Sukses

Pengertian Kognitif adalah Pemengaruh Cara Berpikir, Begini Penjelasan Para Ahli

Kognitif adalah bagian dari kecerdasan.

Liputan6.com, Jakarta Apa arti kognitif? Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian kognitif adalah berhubungan dengan atau melibatkan kognisi.

Secara bahasa, pengertian kognitif adalah berasal dari kata 'kognisi' atau 'cognition' sebenarnya berakar dari bahasa Latin 'cognoscere' yang berarti 'mengenal.'

Pengertian kognitif adalah pemengaruh cara berpikir dan pemengaruh kecerdasan seseorang yang ada di otak manusia serta berhubungan dengan kognisi.

Cambridge Cognition mengungkap kognisi memiliki dasar fisik di otak dengan lebih dari 100 miliar sel saraf di otak manusia yang sehat.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian kognitif, pengertian kognitif menurut para ahli, jenis-jenis kognitif, dan peranan kognitif, Sabtu (23/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Kognitif adalah Pemengaruh Cara Berpikir

Memahami pengertian kognitif adalah berhubungan dengan kecerdasan seseorang. Kogitif adalah sesuatu yang memengaruhi cara berpikir seseorang. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian kognitif adalah berhubungan dengan atau melibatkan kognisi.

“Pengertian kognitif adalah berdasar kepada pengetahuan faktual yang empiris,” dijelaskan.

Secara bahasa, pengertian kognitif adalah berasal dari kata 'kognisi' atau 'cognition' sebenarnya berakar dari bahasa Latin 'cognoscere' yang berarti 'mengenal.'

Quipper menjelaskan pengertian kognitif adalah semua aktivitas mental yang membuat individu mampu menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan peristiwa sehingga individu bisa mendapatkan pengetahuan setelahnya.

“Contoh kognitif bisa ditunjukkan ketika seseorang sedang belajar, membangun sebuah ide, dan memecahkan masalah,” dijelaskan.

Pengertian kognitif adalah pemengaruh cara berpikir yang ada di otak manusia yang berhubungan dengan kognisi. Cambridge Cognition mengungkap kognisi memiliki dasar fisik di otak dengan lebih dari 100 miliar sel saraf di otak manusia yang sehat.

“Masing-masing dapat memiliki hingga 10.000 koneksi dengan sel saraf lain yang disebut neuron. Semua ini menjadikannya organ yang sangat rumit,” dijelaskan.

Ada sejumlah bahan kimia otak yang memainkan peran utama dalam mengatur proses kognitif; termasuk dopamin, noradrenalin (norepinefrin), serotonin, asetilkolin, glutamat dan GABA. Kognisi terus berubah dan beradaptasi dengan informasi baru, mengatur perilaku sepanjang umur dan didukung oleh faktor genetik dan lingkungan.

3 dari 4 halaman

Pengertian Kognitif Menurut Para Ahli

Bagaimana para ahli menggambarkan tentang pengertian kognitif? Ini penjelasannya:

1. Pengertian Kognitif Menurut Williams dan Susanto

Pengertian kognitif adalah cara individu bertingkah laku, bertindak, dan cepat lambatnya individu saat memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

2. Pengertian Kognitif Menurut Neisser

Pengertian kognitif adalah perolehan, penataan, dan penggunaan pengetahuan.

3. Pengertian Kognitif Menurut Patmonodewo

Pengertian kognitif adalah luas mengenai berpikir dan mengamati, jadi merupakan tingkah laku yang mengakibatkan orang memperoleh pengetahuan atau yang dibutuhkan untuk menggunakan pengetahuan.

4. Pengertian Kognitif Menurut Gagne

Pengertian kognitif adalah proses internal yang terjadi di dalam pusat susunan saraf ketika manusia sedang berpikir.

5. Pengertian Kognitif Menurut Chaplin

Pengertian kognitif adalah konsep umum yang mencakup semua bentuk pengenal, termasuk di dalamnya mengamati, melihat, memperhatikan, memberikan, menyangka, membayangkan, memperkirakan, menduga, dan menilai.

6. Pengertian Kognitif Menurut Margaret W. Matlin

Pengertian kognitif adalah aktivitas mental melibatkan kegiatan memperoleh, menyimpan, mencari, dan menggunakan ilmu pengetahuan.

7. Pengertian Kognitif Menurut Susanto

Pengertian kognitif adalah satu atau beberapa kemampuan untuk memperoleh dan menggunakan pengetahuan dalam rangka memecahkan masalah dan beradaptasi dengan lingkungan.

8. Pengertian Kognitif Menurut Myers

Pengertian kognitif adalah mengacu pada semua aktivitas mental yang berkaitan dengan berpikir, memahami, dan mengingat.

9. Pengertian Kognitif Menurut Drever

Pengertian kognitif adalah istilah umum yang melingkupi metode pemahaman, yakni persepsi, penilaian, penalaran, imajinasi, dan penangkapan makna.

10. Pengertian Kognitif Menurut Sujiono

Pengertian kognitif adalah untuk membantu memecahkan masalah, memudahkan dalam melakukan tindakan, memperluas kemampuan, dan melakukan sesuatu sesuai dengan kapasitas alaminya.

11. Pengertian Kognitif Menurut Piaget

Pengertian kognitif adalah bagaimana anak beradaptasi dan menginterpretasikan objek dan kejadian-kejadian di sekitarnya.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kognitif dan Peranannya

Apabila sudah memahami pengertian kognitif adalah pemengaruh cara berpikir seseorang, berikutnya ketahui jenis-jenis kognitif dan peranannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Jenis-Jenis Kognitif

- Perhatian

Perhatian adalah proses kognitif yang memungkinkan orang untuk fokus pada rangsangan tertentu di lingkungan.

- Bahasa

Perkembangan bahasa adalah proses kognitif yang melibatkan kemampuan untuk memahami dan mengungkapkan pikiran melalui kata-kata lisan dan tertulis. Ini memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lain dan memainkan peran penting dalam pemikiran.

- Pembelajaran

Pembelajaran membutuhkan proses kognitif yang terlibat dalam menerima hal-hal baru, mensintesis informasi, dan mengintegrasikannya dengan pengetahuan sebelumnya.

- Memori

Memori adalah proses kognitif penting yang memungkinkan orang untuk menyandikan, menyimpan, dan mengambil informasi. Ini adalah komponen penting dalam proses pembelajaran dan memungkinkan orang untuk mempertahankan pengetahuan tentang dunia dan sejarah pribadi mereka.

- Persepsi

Persepsi adalah proses kognitif yang memungkinkan orang mengambil informasi melalui indera (sensasi) mereka dan kemudian memanfaatkan informasi ini untuk merespons dan berinteraksi dengan dunia.

- Pikiran

Pikiran adalah bagian penting dari setiap proses kognitif. Ini memungkinkan orang untuk terlibat dalam pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan penalaran yang lebih tinggi.

2. Peranan Kognitif

- Mempelajari hal-hal baru

Belajar membutuhkan kemampuan untuk menerima informasi baru, membentuk ingatan baru, dan membuat hubungan dengan hal-hal lain yang sudah diketahui.

- Membentuk kenangan

Memori adalah topik utama yang menarik di bidang psikologi kognitif. Bagaimana manusia mengingat, apa yang diingat, dan apa yang dilupakan mengungkapkan banyak hal tentang bagaimana proses kognitif bekerja.

- Membuat keputusan

Setiap kali orang membuat keputusan apa pun, itu melibatkan membuat penilaian tentang hal-hal yang telah mereka proses. Ini mungkin melibatkan membandingkan informasi baru dengan pengetahuan sebelumnya, mengintegrasikan informasi baru ke dalam ide yang sudah ada, atau bahkan mengganti pengetahuan lama dengan pengetahuan baru sebelum membuat pilihan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.