Sukses

Algoritma adalah Prosedur Sistematis untuk Memecahkan Masalah, Pahami Pengertiannya

Algoritma adalah prosedur sistematis untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan.

Liputan6.com, Jakarta Algoritma adalah dasar dari banyak bidang ilmu. Kamu mungkin mengenal algoritma dari penghitungan dalam pelajaran matematika. Namun, istilah algoritma ini digunakan dalam berbagai bidang, seperti penghitungan, pemrosesan data, hingga penalaran otomatis. 

Algoritma adalah materi yang penting dipahami dalam matematika dan ilmu komputer. Selain itu, algoritma juga dipakai dalam ilmu manajemen. Di mana, algoritma berperan dalam mempelajari bagaimana mengoperasionalkan suatu prosedur untuk membuatnya lebih efisien.

Algoritma adalah prosedur sistematis untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan. Kamu perlu mengenali pengertiannya dalam matematika, ilmu komputer, hingga dalam kehidupan sehari-hari agar lebih memahami istilah satu ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/4/2022) tentang algoritma adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Algoritma adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), algoritma adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas dan urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Algoritma adalah prosedur sistematis yang menghasilkan jawaban atas pertanyaan atau solusi dari suatu masalah. Prosedur ini menghasilkan jawaban dalam, jumlah langkah yang terbatas. Sebuah algoritma standar merupakan cara langkah-demi-langkah untuk memecahkan masalah.

Algoritma adalah metode atau langkah yang direncanakan secara tersusun dan berurutan untuk menyelesaikan atau memecahkan permasalahan dengan sebuah intruksi atau kegiatan. Istilah algoritma berasal dari 'Algoritmi', bentuk Latin dari nama al-Khawarizmi. Al-Khawarizmi sendiri merupakan seorang ahli matematika Muslim yang dikenal dengan penemuan Aljabarnya.

 

Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli

- Al Khawarizmi. Algoritma adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan.

- David Bolton. Algoritma adalah deskripsi dari suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.

- Seymour Lipschutz dan Marc Lipson. Algoritma adalah daftar langkah demi langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.

- Stone dan Knuth. Algoritma adalah seperangkat aturan yang tepat mendefinisikan urutan operasi hingga sedemikian rupa sehingga setiap aturan yang efektif, jelas hingga sedemikian rupa sehingga urutan berakhir dalam waktu yang terbatas.

- Donald E. Knuth. Algoritma adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.

- Goodman Hedet Niemi. Algoritma adalah urutan terbatas dari operasi-operasi terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memori dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.

- Rinaldi Munir. Algoritma adalah sebuah bentuk urutan langkah logis yang akan membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah yang sedang dijalaninya.

3 dari 5 halaman

Algoritma dalam Matematika

Dalam matematika, algoritma paling umum digunakan dalam prosedur langkah demi langkah yang digunakan dalam pembagian panjang. Algoritma biasanya merupakan cara yang paling efisien untuk menghitung. Melansir ThoughtCo, pengertian algoritma dalam matematika adalah prosedur, deskripsi dari serangkaian langkah-langkah yang dapat digunakan untuk memecahkan perhitungan matematika.

Algoritma dalam matematika melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pada dasarnya, algoritma melakukan langkah yang sama berulang-ulang dengan setiap kolom nilai tempat dalam soal. Contohnya, sebuah algoritma dasar untuk perkalian 3.546 kali 5. Algoritma dari soal ini merupakan penambahan dari angka yang sama berulang-ulang. Ini dapat dijelaskan dengan:

Berapa 3546 ditambah 3546? 7092

Berapa 7092 ditambah 3546? 10638

Berapa 10638 ditambah 3546? 14184

Berapa 14184 ditambah 3546? 17730

Jadi 3.546 kali 5 adalah 17730

4 dari 5 halaman

Algoritma dalam Ilmu Komputer

Pengembangan dan analisis algoritma sangat penting untuk semua aspek ilmu komputer, seperti kecerdasan buatan, basis data, grafik, jaringan, sistem operasi, keamanan, dan sebagainya. Dalam ilmu komputer, algoritma adalah prosedur khusus untuk memecahkan masalah komputasi yang terdefinisi dengan baik. Algoritma memungkinkan seseorang untuk memberikan komputer petunjuk langkah demi langkah untuk memecahkan masalah atau melakukan tugas.

Pengembangan algoritma lebih dari sekedar pemrograman. Ini membutuhkan pemahaman tentang alternatif yang tersedia untuk memecahkan masalah komputasi, termasuk perangkat keras, jaringan, bahasa pemrograman, dan kendala kinerja yang menyertai solusi tertentu. Komputer tidak dapat melakukan apa pun tanpa diberitahu apa yang harus dilakukan. Algoritma memungkinkan pemilik komputer untuk memberikan komputer petunjuk langkah demi langkah untuk memecahkan masalah atau melakukan tugas.

5 dari 5 halaman

Fungsi Algoritma

Algoritma memiliki fungsi untuk memecahkan suatu masalah. Algoritma mengonversikan permasalahan ke bahasa pemrograman. Bisa dikatakan, algoritma adalah hasil pemikiran yang terkonsep. Biasanya, penggunaan algoritma digunakan untuk memecahkan permasalahan yang sulit dan rumit. Algoritma membuat permasalahan rumit lebih terkonsep pemecahannya dan mudah diselesaikan dengan logika.

Selain memecahkan suatu masalah, algoritma juga bisa meminimalisir kesalahan. Tentu saja ini dapat memudahkan kerja pemrograman. Penerapan algoritma sangat berdampak pada aneka macam program yang diulang-ulang. Istimewanya lagi, pemecahan masalah yang dilakukan algoritma melalui pemrograman sangatlah runtut. Runtut dalam arti logis, terstruktur, dan mudah dipahami. Tingkat keberhasilan masalah bisa diselesaikan dengan prediksi algoritma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.