Sukses

Kiki Fatmala Ungkap Sembuh dari Kanker Paru Stadium 4, Ini 4 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Nama Kiki Fatmala munmgkin sudah tak asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Mengawali karier sebagai pemain film, Kiki Fatmala sendiri telah aktif sebagai seorang aktris sejak 1988.

Berbabagi judul film serta sinetron pun telah ia bintangi. Namun, dalam beberapa tahun terakhir Kiki Fatmala sendiri terlihat jarang muncul di layar kaca. Rupanya, wanita kelahiran 26 Oktober 1969 ini tengah berjuang melawan penyakit kanker paru-paru yang tengah diidapnya.

Kabar mengejutkan ini pun diketahui dari unggahan di akun Instagram pribadinya @qq_fatmala. Dalam unggahan video pada Kamis (21/4/2022), ia juga menceritakan mengenai awal dirinya mengetahui jika mengidap kanker paru-paru. Kiki Fatmala pun baru mengetahui jika dirinya mengidap kanker paru stadium 4 pada 19 November 2021 lalu.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta serta kisah Kiki Fatmala yang berjuang mengatasi kanker paru stadium 4, Jumat (22/4/2022).

2 dari 5 halaman

1. Awal diagnosis kanker paru-paru stadium 4.

Melalui unggahan video di akun Instagram pribadinya, pemain Comic 8 ini menceritakan mengenai pengalamannya saat pertama kali didiagnosis mengidap kanker paru-paru stadium 4. Dirinya juga menyebutkan saat mengetahui penyakit yang diidapnya, ia merasa jika hidupnya begitu berubah.

"19 November 2021 hari dimana semuanya berubah. Itu adalah hari di mana saya didiagnosis menderita Kanker Paru-Paru Stadium IV. Saya menyadari bahwa tidak ada yang akan pernah sama dan bahwa Hidup Terbagi menjadi 2 bagian : Sebelum dan Setelah ini" tulisnya.

3 dari 5 halaman

2. Jalani pengobatan di Singapura

Usai didiagnosis mengidap kanker paru-paru stadium 4, Kiki Fatmala pun mengusahakan berbagai pengobatan termasuk menjalani kemotrapi. Ia pun diketahui menjalani rangkaian pengobatan di sebuah rumah sakit di Singapura.

Bukan hanya mengusahakan berbagai pengobatan saja, namun Kiki Fatmala dan sang suami juga tak lepas untuk terus berdoa kepada Tuhan. Dirinya pun percaya jika tak ada yang tak bisa dilakukan oleh Tuhan pada hambanya.

"Kami telah Diberkati oleh Semua Dukungan & Doa. Bagi Tuhan Tidak ada Yang Mustahil." tulis Kiki Fatmala di akun Instagram pribadinya.

4 dari 5 halaman

3. 5 bulan usai didiagnosis baru umumkan pada publik.

Meski telah didiagnosis mengidap kanker paru-paru stadium 4 pada November 2021 lalu, namun Kiki Fatmala memutuskan baru mengumumkan mengenai penyakit ganas yang diidapnya pada publik pada Kamis (21/4/2022) kemarin. Tak hanya itu saja, ia juga memgunggah kolase foto-foto saat menjalani rangkaian pengobatan termasuk kemoterapi dalam sebuah video.

Selama 5 bulan terakhir, Kiki Fatmala dengan gigih berjuang menjalani rangkaian perawatan termasuk biopsi, SABR (Sterotactic Ablative Body Radiotherapy) guna menghentikan penyebaran dan pertumbuhan sel kanker hingga kemoterapi. Ia pun diketahui menjalani 6 kali kemoterapi untuk mengobati kanker paru-paru yang diidapnya. Bahkan, dirinya rela untuk bolak-balik ke rumah sakit untuk perawatan.

5 dari 5 halaman

4. Umumkan kesembuhan

Usai berjuangan selama 5 bulan menjalani rangkaian perawatan kanker paru-paru stadium 4 yang diidapnya, Kiki Fatmala pun mengumumkan jika dirinya telah sembuh. Melalui akun Instagram, ia mengaku begitu bersyukur bisa menghadapi cobaan yang tak pernah diperkirakan sebelumnya.

"Mengucap syukur kesembuhan yang terjadi.....Segala perkara dapat ku tanggung di dalam dia yang memberi kekuatan kepadaku" ujarnya.

Tak sampai disitu saja, Kiki Fatmala juga turut berterima kasih atas doa dan dukungan yang diberikan baik dari suami, dokter, keluarga hingga para sahabat.