Sukses

Doa Tahiyat Akhir Lengkap Sampai Salam Beserta Artinya, Wajib Hafal

Liputan6.com, Jakarta Doa tahiyat akhir adalah bacaan yang berbeda dengan tahiyat awal. Perbedaan ini terutama pada sikap duduk dan bacaan. Namun, pada tahiyat akhir juga harus membaca tahiyat awal. Pada sholat 4 rakaat, tahiyat awal dilakukan di rakaat kedua sholat, sementara tahiyat akhir dilakukan pada rakaat keempat.

Tahiat sendiri merupakan bacaan dalam salat untuk menghormati Allah SWT, doa untuk Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, dan doa untuk hamba Allah yang saleh. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali perbedaan antara tahiyat akhir dengan tahiyat awal agar tidak salah.

Doa tahiyat akhir adalah bacaan sholat yang dilafalkan sebelum salam. Setiap umat Islam tentu harus menghafalkan bacaan tahiyat ini karena menjadi salah satu rukun sholat. Apalagi, sholat sendiri merupakan amalan wajib bagi setiap muslim. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/4/2022) tentang doa tahiyat akhir.

2 dari 5 halaman

Doa Tahiyat Awal

Sebelum mengenal doa tahiyat akhir, kamu tentunya perlu mengetahui doa tahiyat awal terlebih dahulu. Pasalnya, doa tahiyat akhir dimulai dengan bacaan tahiyat awal terlebih dahulu. Jadi, keduanya tidak dapat dipisahkan saat tasyahud akhir.

Doa tahiyat awal sendiri dibaca pada posisi kamu sedang melaksanakan duduk di antara dua sujud, yaitu pada rakaat kedua (kecuali sholat subuh). Posisi sholat saat membaca bacaan tahiyat awal ini dilakukan dengan duduk iftirasy dengan posisi jari telunjuk menunjuk ke depan. Duduk iftirasy dilakukan dengan menegakkan kaki kanan dan meletakkan kaki kiri menempel lantai kemudian menduduki kaki kiri tersebut.

Berikut bacaan tahiyat awal yang juga merupakan bacaan awal dari doa tahiyat akhir:

“Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaatu lillaah. assalaamu 'alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatullahi wa barokaatuh. assalaaamu'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish shoolihiin. asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rosuulullah. allahumma sholli 'alaa muhammad.”

Artinya: "Segala penghormatan, keberkahan, salawat dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad."

3 dari 5 halaman

Doa Tahiyat Akhir

Doa tahiyat akhir dibaca pada rakaat terakhir sholat sebelum salam. Hal ini berarti doa tahiyat akhir dibaca pada rakaat kedua saat sholat subuh, rakaat ketiga saat sholat maghrib, dan pada rakaat keempat pada sholat zuhur, ashar, dan isya.

Doa tahiyat akhir dibaca dengan duduk tawarruk, yaitu hampir sama dengan duduk iftirasy, hanya saja kaki kiri tidak diduduki, melainkan dijulurkan ke bawah kaki kanan, sementara pantat bagian kiri menempel ke lantai.

Cara melakukan duduk iftirasy adalah dengan menegakkan kaki kanan dan meletakkan kaki kiri menempel lantai kemudian menduduki kaki kiri tersebut. Lalu, jari-jari kaki kanan menekan ke tanah.

Berikut doa tahiyat akhir yang harus kamu hafalkan:

“Allahumma sholli 'alaa muhammad wa 'alaa aali muhammad kamaa shollaita 'alaa ibroohim wa 'alaa aali ibroohimm innaka hamiidum majiid. alloohumma baarik 'alaa muhammad wa 'alaa aali muhammad kamaa baarokta 'alaa ibroohim wa 'alaa aali ibroohimm innaka hamiidum majiid.”

Artinya: "Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia."

4 dari 5 halaman

Salam

Setelah membaca doa tahiyat akhir, kamu bisa mengakhiri sholat dengan salam.

Membaca "Assalaamu alaikum wa rahmatullah"

Artinya: "Semoga keselamatan dan rahmat Allah dilimpahkan kepadamu." 

5 dari 5 halaman

Rukun Sholat

Mengenali salah satu bacaan sholat, yaitu tahiyat akhir tentunya tidak ada artinya bila kamu tidak mengamalkannya pada sholat. Sementara itu, dalam melaksanakan sholat, tentunya ada rukunnya yang perlu kamu pahami.

Rukun sholat adalah setiap perkataan atau perbuatan yang akan membentuk hakikat sholat. Jika salah satu rukun ini tidak ada, maka sholat pun tidak teranggap secara syar’i dan juga tidak bisa diganti dengan sujud sahwi. Berikut rukun sholat yang perlu setiap umat Islam pahami:

1. Berdiri bagi yang mampu.

2. Niat dalam hati.

3. Takbiratul ihram.

4. Membaca surat Al Fatihah pada tiap rakaat.

5. Rukuk dengan tuma’ninah.

6. Iktidal setelah rukuk dengann tumakninah.

7. Sujud dua kali dengan tumakninah.

8. Duduk di antara dua sujud dengan tumakninah.

9. Duduk tasyahud akhir

10. Membaca tahiyat akhir.

11. Membaca salawat nabi pada tahiyat akhir.

12. Membaca salam yang pertama.

13. Tertib melakukan rukun secara berurutan.