Sukses

Teks Eksplanasi Bertujuan untuk Memberikan Informasi, Kenali Pengertian dan Ciri-cirinya

Teks eksplanasi bertujuan untuk membantu pembaca memahami informasi tertentu atau bagaimana sebuah peristiwa bisa terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan informasi, pengertian, dan pengetahuan. Teks eksplanasi sendiri merupakan teks yang berisi penjelasan rinci dan secara logis menggambarkan tahapan dalam suatu proses. 

Teks ini bisa membantu mempermudah kegiatan sehari-hari. Teks eksplanasi dibutuhkan untuk menjelaskan kejadian, objek, dan fakta. Mengetahui tujuan teks eksplanasi bisa membantu kamu membedakan teks ini dengan jenis teks lainnya.

Teks eksplanasi bertujuan untuk membantu pembaca memahami informasi tertentu atau bagaimana sebuah peristiwa bisa terjadi. Kamu perlu mengenali pengertian, ciri-ciri, hingga strukturnya agar lebih mudah mengenali jenis teks satu ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/4/2022) tentang teks eksplanasi bertujuan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Teks Eksplanasi

Sebelum mengenali teks eksplanasi bertujuan untuk apa, kamu perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Eksplanasi berarti tindakan menerangkan atau menjelaskan dan keterangan, pernyataan atau fakta yang menjelaskan. Jadi, apa itu teks eksplanasi bisa dimaknai sebagai teks yang menceritakan bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi.

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. Teks eksplanasi akan memberi tahu pembaca bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi. Teks ini berisi penjelasan rinci dan secara logis menggambarkan tahapan dalam suatu proses.

Pengertian teks eksplanasi menurut ahli

- Anderson. Apa itu teks eksplanasi didefinisikan oleh Anderson sebagai bentuk teks yang menyajikan serangkaian peristiwa. Tujuan dari teks eksplanasi adalah untuk memberitahukan setiap langkah proses (bagaimana) dan memberi alasan (mengapa).

- Priyatni. Menurut Priyatni, apa itu teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. Sebuah teks eksplanasi berasal dari pertanyaan penulis terkait „mengapa‟ dan „bagaimana‟ suatu fenomena terjadi.

- Isnatun dan Farida. Isnatun dan Farida mendefinisikan apa itu teks eksplanasi menurut sebagai teks yang menjelaskan tentang terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial.

- The Contemporary English-Indonesian Dictionary: 651. Menurut The Contemporary English-Indonesian Dictionary, pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Seperti teks lainnya, teks eksplanasi memiliki ciri-cirinya sendiri. Ciri-ciri inilah yang membedakan teks eksplanasi dengan teks lainnya. Berikut ciri-ciri teks eksplanasi:

- Teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan informasi, pengertian, dan pengetahuan.

- Teks eksplanasi bersifat menjawab pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana.

- Teks eksplanasi disampaikan dengan gaya yang lugas danmenggunakan bahasa baku.

- Teks eksplanasi umumnya disajikan dengan menggunakan susunan logis.

- Teks eksplanasi biasanya memuat penunjuk keterangan waktu, penunjuk keterangan cara, konjungsi kronologis, dan kata tunjuk.

- Teks eksplanasi termasuk jenis teks non-fiksi yang di dalamnya terdapat data, fakta, serta opini yang logis.

- Teks eksplanasi bersifat faktual di mana ia memuat seluruh informasi yang bersifat fakta dan ilmiah.

- Teks eksplanasi menggunakan konjungsi kausalitas maupunkronologis. Konjungsi kausalitas contohnya adalah: antara lain, sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, atau sehingga. Sementara konjungsi kronologis contohnya adalah: kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya.

4 dari 5 halaman

Tujuan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan atau menerangkan tentang sebuah proses atau peristiwa secara informatif dan faktual. Teks eksplanasi menggunakan banyak fakta dan pertanyaan-pertanyaan yang memiliki hubungan sebab dan akibat atau bersifat kausalitas.

Teks eksplanasi sering kali dimasukkan ke dalam teks lain, digunakan untuk memberikan informasi yang menjawab pertanyaan yang menarik tentang topik tertentu. Teks eksplanasi bertujuan memberi tahu audiens bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi.

Teks eksplanasi bertujuan agar para pembaca dapat memahami proses berlansungnya suatu peristiwa yang bersifat kausalitas dengan sejelas-jelasnya. Dalam menjelaskan teks eksplanasi penulis harus berfokus bukan pada subjek yang terlihat saja, tetapi juga pada suatu fenomena melainkan pada kejadian atau peristiwa yang terjadi tersebut.

Tujuan Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli

- Davies. Menurut Davies, teks eksplanasi bertujuan menjelaskan fenomena yang terjadi di dunia. Teks eksplanasi menjelaskan bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi. Teks ini membantu pembaca memahami dunia dan memungkinkannya menyimpan pengetahuan ini untuk masa depan.

- Perry. Menurut Perry, teks eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi.

- Mallet. Menurut Mallet, teks eksplanasi bertujuan untuk menceritakan bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi. Menurutnya teks ini mencoba menjelaskan bagaimana sesuatu terjadi atau mengapa sesuatu itu dibuat.

5 dari 5 halaman

Struktur Teks Eksplanasi

Ada tiga struktur utama dalam teks eksplanasi. Ini meliputi pernyataan umum, deretan penjelasan, dan kesimpulan. Berikut penjelasannya:

Pernyataan umum

Pernyataan umum berisi gagasan yang berupa kalimat-kalimat yang menjelaskan tentang suatu fakta yang bersifat umum. Pernyataan umum merupakan penjelasan tentang topik utama.

Penjelasan

Deretan penjelasan merupakan inti dari teks eksplanasi. Bagian ini berisi kalimat-kalimat yang menjelaskan pernyataan umum. Deretan penjelasan dijelaskan fakta tentang proses terjadinya sesuatu dan sebab akibat sesuatu itu terjadi.

Kesimpulan

Kesimpulan atau interpretasi berisi ringkasan penjelasan dari penulis. Bagian ini juga berisi gagasan yang dapat berupa tanggapan, kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.