Sukses

16 Contoh Teks Deskripsi Singkat Beserta Struktur dan Cirinya

Pahami teks deskripsi dari contoh, struktur, dan ciri-cirinya.

Liputan6.com, Jakarta Memahami teks deskripsi adalah berasal dari kata berbahasa Latin “describe” yang berarti menulis tentang atau membeberkan suatu hal. Memahami lebih mendalam tentangnya bisa dengan menyimak contoh teks deskripsi.

Dalam modul berjudul Menelaah Teks Deskripsi yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, teks deskripsi adalah teks yang berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan.

Seperti apa contoh teks deskripsi itu?

Dijelaskan pula dalam pembuatannya yang sesuai contoh teks deskripi yang benar adalah memuat kalimat deskripsi, membuat pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan sendiri tentang hal yang disampaikan dalam suatu teks.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam 16 contoh teks deskripsi, struktur teks deskripsi, dan ciri-ciri teks deskripsi, Minggu (10/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Deskripsi Singkat Beserta Strukturnya

1. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Bulan

Bulan adalah salah satu benda langit yang bisa kita lihat pada malam hari. Bulan memiliki warna kekuningan yang terkadang bentuknya berubah-ubah sesuai peredarannya. Menurut penelitian, satelit yang menemani bumi ini semakin tahun akan semakin jauh jaraknya dari bumi itulah kenapa bulan terlihat semakin kecil di setiap tahunnya.

Walau terlihat kecil nyatanya ukuran bulan kebih besar dari planet Pluto dengan lebar 3500 km atau setara dengan 3 kali lipatnya Pulau Jawa. Perputaran bulan sendiri memiliki radius lebih dari enam kali panjang Pulau Jawa.

Di setiap harinya terkadang Bulan terlihat memiliki bentuk yang berbeda. Terkadang bulat penuh, setengah lingkaran bahkan bulan sabit. Keberadaannya tampak begitu indah dengan pancaran cahaya terang di malam hari.

Menurut ahli astronomi, Bulan memiliki permukaan yang tidak rata, cahaya yang pancarkan oleh Bulan sebenarnya adalah cahaya matahari yang dipantulkan. Meski begitu Bulan tetap menjadi penghias langit malam yang indah.

2. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Badak

Badak bercula satu adalah satu di antara hewan yang hanya dapat ditemukan di Indonesia. Seperti namanya, keunikan badak ini adalah culanya yang tunggal. Binatang berkaki empat ini merupakan hewan yang dilindungi oleh negara karena langka dan nyaris punah.

Binatang ini bermoncong panjang dan memiliki lubang hidung yang besar. Tepat di atas moncongnya adalah cula atau tanduk yang meliuk tajam. Sementara itu kuping lebarnya berada di bagian belakang kepala dan hampir berada di bagian leher atau punuknya.

Badannya besar dan berotot. Bahkan, diketahui bahwa badak bercula satu adalah hewan terbesar di Pulau Jawa. Bayangkan saja, beratnya bisa mencapai 1,5 ton.

Sekujur tubuhnya dilapisi oleh kulit tebal yang bentuknya hampir tampak seperti baju kesatria yang terbuat dari logam. Warna kulitnya cokelat hampir menyerupai abu pucat, seperti warna batuan gunung yang kukuh.

Badak yang besar ini disokong oleh keempat kakinya yang juga kukuh. Masing-masing kakinya berkuku tiga. Kukunya tebal dilapisi oleh kulit yang tebal pula untuk menyokong badannya yang tinggi besar.

Alangkah luar biasanya binatang langka primadona Indonesia ini. Sudah sepatunya kita semua turut melestarikan hewan ini dengan cara setidaknya benar-benar mengenalnya. Tak kenal maka tak sayang, bukan?

3. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Keindahan Alam

Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Merauke. Keindahan alam Indonesia memang dinilai tak ada yang mampu menandingi di negara mana pun di dunia.

Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia, mulai daratan hingga laut. Oleh sebab itu, tidak heran banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Bumi Pertiwi.

Selain keindahan alam yang disajikan, ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak hal tersembunyi yang jarang diketahui, seperti flora dan fauna yang sangat langka dan eksotis. Alam Indonesia yang paling tersohor di mata dunia adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga ke timur.

Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai makin berwarna. Selain pantai, keindahan dunia bawah laut juga menjadi incaran para wisatawan untuk masuk ke dalamnya dan ikut menikmati kehidupan bawah laut di Indonesia.

Daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan di Indonesia yang paling tersohor adalah Manado, Bali, dan Raja Ampat. Tidak hanya keindahan pantai, Indonesia merupakan negara dengan cangkupan hutan terbesar di Dunia. Oleh karena itu Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia, sebab 1/3 hutan di dunia terdapat di Indonesia.

Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi, sebab memang hijau hamparan pohon membuat mata seakan terhipnotis. Selain itu, hewan dan tumbuhan endemik banyak yang menjadi buruan wisatawan yang hanya untuk berfoto untuk mengabadikan momen tersebut.

4. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Gunung Merapi

Gunung Merapi yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta merupakan satu di antara gunung yang menjadi tujuan wisata alam terfavorit. Ketinggian Gunung Merapi mencapai 2.930 M.

Sebagai gunung paling aktif, ternyata Merapi satu di antara gunung yang paling sering erupsi. Terakhir erupsi pada 1 Juni 2020.

Gunung Merapi termasuk jenis gunung berapi kerucut. Secara geografis, Gunung Merapi terletak di Klaten, Boyolali, Magelang (Jawa Tengah), dan Kabupaten Sleman (DIY).

Sebagai gunung yang sering erupsi, memang memberikan positif dan negatif bagi warga sekitar. Negatifnya, setiap erupsi datang, mereka harus mengungsi. Positifnya, lahan pertanian di sana sangat subur.

Tidak hanya subur, masyarakat dapat mengais rezeki dengan menjual pasir hasil erupsi merapi. Ternyata pasir Merapi sangat bagus sebagai material pembangunan rumah.

5. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Ayah

Ayahku bernama Abu Salman. Ia memiliki postur tubuh yang sedang, berusia sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.

Meskipun kelihatannya galak, ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun. Ayahku adalah orang yang paling sabar yang pernah aku kenal. Tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak. Beliau selalu menunjukkan perasaannya lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel, ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.

Tidak seperti orang Batak yang logatnya agak keras, ayahku sangat pendiam. Beliau yang irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam. Beliau adalah teladan bagi anak-anaknya.

6. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Harimau

Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging.

Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging.

Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya. Harimau mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Harimau dapat hidup di hutan, padang rumput, dan daerah payau atau hutan bakau. Di Indonesia harimau dapat ditemukan di hutan dan hutan bakau di Pulau Sumatera dan Jawa.

7. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Pantai Parangtritis

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya embusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.

Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda atau angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.

8. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Malioboro

Malioboro adalah wisata Jogjakarta kota yang selalu hits dan wajib banget dikunjungi. Bukan tanpa alasan kalau Malioboro sering menjadi setting film maupun FTV. Tempat ini memang benar-benar terasa Jogjanya.

Pengunjung bisa menelusuri sepanjang jalan Malioboro yang padat dengan menemukan berbagai jenis oleh-oleh, karya seniman lokal, dan jajanan enak.

Wisata Jogjakarta kota yang selalu hits seperti Malioboro ini bisa dijangkau dengan jalan kaki beberapa menit dari stasiun. Kawasan ini sudah dipercantik dengan bangku-bangku panjang, lampu jalan, dan spot foto yang ciamik.

Menikmati suasana wisata Jogjakarta kota yang selalu hits di Malioboro tidak dipungut biaya. Suasananya kini semakin syahdu karena awal tahun 2022 pedagang sudah dipindah di lokasi khusus dekat Malioboro, bukan lagi di jalan Malioboro. Tertarik berkunjung?

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Deskripsi Singkat Beserta Strukturnya

9. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Gunung Wayang Windu

Wisata bandung Selatan yang selalu hits adalah gunung Wayang Windu yang berada di timur Pangalengan. Gunung ini menjadi lokasi pendakian yang patut dicoba bagi para pendaki.

Selain kawah, dari puncak gunung ini pengunjung bisa menyaksikan hamparan perkebunan teh Pangalengan yang dikelilingi rangkaian pegunungan yang asri.

Wayang Windu Panenjoan Skypark berada pada ketinggian 1.800 mdpl. Lokasi wisata bandung Selatan yang selalu hits ini berada dalam PTPN VIII Kebun Kertamanah, secara administratif terletak di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Bandung.

10. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Tari Saman

Tari Saman tercatat di UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia sejak 24 November 2011. Pada awalnya, Tari Saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan (dakwah) dan ditarikan oleh laki-laki. Tari ini mengandung pendidikan keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.

Penari Saman berjumlah ganjil. Mereka menyanyikan syair lagu berbahasa Gayo bercampur bahasa Arab saat menari. Selain nyanyian, gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari. Gerak dalam tari ini disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring (semua nama gerak ini adalah bahasa Gayo).

Kostum atau busana khusus Tari Saman terbagi menjadi tiga bagian. Pada bagian kepala dipakai bulang teleng dan sunting kepies. Pada badan dipakai baju kantong, celana, dan kain sarung. Pada tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan.

Penggunaan nyanyian, gerakan, hingga kostum penari pada Tari Saman sangat penting karena mengandung nilai-nilai yang menunjukkan identitas budaya, kekompakan, kebijakan, keperkasaan, keberanian, dan keharmonisan dari para pemakainya.

11. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Gilang Dirga

Gilang Dirga adalah artis yang sangat diidolakan oleh Mira. Sebab kepandaiannya menirukan suara orang ternama. Bahkan dia bisa menirukan suara Presiden RI. Dia telah membuat Mira jatuh cinta saat melihatnya di salah satu stasiun TV.

Gilang Dirga lahir pada tanggal 17 Agustus 1989 itu berarti usianya saat sudah berkisar 30 tahunan. Dia adalah seorang pembawa acara, pelawak juga aktor. Bakatnya pun sudah diakui banyak orang.

Saat ini ia juga sudah memiliki istri cantik yang baru-baru ini dikabarkan tengah hamil muda. Istrinya bernama Adiezty.

Kariernya di Indonesia sudah cukup menjanjikan hal ini dibuktikan dengan sering munculnya Gilang Dirga di beberapa Stasiun Tv entah itu sebagai pembawa acara ataupun bintang tamu. Artis yang gemar moge ini juga menuturkan bahwa ia punya siasat tersendiri dalam merawat mogenya.

12. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Hutan Indonesia

Di Indonesia adanya hutan sudah semakin sedikit dikarenakan ulah manusia yang melakukan penebangan secara liar. Hutan sendiri adalah kawasan yang cukup luas yang wilayah itu ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang dan tumbuhan lainnya.

Hutan disebut sebagai paru-paru dunia hal ini disebabkan fungsi hutang sendiri adalah sebagai penampung karbon dioksida dan tumbuhan adalah penghasil oksigen. Hutan juga biasanya terdapat hewan-hewan liar yang bertahan hidup, pelestarian tanah, modulator arus hidrologika. Hutan juga menjadi salah satu aspek yang menjadi biosfer Bumi yang sangat penting.

Hutan dapat kita temukan di daerah-daerah tropis maupun sub tropis, selain itu hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Hutan akan selalu ada baik di dataran tinggi maupun dataran rendah, di pulau yang kecil maupun benua yang luas dan besar.

Kumpulan tumbuhan liar serta berbagai macam tanaman selalu memenuhi kawasan hutan, apalagi tumbuhan berkayu yang berukuran besar dapat kita temukan di daerah yang merupakan paru-paru dunia ini.

13. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Rumah Tongkonan

Tongkonan adalah warisan rumah adat Sulawesi Selatan. Tongkonan berasal dari kata "tongkon" yang bermakna "menduduki" atau "tempat duduk". Rumah adat ini dikatakan sebagai tempat duduk karena dahulu rumah tongkonan menjadi tempat bangsawan Toraja berkumpul untuk berdiskusi. Rumah ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan, kekuasaan adat, sekaligus perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat Toraja.

Atap Rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu atau tanduk kerbau. Atapnya tersusun dari bambu. Di bagian depan terdapat deretan dekorasi sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan. Atapnya ditutupi dengan ijuk hitam. Bagian bawah rumah biasanya digunakan sebagai kandang kerbau. Bagian dalam rumah dijadikan tempat tidur dan dapur. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran ini bermotif garis-garis lengkung yang harmonis.

Perbedaan jumlah ruangan suatu Tongkonan mengandung makna sosial dan ekonomi. Semakin banyak ruangannya, semakin tinggi kedudukan Tongkonan tersebut. Posisi atau letak tangga dan pintu disesuaikan dengan konsep kepercayaan masyarakat Toraja. Selain itu, pola hias yang ada pada tongkonan juga mengandung makna sosial, ekonomi, dan religius magis terutama yang berhubungan dengan realitas kehidupan masyarakat Toraja.

Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai artistik yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan adalah warisan budaya yang perlu kita jaga.

14. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Wayang Suket

Wayang suket adalah jenis perkembangan terbaru dunia pewayangan. Tidak seperti kreasi wayang yang lain yang dibuat dari bambu, wayang suket terbuat dari rumput seperti namanya yang dibentuk menyerupai wayang kulit. Biasanya wayang jenis ini dibuat untuk menyampaikan cerita pewayangan kepada anak-anak suku Jawa.

Wayang suket sendiri pertama kali dibuat oleh Mbah Gepuk pada tahun 1905. Sejak itu, pembuatannya diwariskan secara turun-temurun. Rupanya tak semua rumput bisa dijadikan bahan, melainkan hanya rumput jenis kasuran. Rumput kasuran dipilih karena memiliki tekstur yang kuat, tidak mudah patah, dan mudah dianyam.

Rumput kasuran merupakan rumput liar yang tumbuh di sekitaran hutan dekat Kecamatan Rembang, Purbalingga. Konon, rumput ini hanya bisa dipetik saat bulan Sura.

Banyaknya jenis wayang yang ada di Indonesia merupakan wujud dari kelestarian kebudayaan. Cerita menggunakan wayang pun bisa menjadi alternatif untuk mendidik generasi-generasi bangsa Indonesia.

Meski saat ini wayang bukan pilihan utama untuk media pembelajaran masih banyak masyarakat yang menikmati wayang sebagai hiburan.

15. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Sungai Serayu

Sungai Serayu adalah sungai yang bersih dan juga alami. Lebar dari sungai serayu bisa lebih dari 10 meter, sungai ini sangat luas dan juga panjang. Sungai serayu memiliki air yang bersih dan juga sangat segar.

Sungai yang satu ini merupakan sungai yang sangat bersih dan juga indah, karena di sekitar sungai serayu tidak terdapat sampah dan di pinggir pinggri sungai serayu terdapat tumpukan bebatuan yang ditumpuk secara rata dan rapi.

Bebatuan bebatuan tersebut sering digunakan sebagai tempat duduk untuk orang orang yang sedang memancing ikan di pinggir sungai serayu tersebut. Sungai serayu merupakan salah satu sungai yang sering dijadikan sebagai tempat mancing.

16. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Musik Tradisional Bangka Belitung

Provinsi Bangka Belitung (babel) dengan ibukotanya Pangkal Pinang, terletak di pulau Bangka. Di bagian utara provinsi ini terdapat Laut Tiongkok Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di bagian timur yang dipisahkan dari Belitung oleh Selat Karimata.

Masyarakat Bangka Belitung terdiri dari berbagai etnis, seperti Bugis, Minangkabau, Jawa, Banjar, Kepulauan Bawean, Aceh dan beberapa suku lain yang sudah lebih dulu melebur, sedangkan tionghoa etnis Khek dan Hokian, dengan bahasa daerahnya melayu, hingga musik  tradisional sangat kental sekali dengan budaya melayu-nya.

usik Bangka tradisional sangat kental sekali dengan budaya Melayu nya. Salah satu alat musik kebanggaan daerah  Bangka adalah dambus. Dambus adalah semacam alat seperti gitar tapi memiliki karakteristik dan bunyi yang berbeda dengan gitar masa kini. Dambus biasanya dipakai untuk mengiringi acara-acara adat, tari-tarian, atau acara lainnya.

Jumlah senar pada dambus ada yang empat dan ada yang enam.  Alat musik dambus biasanya dipakai dalam setiap alat musik tradisional Melayu yang bernuansa penyambutan, penghormatan, peringatan, perayaan, syukuran, maupun acara keagamaan. Alat musik Dambus juga biasanya dipakai untuk mengiringi tarian-tarian dan nyanyian-nyanyian  khas Bangka Belitung, seperti tarian dan nyanyian Serumpun Sebalai.

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri dan Struktur Teks Deskripsi

Memahami pengertian teks deskripsi adalah bukan hanya teks yang menggambarkan sesuatu dan membuat pembaca bisa merasakannya.

Pada proses penulisan teks deskripsi adalah penulis harus mengandalkan panca indranya untuk merasakan sesuatu untuk bisa menggambarkan sesuatu.

Ini ciri-ciri dan struktur teks deskripsi melansir dari modul berjudul Teks Deskripsi - Struktur, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya yang dipublikasikan Zenius. Bagaimana?

Ciri-Ciri Teks Deskripsi:

1. Ciri-ciri teks deskripsi adalah menggambarkan atau melukiskan sesuatu.

2. Ciri-ciri teks deskripsi adalah topik yang berupa objek atau benda digambarkan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera. Seperti penglihatan, pendengaran, penciuman dan lain-lainya

3. Ciri-ciri teks deskripsi adalah mampu membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri dengan seolah-olah mereka terbawa dalam suasana saat membacanya.

4. Ciri-ciri teks deskripsi adalah banyak ditemukan kata-kata sifat di dalamnya serta kata-kata yang digunakan merupakan kata-kata yang lumrah atau menggunakan bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Ciri-ciri teks deskripsi adalah menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya seperti beliau adalah seorang kepala negara yang rendah hati.

6. Ciri-ciri teks deskripsi adalah mengandung kata keterangan yang bertujuan untuk memberikan informasi tambahan mengenai suatu objek. Contohnya seperti di pasar, di kantin, di rumah, dengan lambat, dll.

7. Ciri-ciri teks deskripsi adalah menggunakan beberapa bahasa kiasan seperti perumpamaan atau metafora.

8. Ciri-ciri teks deskripsi adalah penjelasannya yang memaparkan sifat objek atau ciri-ciri fisik tertentu. Seperti bentuk, ukuran, warna, dan kepribadian secara jelas dan terperinci.

Struktur Teks Deskripsi:

1. Identifikasi

Pada bagian pertama adalah bagian identifikasi. Pada struktur teks deskripsi bagian identifikasi, penulis harus menentukan elemen-elemen yang akan dicantumkan dalam teks deskripsi tersebut sesuai dengan topiknya.

Penulis mulai menentukan identitas dari seorang tokoh di dalam teks tersebut, benda, peristiwa atau tempat yang dipilih sebagai objek yang akan dideskripsikan dalam sebuah tulisan.

2. Klasifikasi

Bagian kedua adalah bagian klasifikasi. Penulis menentukan penyusunan kalimat dalam sebuah kelompok yang memiliki aturan dan sesuai dengan kaidah serta standar yang telah ditetapkan.

Teks yang telah dibuat secara sistematis ini bertujuan untuk membuat penulis lebih gampang dalam menulis gagasan-gagasan yang ingin disampaikan kepada pembacanya. 

3. Deskripsi

Bagian terakhir adalah bagian deskripsi. Pada struktur teks deskripsi bagian inti, penulis mulai membuat gambaran-gambaran atau bagian-bagian yang akan dibahas dalam teks. 

Mulai membuat sebuah pemaparan, objek dalam topik tersebut bisa dituliskan secara mudah sehingga gampang dipahami oleh pembaca.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.