Sukses

Konduksi Adalah Perpindahan Energi, Ketahui Proses, Bentuk dan Contohnya

Konduksi adalah sebuah bentuk perpindahan energi.

Liputan6.com, Jakarta Konduksi adalah sebuah bentuk perpindahan energi. Konduksi berperan memindahkan panas dari satu tempat ke tempat lain. Konduksi adalah proses yang bisa terjadi pada zat padat, cair, dan gas.

Konduksi adalah salah satu dari tiga cara utama energi panas berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Dua cara perpindahan panas lainnya di samping konduksi adalah radiasi dan konveksi. Konduksi adalah proses yang bisat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam fisika, konduksi adalah pemahaman tentang proses perpindahan energi. Konduksi adalah proses yang bisa terjadi secara alami atau buatan. Berikut pengertian konduksi, proses, dan contohnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (24/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal konduksi

Melansir ThoughtCo, konduksi adalah transfer energi melalui pergerakan partikel yang bersentuhan satu sama lain. Secara umum, konduksi adalah proses transmisi energi dari satu partikel medium ke yang lain, tetapi di sini setiap partikel medium tetap pada posisinya sendiri. Dalam fisika atau kimia, konduksi dipahami terutama sebagai perpindahan energi panas atau muatan listrik melalui suatu bahan.

Konduksi dapat terjadi pada zat padat, cair, dan gas.Bahan yang memberikan konduksi yang baik disebut konduktor. Sedangkan bahan yang memberikan konduksi yang buruk disebut isolator. Konduksi terjadi lebih mudah dalam padatan dan cairan, di mana partikel lebih dekat bersama-sama daripada di gas, di mana partikel lebih jauh.

3 dari 7 halaman

Proses konduksi

Konduksi adalah perpindahan energi panas atau listrik melalui materi melalui kontak langsung antara atom atau partikel. Materi itu sendiri tidak bergerak, tetapi energi panas atau listrik disalurkan melalui materi. Konduksi hanya terjadi dalam dua cara: konduksi termal (perpindahan panas) dan konduksi listrik (listrik).

Perpindahan energi termal atau listrik melalui kontak langsung antara atom atau partikel melalui konduktor. Konduktor secara efisien mentransfer energi; isolator mentransfer energi dengan buruk. Konduksi terjadi dalam keadaan umum materi (padat, cair, gas, plasma) tetapi dengan berbagai tingkat efisiensi.

4 dari 7 halaman

Jenis konduksi dan contohnya

Konduksi panas

Ketika konduksi panas terjadi, energi panas biasanya ditransfer dari molekul ke molekul lain karena mereka bersentuhan langsung satu sama lain. Namun, tidak ada perubahan posisi molekul. Mereka hanya bergetar satu sama lain. Beberapa contoh konduksi panas seperti secara tidak sengaja menyentuh panci panas, atau ketika bantal pemanas diterapkan pada tubuh secara langsung dan menghangatkan otot.

Konduksi listrik

Konduksi listrik terjadi ketika suatu bahan memungkinkan arus listrik melewatinya. Selama konduksi listrik, ada pergerakan partikel bermuatan listrik dalam medium. Dengan demikian, arus listrik biasanya dibawa dan dipindahkan oleh ion atau elektron.

Contoh konduksi listrik adalah ketika secara tidak sengaja tersengat listrik ketika Anda menyentuh kabel hidup karena tubuh mengandung air, yang merupakan konduktor listrik. Contoh lain adalah ketika listrik melewati kabel yang merupakan konduktor, sehingga seseorang dapat menonton TV atau menggunakan komputer.

5 dari 7 halaman

Konduktor panas yang baik

Konduktor adalah bahan yang memungkinkan listrik melewatinya dengan mudah. Secara sederhana, konduktor listrik adalah bahan yang menghantarkan listrik. Konduktivitas listrik bergantung pada pergerakan elektron karena proton dan neutron tidak bergerak.

Konduktor terbaik listrik adalah perak unsur logam jika di bawah kondisi suhu dan tekanan biasa. Air juga menghantarkan listrik, itulah sebabnya benda-benda listrik tidak boleh digunakan di dekat air. Konduktor listrik yang paling efektif adalah:

- Perak

- Emas

- Tembaga

- Aluminium

- Air raksa

- Baja

- Besi

- Air laut

- Konkret

Konduktor kuat lainnya meliputi:

Platinum

Kuningan

Perunggu

Grafit

Air biasa

Jus lemon

6 dari 7 halaman

Cara kerja konduktor

konduktor adalah bahan yang memungkinkan elektron mengalir bebas dari partikel ke partikel. Sebuah benda yang terbuat dari bahan konduktor akan memungkinkan muatan untuk ditransfer ke seluruh permukaan benda. Jika muatan ditransfer ke objek di lokasi tertentu, muatan itu dengan cepat didistribusikan ke seluruh permukaan objek.

Jika konduktor bermuatan disentuhkan ke objek lain, konduktor bahkan dapat mentransfer muatannya ke objek itu. Perpindahan muatan antar benda lebih mudah terjadi jika benda kedua terbuat dari bahan penghantar.

Bentuk dan ukuran bahan mempengaruhi konduktivitasnya. Misalnya, sepotong materi yang tebal akan menghantarkan lebih baik daripada sepotong tipis dengan ukuran dan panjang yang sama. Suhu juga mempengaruhi konduktivitas. Ketika suhu meningkat, atom dan elektronnya memperoleh energi.

Beberapa isolator seperti kaca adalah konduktor yang buruk saat dingin tetapi konduktor yang baik saat panas. Sementara itu, kebanyakan logam adalah konduktor yang lebih baik saat dingin dan konduktor kurang efisien saat panas.

7 dari 7 halaman

Contoh proses konduksi dalam kehidupan sehari-hari

Konduksi adalah proses perpindahan energi yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Berikut contoh dari konduksi:

- Saat berjalan tanpa atas kaki di siang hari. Secara otomatis akan terjadi konduksi berupa perpindahan suhu panas dari aspal ke kaki.

- Ketika sedang berpelukan tentu akan terasa hangat karena terjadi proses konduksi dari tubuh satu orang ke orang lainnya. Terlebih lagi dengan seseorang yang memiliki suhu tubuh lebih panas.

- Setelah memasak, bagian bawah dari panci akan terasa panas, jika dipindahkan ke atas meja, maka bagian meja yang ada di bawah panci tersebut akan panas. Hal ini diakibatkan oleh konduksi energi panas dari api ke panci yang kemudian dipindahkan ke atas meja.

- Saat memegang balok es, lama kelamaan es tersebut akan mencair karena terjadi konduksi dari tangan ke balok es tersebut yang menyebabkan naiknya suhu air sehingga balok mencair.

- Saat menyetrika. Ketika setrika panas digosokkan kepada baju, kemudian baju akan menjadi rapih dan hangat. Hal ini dikarenakan terjadi konduksi panas dari setrika ke baju.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.