dalam bagian ini, yakinkan dosen bahwa penelitian menarik, orisinal, dan penting. Tunjukkan bahwa kamu familier dengan bidang tersebut dan memahami memahami keadaan penelitian saat ini tentang topik tersebut. Pastikan ide-ide memiliki dasar akademis yang kuat.

5 dari 6 halaman

Isi proposal penelitian

Manfaat penelitian

Manfaat penelitian dijelaskan secara teoretis dan praktis serta menjelaskan pihak-pihak yang akan memperoleh manfaat dari hasil penelitian tersebut.

Metode penelitian

Bagian desain atau metodologi penelitian harus menjelaskan pendekatan keseluruhan dan langkah-langkah praktis yang akan diambil untuk menjawab pertanyaan penelitian. Pastikan untuk tidak hanya menulis daftar metode.

Kajian pustaka

Proposal penelitian harus menyertakan kutipan yang tepat untuk setiap sumber yang telah digunakan, dan rincian publikasi lengkap harus selalu disertakan dalam daftar pustaka. Penulisan daftar pustaka bisa menyesuaikan ketentuan yang ditetapkan universitas seperti menggunakan gaya APA, MLA, atau Chicago.

6 dari 6 halaman

Contoh proposal penelitian

Judul Proposal Penelitian

Keragaman Budaya Adat Dalam Pernikahan Jawa

Latar Belakang Penelitian

Salah satu kekayaan kebudayaan orang-orang Jawa adalah upacara pernikahan adat Jawa. Adat istiadat pernikahan Jawa ini merupakan salah satu tradisi yang bersumber dari Keraton.

Adat istiadat ini mengandung nilai-nilai luhur yang mencerminkan luhurnya budaya orang Jawa. Luhurnya budaya tersebut tercermin dari busana pengantin yang dikenakan pada saat upacara pernikahan serta tata riasnya yang mengandung makna simbolik.

Pernikahan merupakan salah satu peristiwa besar yang sangat penting dan sakral di dalam sejarah kehidupan manusia. Oleh karena itu, peristiwa sakral tersebut tidak akan dilewatkan begitu saja seperti mereka melewati kehidupan sehari-hari.

Peristiwa pernikahan dilaksanakan dengan berbagai serangkaian upacara yang di dalamnya mengandung nilai budaya yang luhur dan suci. Setiap orang yang menyelenggarakan upacara pernikahan tidak akan merasa ragu untuk mengorbankan tenaga, pikiran, waktu, serta biaya yang besar untuk kelancaran terselenggaranya upacara pernikahan tersebut.

Hal yang cukup penting hubungannya dengan upacara pernikahan adalah busana pengantin. Busana pengantin merupakan bagian dari aspek kebudayaan manusia yang disebut dengan kesenian, dimana pada busana pengantin tersebut memiliki arti simbolis yang bermakna.

Perwujudan busana pengantin tidak lepas dari serangkaian pesan yang hendak disampaikan kepada masyarakat umum melalui simbol-simbol yang dikenal dan tradisi budaya masyarakat tersebut.

Simbol-simbol yang diungkapkan dalam busana pengantin dapat dilihat sebagai pencerminan dari corak kebudayaan masyarakat Yogyakarta yang mengandung nilai-nilai dan ajaran bagaimana seharusnya masyarakat Yogyakarta bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

Fokus Permasalahan

Fokus permasalahan dalam penelitian ini yang pertama adalah makna simbolik yang terkandung dalam peralatan upacara pengantin adat Yogyakarta. Kedua, fungsi busana pengantin adat Yogyakarta.

Rumusan Masalah

Bagaimanakah makna simbolik busana pengantin adat Yogyakarta?Bagaimanakan fungsi busana pengantin adat Yogyakarta?Tujuan Penelitian

Untuk memahami dan mendeskripsikan makna simbolik peralatan upacara pengantin adat Yogyakarta.Untuk mengetahui dan mendeskripsikan fungsi busana pengantin adat Yogyakarta.Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini adalah untuk menggali nilai-nilai tradisional yang terdapat pada busana tradisional busana pengantin adat Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi:

Peneliti, sebagai sarana untuk meningkatkan apresiasi terhadap peralatan upacara pengantin adat Yogyakarta mengenai makna simbolik yang terkandung di dalamnya dan meningkatkan pengetahuan tentang fungsi busana pengantin adat Yogyakarta tersebut.Mahasiswa Program Studi Bahasa Jawa sebagai sarana untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang busana pengantin adat Yogyakarta.Teknik Analisis Data

Penelitian ini menggunakan analisis data yang bersifat kualitatif. Analisis ini mendeskripsikan mengenai makna simbolik dalam busana pengantin adat Yogyakarta.

Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis induktif. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: inventarisasi atau pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi berpartisipasi dan wawancara secara mendalam.

Langkah yang kedua adalah identifikasi dari sejumlah data yang diambil sesuai dengan topik penelitian. Proses berikutnya adalah klasifikasi, yaitu pengelompokkan data dari hasil wawancara yang telah dilakukan.

Daftar pustaka

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.