Sukses

10 Cara Memutihkan Gigi dengan Cepat, Aman, dan Permanen

Kumpulan cara memutihkan gigi.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki gigi yang putih dan bersih merupakan keinginan semua orang, karena tanda gigi sehat, terawat, dan ini menunjang penampilan. Bagaimana cara memutihkan gigi dengan cepat yang bisa dilakukan?

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber website berbasis kesehatan gigi serta didukung penelitian ilmiahnya, ada sepuluh cara memutihkan gigi dengan cepat, aman, dan permanen yang bisa dicoba.

Mulai dari mengandalkan perawatan gigi paling mendasar, mengandalkan bahan-bahan alami, serta menghindari segala penyebab gigi kuning. Paling penting dari cara memutihkan gigi adalah dilakukan secara konsisten dan rutin.

Berikut Liputan6.com ulas sepuluh cara memutihkan gigi dengan cepat, aman, dan permanen, Rabu (13/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Gigi dengan Cepat, Aman, dan Permanen

1. Menyikat Gigi Dua Menit Setiap Hari

Cara memutihkan gigi dengan cepat dimulai dengan rajin menyikat gigi selama dua menit setiap harinya. Melansir Health Line, cara memutihkan gigi dengan cepat adalah setidaknya mau menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit setiap kali.

Cara memutihkan gigi dengan cepat dengan rajin menyikat gigi sudah terbukti dalam sebuah studi pada tahun 2018. Bahwa menyikat dengan pasta gigi pemutih telah terbukti secara ilmiah bisa membantu memutihkan gigi.

2. Baking Soda dan Hidrogen Peroksida

Cara memutihkan gigi dengan cepat bisa dengan menggunakan baking sodan dan hidrogen peroksida. Health Line merekomendasikan cara memutihkan gigi dengan cepat dan permanen dengan membuat pasta dari baking soda dan hidrogen peroksida.

Maka gigi kuning akan seketika berubah menjadi putih, pada sebagian besar orang proses pemutihan gigi terjadi secara bertahap. Dijelaskan, pasta dari kedua bahan tersebut dapat menghilangkan penumpukan plak dan bakteri.

Inilah yang menjadi cara memutihkan gigi dengan cepat nantinya dapat efektif menghilangkan noda di gigi.

Cara memutihkan gigi dengan cepat mulai mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan dua sendok hidrogen peroksida. Sikat gigi menggunakan pasta tersebut lalu berkumur dengan air bersih. Cobalah juga mencampurkan baking soda dengan air dan membuatnya sebagai obat kumur.

3. Oil Pulling dengan Minyak Kelapa

Cara memutihkan gigi dengan cepat adalah mengandalkan oil pulling dengan minyak kelapa. Oil pulling adalah salah satu teknik perawatan alternatif dari pengobatan Ayurveda di India.

Beberapa tahun belakangan, teknik ini cukup populer di kalangan anak muda sebagai alternatif perawatan mulut. Teknik ini dapat dilakukan dengan mudah di rumah.

Cara memutihkan gigi dengan cepat adalah berkumur dengan satu sampai dua sendok makan minyak kelapa selama 10 sampai 30 menit. Setelah itu, buang sisa kumur minyak kelapa tersebut pada keranjang sampah atau toilet.

Lanjutkan dengan berkumur air bersih dan menggosok gigi. Melansir dari Medical News Today, diungkap dalam sebuah penelitian tahun 2015 menemukan bahwa oil pulling dengan minyak kelapa bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi penumpukan plak pada gigi.

4. Cuka Sari Apel

Cara memutihkan gigi dengan cepat dan permanen cobalah dengan cuka sari apel. Cuka sari apel bisa menjadi bahan alternatif untuk memutihkan gigi. Tapi perhatikan cara memutihkan gigi dengan cepat ini, pastikan jumlah cuka yang digunakan sangat sedikit.

Hal ini karena penggunaan cuka sari apel yang berlebihan dan terlalu sering melansir Health Line, dapat merusak permukaan gigi. Sebuah studi tahun 2014, pada hewan, menemukan bahwa cuka sari apel memiliki efek memutihkan gigi.

Cara memutihkan gigi dengan cepat dan mudah cukup dengan mencampurkan dua sendok teh cuka sari apel dengan 177 ml air. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur selama 30 detik. Kemudian kumur dengan air bersih dan gosok gigi.

5. Kulit Pisang dan Lemon

Cara memutihkan gigi dengan cepat serta aman, cobalah dengan kulit pisang dan lemon. Senyawa asam sitrat yang ditemukan pada kulit lemon, jeruk, dan pisang bisa membantu membuat warga gigi lebih putih.

Melansir Health Line, dijelaskan dalam sebuah studi telah diamati adanya efek pasta gigi yang mengandung 5% asam sitrat mampu menghilangkan noda gigi akibat merokok dan teh.

Penasaran dengan cara memutihkan gigi dengan cepat pakai kulit pisang dan lemon? Gosok kulit buah dengan lembut selama dua menit pada gigi. Pastikan membilas mulut dan gigi secara menyeluruh dan menyikat gigi sesudahnya. 

3 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Gigi dengan Cepat, Aman, dan Permanen Selanjutnya

6. Arang Aktif

Cara memutihkan gigi dengan cepat cobalah menggunakan arang aktif. Arang aktif merupakan salah satu bahan yang dipercaya dapat menghilangkan noda membandel penyebab gigi kuning pada gigi.

Melansir Helath Line, cara memutihkan gigi dengan cepat pakai arang aktif lebih direkomendasikan dengan membeli pasta gigi yang mengandung arang aktif untuk mendapatkan hasil lebih maksimal daripada menggunakan arang yang belum diolah.

Selain itu, cara memutihkan gigi dengan cepat bisa membeli kapsul arang aktif. Lalu, buka kapsul arang aktif dan letakkan isinya sebagai bahan untuk menyikat gigi. Sikat gigi selama dua menit dengan cara membuat lingkaran kecil. Selanjutnya kumur dengan air bersih.

Jangan sampai bahan arang aktif kontak dengan gusi terlalu lama karena memiliki abrasif, ya!

7. Konsumsi Buah dan Sayur dengan Kadar Air Tinggi

Cara memutihkan gigi dengan cepat adalah mengonsumsi buah dan sayur dengan kadar air tinggi. Cara memutihkan gigi ini dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

Melansir Helath Line, kandungan air dapat membersihkan gigi dan gusi dari plak dan bakteri penyebab gigi kuning. Begitu pula, mengunyah buah dan sayuran dapat meningkatkan produksi air liur. Ini dapat membantu menghilangkan partikel makanan yang tersangkut di gigi.

Dijelaskan pula, cara memutihkan gigi dengan cepat sangat ampuh karena ada enzim buah tertentu yang dapat mencegah perubahan warna gigi.

Ini dibuktikan dalam sebuah studi tahun 2012. Penelitian itu menemukan, pasta gigi yang mengandung enzim papain dan bromelain dapat membantu menghilangkan noda gigi. Di samping itu, vitamin C yang terkandung dalam buah dan sayur pun bisa mengurangi perubahan warna gigi.

8. Jangan Lewatkan Pemeriksaan Gigi

Cara memutihkan gigi dengan cepat adalah mulailah untuk tidak melewatkan jadwal pemeriksaan gigi selama 6 bulan sekali. Membersihkan gigi setiap 6 bulan adalah sangat penting untuk mencegah noda dan menguningnya gigi.

Melansir dari Ask the Dentist, dijelaskan ahli kebersihan akan menghilangkan karang gigi yang tidak dapat dihilangkan di rumah. Karang gigi diketahui dapat menyebabkan gigi berlubang, penyakit gusi, dan bahkan abses gigi yang menyakitkan.

Paling penting, menghilangkan karang gigi bisa meningkatkan warna gigi sehingga cocok diandalkan sebagai cara memutihkan gigi dengan cepat, aman, dan permanen.

Selain pembersihan dua tahunan, dokter gigi akan memeriksa gigi yang bermasalah. Dia tidak memastikan gigi putih tetapi juga memastikan tidak memiliki penyakit mulut yang dapat menua atau membahayakan kesehatan gigi.

9. Mencegah Noda Gigi

Cara memutihkan gigi dengan cepat dan permanen adalah mencegah timbulnya noda pada gigi. Makanan asam tertentu atau minuman berpigmen tinggi dapat menyebabkan noda pada gigi yang menyebabkannya menjadi kuning.

Melansir dari Ask the Dentist, untuk menghindari noda gigi dari makanan dan minuman sekaligus cara memutihkan gigi, batasi asupan dan bilas mulut Anda dengan air setelah makan atau minum. Kemudian, 45 menit setelah berkumur dengan air, sikat gigi.

Makanan dan minuman yang menodai gigi meliputi:

- Anggur merah

- Berry (blackberry, blueberry, dll.)

- Buah delima

- Soda biasa dan diet

- Teh hitam

- Kari

- Saus marinara

- Kunyit

- Cuka balsamik

10. Berhenti Merokok dan Menggunakan Tembakau

Cara memutihkan gigi dengan cepat, aman, dan permanen terakhir adalah mulai berhenti dengan kebiasaan merokok dan menggunakan tembakau.

Produk tembakau, termasuk rokok, menyebabkan pewarnaan gigi luar dan gigi menguning sebelum waktunya. Bagaimana dengan produk rokok yang lain selain tembakau?

Melansir dari Ask the Dentist dijelaskan merokok produk lain, seperti pena vape atau THC, dapat menyebabkan mulut kering, yang menyebabkan munculnya enamel gigi dan menyebabkan kesehatan mulut yang buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.