Sukses

Kebugaran Jasmani Adalah Kemampuan Fisik Seseorang, Kenali Bentuk Latihannya

Liputan6.com, Jakarta Istilah kebugaran jasmani kerap kali kita dengar dalam hal berolahraga. Bahkan kita dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan berbagai latihan fisik. Lalu, apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani?

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh dalam melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya, seperti bekerja sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan dan masih dapat menikmati waktu luangnya.

Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani setiap hari, maka tubuh kita akan sehat dan bugar sehingga akan mempermudah dalam melakukan aktivitas setiap harinya. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, anda harus memperhatikan bentuk latihan dan unsur-unsurnya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian kebugaran jasmani beserta unsur-unsur  dan bentuk latihannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/4/2022).

2 dari 5 halaman

Pengertian Kebugaran Jasmani

Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2016) oleh Asep Kurnia Nenggala, kebugaran jasmani adalah menentukan kemampuan tubuh untuk melakukan tugas dan pekerjaan sehari-hari.

Istilah lain untuk tingkat kebugaran jasmani yaitu physical fitness. Secara umum, pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari dengan ringan dan mudah tanpa merasakan kelelahan yang berarti serta masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain. Semakin tinggi derajat kebugaran jasmani seseorang, maka terdapat kemungkinan kemampuan kerja fisik dengan tingkat yang juga lebih tinggi. Tingkat kebugaran jasmani akan menurun jika seseorang melakukan kerja fisik dengan intensitas berat dalam jangka waktu cukup lama.

Namun, tingkat kebugaran jasmani maupun kemampuan fisik dalam menerima beban ini dapat dilatih secara rutin, agar dapat meningkat atau terjaga dengan baik. Sebaliknya, kondisi kebugaran jasmani bisa menurun, apabila intensitas kegiatan fisik menurun atau melakukan aktivitas dengan pergerakan otot dan rangka yang minim.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kebugaran Jasmani

1. Menjaga Berat Badan dan Menghindari Obesitas

Obesitas dapat terjadi karena penimbunan zat-zat makan dan energi berlebih yang tertimbun dalam tubuh. Selain itu, kegemukan juga dapat terjadi karena tubuh kurang beraktivitas.

2. Dapat Mencegah Penyakit Diabetes

Berikutnya, manfaat kebugaran jasmani adalah untuk mencegah dan menahan laju penyakit diabetes. Sebab jika kita olahraga secara teratur, baik, dan benar, maka akan menurunkan gula darah.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Pada saat tubuh melakukan olahraga, aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh ke jantung akan sangat lancar daripada saat tubuh diam. Oleh sebab itu, latihan kebugaran bisa mencegah penyakit jantung.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan bagi tubuh misalnya penyakit jantung koroner, storeke sampai gagal jantung. Untuk itu, lebih baik untuk setiap hari melakukan latihan kebugaran jasmani.

5. Meningkatkan Kualitas Hormon

Latihan kebugaran jasmani bisa memengaruhi produktivitas hormon dalam tubuh.

6. Menurunkan Gejala Depresi dan Kegelisahan

Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani, tubuh akan menjadi lebih rileks. Kondisi tersebut akan memengaruhi Depresi.

7. Melindungi dari Osteoporosis

Sebab dengan melakukan gerakan akan memiliki tulang yang kuat. Sehinga dapat menjadi solusi untuk mencegah kualitas kepadatan tulang akibat osteoporosis.

8. Meningkatkan Mood

Tentu dengan kondisi yang bugar dapat menghilangkan rasa bosan. Olahraga aerobic bisa mengurangi ketegangan dan memunculkan semangat.

9. Membuat Awet Muda

Selanjutnya, manfaat kebugaran jasmani adalah membuat orang terlihat awet muda karena terhindar dari stress.

4 dari 5 halaman

Unsur-Unsur dan Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Berikut ini terdapat beberapa unsur-unsur dan bentuk latihan kebugaran jasmani adalah:

1. Kekuatan

Kekuatan dapat dikatakan sebagai kondisi tubuh yang mampu mempergunakan otot ketika dibebankan untuk menjalankan suatu aktivitas. Otot yang kuat dapat diraih dengan latihan berat yang dilakukan secara rutin dan konsisten. Kekuatan atau strength merupakan satu di antara unsur utama dari kebugaran jasmani. Bentuk latihan ini adalah push-up, sit-up, dan back-up. Sedangkan untuk olahraga yang memerlukan kekuatan diantara lainnya adalah tolak peluru dan angkat besi.

2. Daya otot

Daya otot atau muscular power adalah unsur kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kemampuan otot untuk mendukung aktivitas fisik sehari-hari. Daya otot berkaitan dengan sistem anaerobik dalam proses pemenuhan kebutuhan energi. Daya otot dapat dilatih dengan beberapa latihan untuk melatih otot-otot utama tubuh manusia. Latihan yang cocok adalah vertical jump, front jump, dan side jump.

3. Daya tahan

Daya tahan berkaitan langsung dengan stamina atau kemampuan melakukan aktivitas dalam jangka waktu yang lama. Daya tahan membutuhkan latihan yang kompleks karena berkaitan dalam meningkatkan kinerja paru-paru, jantung, dan sistem peredaran darah serta kekuatan otot. Latihan untuk meningkatkan daya tahan dapat berupa jogging atau lari dengan durasi sekitar 30 menit setiap hari. Tak hanya itu, anda juga bisa melakukan latihan berupa lari santai selama 15-30 menit, bersepeda, dan berenang. Olahraga yang memerlukan daya tahan tinggi adalah lari jarak jauh.

4. Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan suatu gerak dalam periode waktu yang singkat. Makin sedikit waktu yang dibutuhkan, dapat disimpulkan seseorang tersebut memiliki kecepatan yang bagus. Satu di antara latihan kecepatan yang sangat mudah untuk dilakukan adalah latihan lari. Bentuk latihannya adalah lari sprint atau lari jarak dekat.

5. Kelincahan

Kelincahan merupakan kemampuan tubuh dalam menyesuaikan gerakan dari satu posisi ke posisi lain, seperti dari depan ke belakang atau dari kiri ke kanan. Untuk melatih kelincahan tubuh dapat melakukan beberapa jenis latihan fisik, yakni lari naik-turun anak tangga dan lari dengan pola zig-zag. Salah satu jenis olahraga yang mengandalkan kelincahan adalah bulu tangkis dan sepak bola.

5 dari 5 halaman

Unsur-Unsur dan Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Berikut ini terdapat beberapa unsur-unsur dan bentuk latihan kebugaran jasmani adalah:

6. Kelenturan

Kelenturan merupakan unsur penting. Sebab, berpengaruh dengan keleluasaan pada otot tubuh. Khususnya pada bagian persendian terhadap penyesuaian gerak yang dilakukan. Bentuk latihannya adalah senam, yoga, atau renang. Olahraga yang cocok yaitu senam lantai dan senam ritmik.

7. Keseimbangan

Keseimbangan merupakan kemampuan untuk mengendalikan organ dan syaraf otot. Dengan tujuan mengendalikan gerakan tubuh dengan baik. Bentuk latihannya adalah latihan sikap lilin, berjalan di atas balok kayu, dan berdiri dengan tangan sebagai tumpuannya. Salah satu cabang olahraga yang mengandalkan kemampuan keseimbangan adalah senam dan loncat indah.

8. Reaksi

Reaksi merupakan kemampuan seseorang agar dapat bertindak. Dengan reaksi tentu akan menanggapi rangsangan atau stimulus yang diberikan orang lain. Bentuk latihannya adalah lempar tangkap bola. Olahraga yang cocok untuk unsur ini adalah basket, bowling, dan memanah.

9. Koordinasi

Koordinasi merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan berbagai gerakan berbeda dan bisa mengkoordinasikan seluruh tubuh dengan tepat. Koordinasi membutuhkan kemampuan gerak insting yang kuat sekaligus konsentrasi yang tinggi. Bentuk latihannya seperti memantulkan bola ke tembok dan menangkapnya kembali.

10. Ketepatan

Ketepatan merupakan kemampuan dalam mengendalikan gerakan sesuai dengan sasaran. Permainan bowling dan memanah dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengasah ketepatan.