Sukses

Pengertian Akuntansi adalah Memuat Informasi Ekonomi, Pahami Penjelasan Para Ahli

Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta Apa arti akuntansi? Memahami pengertian akuntansi adalah memuat informasi ekonomi. Hal ini ditegaskan dalam buku berjudul Ekonomi untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas XI oleh Agus Mahfudz dkk.

Dijelaskan, pengertian akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan dilakukannya penilaian dan pengambilan keputusan secara jelas dan tegas bagi pihak-pihak yang menggunakan informasi keuangan tersebut.

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menggambarkan kegiatan akuntansi sesuai pengertian akuntansi adalah teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang akuntansi, pengertian akuntansi, tujuan akuntansi, dan jenis-jenis akuntansi, Senin (18/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengertian Akuntansi adalah Informasi Perekonomian

Memahami pengertian akuntansi adalah hal yang berhubungan dengan pencatatan keuangan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian akuntansi adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

“Pengertian akuntansi adalah hal yang berhubungan dengan akuntan. Pengertian akuntansi adalah teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya,” dijelaskan.

Memahami lebih mendalam pengertian akuntansi adalah proses identifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi yang berhubungan dengan perekonomian. Hal ini ditegaskan dalam buku berjudul Ekonomi untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas XI oleh Agus Mahfudz dkk.

Dijelaskan, pengertian akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan dilakukannya penilaian dan pengambilan keputusan secara jelas dan tegas bagi pihak-pihak yang menggunakan informasi keuangan tersebut.

Hal yang sama tentang pengertian akuntansi dijelaskan American Accounting Association (AAA). Pengertian akuntansi adalah suatu proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi dengan memungkinkan adanya sebuah penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Bagaimana para ahli menjelaskan tentang pengertian akuntansi? Ini penjelasannya:

1. Pengertian Akuntansi Menurut Walter

Pengertian akuntansi adalah suatu sistem informasi, yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pengambil keputusan yang akan membuat keputusan yang dapat mempengaruhi aktivitas bisnis.

2. Pengertian Akuntansi Menurut James M Reeve, dkk

Pengertian akuntansi adalah suatu sistem informasi yang menyediakanlaporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktivitas dan kondisi ekonomi perusahaan. Selain itu akuntansi juga memberikan informasi untuk pihak lain yang berkepentingan dalam menilai kinerja perusahaan.

3. Pengertian Akuntansi Menurut Warren, dkk

Pengertian akuntansi adalah sistem informasi yang menyediakan laporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

4. Pengertian Akuntansi Menurut Rudianto

Pengertian akuntansi adalah aktivitasmengumpulkan, menganalisis, menyajikan dalam bentuk angka, mengklasifikasikan, mencatat, meringkas, dan melaporkan aktivitas/transaksi suatu badan usaha dalam bentuk informasi keuangan.

5. Pengertian Akuntansi Menurut Thomas Sumarsan

Pengertian akuntansi adalah suatu seni untuk mengumpulkan, mengidentifikasikan, mengklasifikasikan, mencatat transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan, sihingga dapat menghasilkan informasi yaitu laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

6. Pengertian Akuntansi Menurut Surwadjono

Pengertian akuntansi adalah seperangkat yang mempelajari perekayasaan penyediaan jasa berupa informasi keuangan kuantitatif unit-unit organisasi dalam suatu lingkungan negara tertentu dan cara penyampaian (pelaporan) informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan ekonomik.

3 dari 3 halaman

Tujuan Akuntansi dan Jenis-Jenisnya

Apabila sudah memahami pengertian akuntansi adalah memuat informasi perekonomian yang mengupas tuntas masalah keuangan, pahami lebih mendalam tentang tujuan akuntansi dan jenis-jenisnya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber.

Tujuan Akuntansi:

Tujuan akuntansi yang paling utama adalah menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Menurut Suwaldiman (2005), tujuan akuntansi adalah sebagai berikut.

1. Tujuan akuntansi adalah memberi informasi keuangan yang secara handal bisa dipercaya mengenai kewajiban, modal dan sumber ekonomi.

2. Tujuan akuntansi adalah memberi informasi yang terpercaya tentang perubahan yang ada pada sumber – sumber ekonomi sebuah perusahaan yang muncul karena adanya kegiatan usaha.

3. Tujuan akuntansi adalah menginformasi keuangan yang bisa membantu penggunanya dalam memperkirakan potensi perusahaan dalam mendapatkan laba.

4. Tujuan akuntansi adalah menginformasi informasi penting yang lain tentang perubahan-perubahan pada sumber ekonomi dan kewajiban.

5. Tujuan akuntansi adalah menyampaikan sedalam mungkin informasi lain yang masih berkaitan dengan laporan keuangan yang masih relevan untuk digunakan oleh pengguna laporan keuangan.

Jenis-Jenis Akuntansi:

1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan mengacu pada proses yang digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan interim dan tahunan. Hasil dari semua transaksi keuangan yang terjadi selama suatu periode akuntansi dirangkum ke dalam neraca, laporan laba rugi dan laporan arus kas.

2. Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajerial menggunakan banyak data yang sama dengan akuntansi keuangan, tetapi ia mengatur dan menggunakan informasi dengan cara yang berbeda dalam akuntansi manajerial.

Seorang akuntan menghasilkan laporan bulanan atau kuartalan yang dapat digunakan tim manajemen bisnis untuk membuat keputusan tentang bagaimana bisnis beroperasi.

Akuntansi manajerial juga mencakup banyak aspek akuntansi lainnya, termasuk penganggaran, peramalan, dan berbagai alat analisis keuangan. Pada dasarnya, informasi apa pun yang mungkin berguna bagi manajemen berada di bawah payung ini.

3. Akuntansi Biaya

Sama seperti akuntansi manajerial membantu bisnis membuat keputusan tentang manajemen, akuntansi biaya membantu bisnis membuat keputusan tentang penetapan biaya.

Pada dasarnya, akuntansi biaya mempertimbangkan semua biaya yang terkait dengan produksi suatu produk. Analis, manajer, pemilik bisnis, dan akuntan menggunakan informasi ini untuk menentukan berapa biaya produk mereka.

Dalam akuntansi biaya, uang berperan sebagai faktor ekonomi dalam produksi, sedangkan dalam akuntansi keuangan, uang dianggap sebagai ukuran kinerja ekonomi perusahaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.