Sukses

Konduktor Adalah Penghantar yang Baik, Ketahui Contoh dan Cara Kerjanya

Liputan6.com, Jakarta Konduktor adalah istilah umum dalam fisika. Konduktor adalah sebutan yang biasa digunakan dalam kelistrikan dan energi panas. Lawan dari konduktor adalah isolator.

Isolator dan konduktor adalah klasifikasi zat atau bahan berdasarkan kemampuan menghantarkan energi. Ada banyak contoh bahan yang bersifat konduktor. Contoh konduktor adalah logam, tubuh manusia, bumi dan hewan.

Dalam aspek tertentu, konduktor adalah bahan yang sangat berguna di kehidupan sehari-hari. Memahami apa itu konduktor adalah pengetahuan dasar yang penting. Dengan mengetahui apa itu konduktor, kamu akan bisa mengenali benda-benda apa saja yang bisa menghantarkan panas atau listrik.

Berikut pengertian tentang konduktor, cara kerja, dan contohnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (25/4/2022).

2 dari 8 halaman

Pengertian konduktor secara umum

3 dari 8 halaman

Konduksi dalam konduktor

Melansir ThoughtCo, konduksi adalah transfer energi melalui pergerakan partikel yang bersentuhan satu sama lain. Secara umum, konduksi adalah proses transmisi energi dari satu partikel medium ke yang lain, tetapi di sini setiap partikel medium tetap pada posisinya sendiri. Dalam fisika atau kimia, konduksi dipahami terutama sebagai perpindahan energi panas atau muatan listrik melalui suatu bahan.

Konduksi dapat terjadi pada zat padat, cair, dan gas. Bahan yang memberikan konduksi yang baik disebut konduktor. Sedangkan bahan yang memberikan konduksi yang buruk disebut isolator. Konduksi terjadi lebih mudah dalam padatan dan cairan, di mana partikel lebih dekat bersama-sama daripada di gas, di mana partikel lebih jauh

4 dari 8 halaman

Cara kerja konduktor

Konduktor adalah bahan yang memungkinkan elektron mengalir bebas dari partikel ke partikel. Sebuah benda yang terbuat dari bahan konduktor akan memungkinkan muatan untuk ditransfer ke seluruh permukaan benda. Jika muatan ditransfer ke objek di lokasi tertentu, muatan itu dengan cepat didistribusikan ke seluruh permukaan objek.

Jika konduktor bermuatan disentuhkan ke objek lain, konduktor bahkan dapat mentransfer muatannya ke objek itu. Perpindahan muatan antar benda lebih mudah terjadi jika benda kedua terbuat dari bahan penghantar.

Bentuk dan ukuran bahan mempengaruhi konduktivitasnya. Misalnya, sepotong materi yang tebal akan menghantarkan lebih baik daripada sepotong tipis dengan ukuran dan panjang yang sama. Suhu juga mempengaruhi konduktivitas. Ketika suhu meningkat, atom dan elektronnya memperoleh energi.

Beberapa isolator seperti kaca adalah konduktor yang buruk saat dingin tetapi konduktor yang baik saat panas. Sementara itu, kebanyakan logam adalah konduktor yang lebih baik saat dingin dan konduktor kurang efisien saat panas.

5 dari 8 halaman

Konduktor panas

Melansir Phys.org, konduktor panas adalah bahan yang bisa menghantarkan energi panas dengan baik. Konduktor adalah bahan yang mendukung proses konduksi panas. Konduktor panas adalah bahan yang memungkinkan energi dalam bentuk panas, untuk ditransfer di dalam bahan, tanpa ada gerakan dari bahan itu sendiri.

Logam adalah konduktor panas yang sangat baik karena mereka memiliki elektron yang bergerak bebas yang dapat mentransfer energi panas dengan cepat dan mudah. Konduksi terjadi lebih mudah dalam padatan dan cairan, di mana partikel lebih dekat bersama-sama daripada di gas, di mana partikel lebih jauh.

6 dari 8 halaman

Konduktor listrik

Dalam kelistrikan, konduktor adalah bahan atau zat yang memungkinkan listrik mengalir melalui mereka. Mereka menghantarkan listrik karena mereka memungkinkan elektron mengalir dengan mudah di dalamnya dari atom ke atom. Juga, konduktor memungkinkan transmisi panas atau cahaya dari satu sumber ke sumber lainnya.

Konduktor memiliki elektron bebas di permukaannya yang memungkinkan arus mengalir dengan mudah. Inilah alasan mengapa konduktor dapat menghantarkan listrik. Konduktor memiliki elektron bebas di permukaannya yang memungkinkan aliran arus dengan mudah. Ini adalah alasan bahwa listrik mentransmisikan secara bebas melalui konduktor.

7 dari 8 halaman

Proses konduksi

Konduksi adalah perpindahan energi panas atau listrik melalui materi melalui kontak langsung antara atom atau partikel. Materi itu sendiri tidak bergerak, tetapi energi panas atau listrik disalurkan melalui materi. Konduksi hanya terjadi dalam dua cara: konduksi termal (perpindahan panas) dan konduksi listrik (listrik).

Perpindahan energi termal atau listrik melalui kontak langsung antara atom atau partikel melalui konduktor. Konduktor secara efisien mentransfer energi; isolator mentransfer energi dengan buruk. Konduksi terjadi dalam keadaan umum materi (padat, cair, gas, plasma) tetapi dengan berbagai tingkat efisiensi.

8 dari 8 halaman

Konduktor panas yang baik

Konduktor terbaik listrik adalah perak unsur logam jika di bawah kondisi suhu dan tekanan biasa. Air juga menghantarkan listrik, itulah sebabnya benda-benda listrik tidak boleh digunakan di dekat air. Konduktor listrik yang paling efektif adalah:

- Perak

- Emas

- Tembaga

- Aluminium

- Air raksa

- Baja

- Besi

- Air laut

- Konkret

Konduktor kuat lainnya meliputi:

Platinum

Kuningan

Perunggu

Grafit

Air biasa

Jus lemon