Sukses

Kunci Pertama yang Harus Dikuasai dalam Lari Jarak Pendek Adalah Gerakan Tolakan

Liputan6.com, Jakarta Kunci pertama yang harus dikuasai dalam lari jarak pendek adalah start atau gerakan tolakan. Teknik berlari ini harus dikuasai secara baik dan benar oleh seorang pelari jarak pendek. Lari jarak pendek adalah salah satu nomor cabang olahraga (cabor) atletik yang dilombakan pada ajang Olimpiade. 

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, nama lain lari jarak pendek adalah sprint atau lari cepat. Atlet atau pelari jarak pendek disebut dengan istilah sprinter. Sedangkan, jarak lari jarak pendek atau sprint adalah 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

Meskipun jarak yang ditempuh dalam perlombaan relatif pendek dan hanya membutuhkan waktu singkat untuk berlari, seorang pelari jarak pendek harus menguasai teknik dasarknya. Adapun, teknik start yang digunakan pada lari jarak pendek adalah start jongkok atau crouching start.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai definisi start dan posisi badan pada lari jarak pendek, yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (25/4/2022).

2 dari 4 halaman

Definisi Start

Pengertian lari jarak pendek adalah suatu cara untuk berlari di mana pelari harus menempuh seluruh jarak dengan kecepatan semaksimal mungkin mulai dari awal (start) sampai melewati garis akhir (finish). Kunci pertama yang harus dikuasai dalam lari jarak pendek adalah start atau penolakan. Sebab, start merupakan penentuan menguntungkan atau merugikan pelari ketika mulai lari. Untuk mengurangi potensi tersebut, pelari harus melakukan start dengan cermat serta fokus untuk mendengarkan aba-aba dari wasit.

Olahraga ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu tanpa rintangan dan menggunakan rintangan. Kemudian, dilakukan dengan sistem perorangan atau beregu, jika beregu digunakan dengan sistem estafet. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, start yang digunakan dalam lari jarak pendek adalah start jongkok. Saat melakukan start jongkok ada teknik khusus yang dapat anda kuasai secara baik dan benar.

Aba-aba yang digunakan pada start lari jarak pendek adalah "Bersedia", "Siap", dan "Yak" atau bunyi pistol start. Saat mendengar aba-aba "Bersedia", lutut kaki belakang diletakkan pada ujung kaki yang di depan dengan jarak satu kepal tangan.

Sementara itu, kedua lengan lurus sejajar dengan bahu, telapak tangan kiri (jari-jari) diletakkan di belakang garis start, dan pandangan lurus ke depan atau ke arah lintasan. Kemudian, sikap saat terdengar aba-aba "Siap" adalah lutut kaki depan membentuk sudut 90 derajat, sementara kaki belakang membentuk sudut 120-140 derajat.

Selanjutnya, angkatlah pinggul ke arah depan atas dengan bahu dan garis punggung sedikit diturunkan ke bawah. Ketika ada aba-aba "Yak" atau bunyi pistol start, kedua kaki mendorong dengan dorongan yang eksplosif terhadap tumpuan pada start block. Langkah pertama untuk memulai gerakan lari adalah sekitar 45-75 sentimeter di depan garis start.

3 dari 4 halaman

Posisi Badan pada Lari Jarak Pendek

Setelah mengetahui kunci pertama yang harus dikuasai dalam lari jarak pendek adalah start atau gerakan penolakan. Anda juga perlu memahami posisi badan pada lari jarak pendek, yaitu:

1. Kaki harus kuat dan keras hingga terkejang dengan lurus sesuai dengan 90 derajat.

2. Kemudian, lutut diangkat setinggi panggul, kemudian ayunkan tungkai bawah ke depan agar mendapatkan langkah yang lebar.

3. Atur napas sehingga tubuh tetap rileks dan condongkan badan ke depan sejajar dengan lutut antara 25-30 derajat.

4. Posisi lengan bergantung di samping tubuh, tekuk siku hingga 90 derajat dan biarkan tangan menggenggam dengan longgar.

5. Tegakkan punggung sejajar dengan kepala, kemudian pandangan lurus fokus ke depan.

6. Pelari harus menggunakan kaki dengan frekuensi selebar mungkin sehingga mendapatkan langkah yang panjang.

7. Lari terus tanpa ada perubahan gerak dalam permainan.

8. Ketika hampir mencapai garis finish, kemudian condongkan dada ke depan.

9. Terakhir, ayunkan dada sehingga bahu bisa lebih maju menyentuh garis finish.

4 dari 4 halaman

Hal-Hal yang Harus Diutamakan

Setelah mengetahui kunci pertama yang harus dikuasai dalam lari jarak pendek adalah start atau gerakan penolakan. Anda juga perlu memahami hal-hal yang harus diutamakan dalam lari jarak pendek, antara lain:

1. Ayunkan tubuh ke depan dengan didukung kekuatan lengan dan kaki ketika wasit menembak.

2. Membuat titik tertinggi yang sama besar eksistensinya pada kaki yang akan mengayun dan kaki yang akan mendorong.

3. Lakukan pemanasan yang cukup sehingga kedua mata kaki yang akan melangkah bisa elastis mungkin.

4. Menjaga posisi tubuh seperti saat berjalan ketika berlari.

5. Menjaga pandangan tetap fokus ke depan dan kepala tegak ketika berlari.

6. Ayunkan lengan dengan sedikit menyilang dan sejajar dengan pinggul.

7. Langkahkan kaki secara horizontal untuk menciptakan gerakan kaki yang sempurna.

8. Untuk meluruskan letak kaki ketika berlari, tempatkan satu kaki di depan kaki yang lain.

Kunci pertama yang harus dikuasai dalam lari jarak pendek adalah start atau penolakan sangat penting untuk diingat, begitu pula latihan dan hal-hal yang harus diperhatikan agar bisa mendapatkan performa dengan sempurna.