Sukses

Penelitian Ilmiah Ini Ungkap Alasan Pria Susah Minta Maaf Duluan

Liputan6.com, Jakarta Pria memiliki ego yang besar dan terkadang sampai membuat mereka enggan meminta maaf duluan. Pria yang memiliki sifat enggan meminta maaf ini terkadang menganggap segala perbuatannya bisa dimaafkan dan biarkan waktu yang menjadi obatnya. Setelah itu, pria sering sekali tanpa berdosa menyapa lagi seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Sifat pria yang cuek dan enggan memerhatikan sisi wanita membuat pria lebih cenderung tidak mau meminta maaf dulu. Padahal kata maaf terlihat sangat simpel untuk diucapkan namun nyatanya sangat sulit diucapkan apalagi jika pria memiliki ego yang tinggi.

Lalu apa sih penyebab pria enggan minta maaf duluan meski tahu kalau dia salah? Ada beberapa penyebab yang membuat pria memiliki sisi tidak mau meminta maaf duluan. Penelitian di University of Waterloo, Ontario mengungkap beberapa alasan pria susah minta maaf duluan secara ilmiah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari penelitian di University of Waterloo, Ontario, alasan ilmiah pria susah minta maaf duluan, Sabtu (7/5/2022).

2 dari 4 halaman

Persepsi Minta Maaf yang Berbeda

Menurut penelitian di University of Waterloo, Ontario, pria dan wanita memiliki persepsi minta maaf yang berbeda. Wanita cenderung lebih menganggap minta maaf adalah hal penting untuk memulai kembali hubungan.

Berbeda dengan wanita, pria cenderung enggan mengakui kesalahan. Sifat merasa benar dan enggan mengakui kesalahan ini menjadi dasar pembeda persepsi seorang pria. Pria akan lebih memilih meminta maaf jika sudah berada di batas toleransi yang lebih tinggi.

3 dari 4 halaman

Berpikir Menggunakan Logika

Alasan ilmiah lain pria enggan meminta maaf duluan yakni terkait cara berpikir. Pria lebih cenderung berpikir menggunakan logika. Logika tersebut akan membuat pria menilai terlebih dahulu apakah perbuatannya perlu minta maaf atau bahkan minta maaf adalah sikap yang kurang sesuai di kondisi tersebut.

Pria cenderung berpikir tentang perbuatannya yang tak melulu salah dan beberapa momen ada benarnya. Sikap seperti itu berbeda dengan wanita yang lebih berpikir menggunakan perasaan. Berpikir menggunakan perasaan membuat otak menjadi tidak tenang sehingga gampang tersulut emosi. Emosi yang mengontrol inilah yang membuat wanita jadi meledak-ledak dan melakukan kesalahan sehingga ia memang pantas untuk minta maaf.

4 dari 4 halaman

Tindakan Lebih Kuat Dibanding Kata-Kata

Cara berpikir menggunakan logika membuat pria lebih cenderung menunda untuk meminta maaf dengan kata-kata. Pria akan menimang-nimang apakah tindakannya meminta maaf membuatnya terlihat lebih lemah dibanding wanita.

Namun di balik itu semua, sikap pria enggan meminta maaf dahulu karena pria tidak terlalu suka bermain kata-kata. Kadang pria yang enggan meminta maaf akan memilih cara lain untuk tunjukkan penyesalan seperti melakukan tindakan yang bisa meluluhkan hati seorang wanita.