Sukses

Doa Puasa Ramadhan di Hari Kesepuluh dan Kesebelas, Lengkap dengan Artinya

Liputan6.com, Jakarta Doa puasa Ramadhan sudah seharusnya dihafalkan oleh umat Islam. Doa-doa ini harus dilafalkan setiap harinya pada waktu tertentu. Di antara doa puasa Ramadhan, ada niat puasa hingga doa berbuka puasa.

Doa puasa Ramadhan setiap harinya berbeda-beda, untuk itu umat muslim perlu mengetahui dan menghafalkannya. Bahkan doa puasa Ramadhan di hari kesepuluh dan kesebelas pun berbeda penglafalannya.

Doa puasa Ramadhan wajib dilafalkan, karena apabila kamu lupa membaca doa puasa Ramadhan maka puasa ramadhan kamu tidak akan sah. Jadi, peran doa puasa Ramadhan ini sangat penting terhadap ibadah umat Islam.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai doa puasa Ramadhan di hari kesepuluh dan kesebelas beserta artinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/4/2022).

2 dari 4 halaman

Doa Puasa Ramadhan

Doa Hari ke Sepuluh

Allâhummaj’anî fîhi minal mutawakkilîna ‘alayka, waj’alnî fîhi minal fâizîna ladayka, waj’alnî fîhi minal muqarrabîna ilayka, bi-ihsânika yâ Ghâyatath thâlibîn.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah aku di bulan ini dari golongan orang-orang yang bertawakal kepada-Mu, jadikanlah aku di bulan ini dari golongan orang-orang yang jaya di haribaan-Mu, dan jadikanlah aku di bulan ini dari golongan orang-orang yang telah dekat kepada-Mu. Dengan kebaikan-Mu wahai tujuan orang-orang yang berharap"

Doa Hari ke Sebelas

Allâhummaj 'alnî fîhi minal mutawakkilîn 'alaika waj'alnî fîhi minal fâizîn ladaika waj'alnî fîhi minal muqarrabîn ilaika biiîhsânika yâ ghâyatat thâlibîn.

Artinya :

Ya Allah, mohon jadikanlah aku di antara orang-orang yang bertawakal kepada-Mu, dan jadikanlah aku di antara orang-orang yang menang di sisi-Mu, dan jadikanlah aku di antara orang-orang yang dekat kepada-Mu, dengan kebaikan-Mu, wahai Tujuan orang-orang yang memohon.

3 dari 4 halaman

Doa saat Sahur

Niat Puasa Ramadhan

Doa puasa Ramadhan yang harus kamu ketahui adalah niat puasa Ramadhan. Bagi kamu yang mungkin sudah lupa atau untuk anak-anak yang baru mulai puasa pada tahun ini, kamu bisa melihat niat puasa di bawah ini:

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadhan karena Allah Ta’ala.”

Pentingnya niat puasa ramadhan bahkan bisa membuat puasa kamu tidak sah bila tidak berniat dari dalam hati. Kamu tidak harus mengucapkannya, berniat di dalam hati saja sudah cukup. Niat merupakan doa puasa ramadhan yang harus kamu lakukan sebelum besoknya melakukan ibadah puasa. Kamu bisa berniat malam ketika selesai sholat tarawih maupun ketika selesai sahur sebelum imsak. Jadi kamu wajib menghafalkan niat berpuasa yang merupakan salah satu doa puasa Ramadhan ini.

Doa saat Makan Sahur

Sebenarnya tidak ada doa puasa Ramadhan khusus yang harus kamu baca saat makan sahur. Sama seperti hari hari biasa, ketika akan makan sahur kamu bisa membaca doa sebelum makan atau membaca basmalah. Berikut doa sebelum makan, untuk kamu yang lupa dan belum tahu:

Bismillah     

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah”

Kemudian doa sahur puasa Ramadhan juga bisa dengan menggunakan doa berikut ini.

Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka” (HR. Imam Malik dalam Al Muwatha’)

Doa tersebut juga merupakan doa sebelum makan yang secara umum sudah sering digunakan sehari-hari. Sebab sahur adalah kegiatan makan dan minum, maka doa tersebut bisa digunakan. Kedua doa di atas adalah doa yang di lafalkan saat sebelum memulai menjalankan sahur atau sebelum melakukan makan sahur. Berikut ini adalah doa yang bisa anda baca ketika menyantap hidangan makan sahur.

Yarhamullaahul mutasahhiriin.

Artinya: “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.”

Untuk doa setelah sahur atau setelah makan sahur, anda bisa menggunakan doa berikut ini.

Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin.

Artinya : “Segala puji milik Allah, Dzat yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang-orang yang berserah diri.”

4 dari 4 halaman

Doa Buka Puasa

Doa puasa Ramadhan selanjutnya yang tak kalah penting adalah doa berbuka puasa. Ada dua versi doa puasa Ramadhan untuk berbuka puasa. Salah satunya mungkin yang sering kamu gunakan dan sering didengar di televisi saat datangnya waktu berbuka.

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Ketika sudah masuk waktu berbuka puasa yang bertepatan dengan azan maghrib, kamu harus mengucapkan Alhamdulillah dan membaca doa berbuka puasa sebelum menyantap makanan maupun minuman yang tersedia. Sementara itu, doa berbuka puasa yang kedua bersumber dari salah satu hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya: “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud)

Kamu tidak harus mengucapkan kedua doa puasa ramadhan tersebut saat akan berbuka puasa. Kamu hanya perlu melafadzkan salah satunya dan bisa langsung makan setelah itu.