Sukses

Bacaan Rukuk dan Sujud dalam Sholat Beserta Artinya, Wajib Dipahami

Liputan6.com, Jakarta Bacaan rukuk dan sujud wajib dihafalkan oleh setiap muslim. Pasalnya, rukuk dan sujud adalah rukun sholat yang wajib dilaksanakan. Jika salah satu rukun sholat tidak dikerjakan, maka sholat pun tidak teranggap secara syar’i dan juga tidak bisa diganti dengan sujud sahwi

Bacaan rukuk dan sujud kerap tertukar oleh sebagian umat Islam. Pasalnya, bacaan pada saat rukuk dan sujud ini memang agak mirip. Tidak jarang seorang muslim salah melafalkan bacaan sujud ketika sedang rukuk, ataupun sebaliknya. 

Bacaan rukuk dan sujur sama-sama dilafalkan sebanyak 3 kali. Bacaannya juga hampir mirip, hanya berbeda satu kata saja. Oleh karena itu, kamu perlu memahaminya agar tidak tertukar, sehingga ibadah sholat kamu diterima oleh Allah SWT.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/4/2022) tentang bacaan rukuk.

2 dari 4 halaman

Bacaan Rukuk dan Sujud

Bacaan Rukuk

Bacaan rukuk dilafalkan ketika kamu melakukan gerakan rukuk. Gerakan ini dilakukan setelah gerakan berdiri membaca al-fatihah, dan sebelum melakukan gerakan iktidal. Gerakan rukuk dimulai dengan mengangkat tangan sambil mengucapkan takbir, caranya sama seperti takbiratulihram. Kemudian turunkan badan ke posisi membungkuk serta kedua tangan menggenggam lutut, tidak pada paha.

Jari-jari tangan direnggangkan, posisi tangan lurus dan siku tidak ditekuk. Punggung dan kepala sejajar atau dalam posisi mendatar, tidak terlalu condong ke bawah atau condong ke atas. Kaki tegak lurus, lutut tidak ditekuk. Pinggang direnggangkan dari paha, dan pandangan lurus ke tempat sujud.

Gerakan rukuk ini harus dilakukan dengan tuma’ninah, yaitu sikap tenang dan khusyuk dalam sholat. Tuma'ninah dilakukan minimal sampai bacaan rukuk selesai dilafalkan. Namun, pada gerakan lainnya kamu juga perlu menerapkan tuma’ninah.

Rukuk dilakukan dengan menundukkan tubuh 90 derajat. Kemudian kedua telapak tangan memegang lutut sembari mengucapkan bacaan rukuk. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bacaan rukuk dilafalkan sebanyak 3 kali. Berikut bacaan rukuk yang wajib kamu baca setiap sholat:

"Subhaana robbiyal 'adziimi wabihamdih" sebanyak 3 kali.

Artinya: "Maha suci tuhan yang maha agung serta memujilah aku kepadanya."

 

Bacaan Sujud

Bacaan sujud dilafalkan ketika kamu melakukan gerakan sujud. Gerakan ini dilakukan setelah gerakan iktidal, dan sebelum melakukan gerakan duduk di antara dua sujud. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sama dengan bacaan rukuk, bacaan sujud juga dilafalkan sebanyak 3 kali. Berikut bacaan sujud yang wajib kamu baca setiap sholat:

“Sub haana robbiyal a'la wabihamdih.” Sebanyak 3 kali.

Artinya: "Maha suci tuhan yang maha tinggi serta memujilah aku kepadanya."

3 dari 4 halaman

Rukun Sholat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bacaan rukuk ataupun rukuk dan sujud merupakan rukun sholat yang tidak boleh dilewatkan. Rukun sholat adalah setiap perkataan atau perbuatan yang akan membentuk hakikat sholat. Jika salah satu rukun ini tidak ada, maka sholat pun tidak teranggap secara syar’i dan juga tidak bisa diganti dengan sujud sahwi.

1. Berdiri bagi yang mampu.

2. niat dalam hati

3. Takbiratul ihram.

4. Membaca surat Al Fatihah pada tiap rakaat.

5. Rukuk dengan tuma’ninah.

6. Iktidal setelah rukuk dengan tumakninah.

7. Sujud dua kali dengan tumakninah.

8. Duduk antara dua sujud dengan tumakninah.

9. Duduk tasyahud akhir

10. membaca tasyahud akhir.

11. Membaca salawat nabi pada tasyahud akhir.

12. Membaca salam yang pertama.

13. Tertib melakukan rukun secara berurutan.

4 dari 4 halaman

Niat Sholat

Dalam melaksanakan sholat, kamu wajib berniat. Hal ini sama pentingya dengan bacaan rukuk, yaitu sama-sama rukun sholat. Berikut niat sholat fardu 5 waktu:

Niat Sholat Subuh

“Ushalli fardhas subhi rak’ataini mustqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: "Saya berniat sholat fardu subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala/Ma'mum karena Allah Ta'ala/Imam karena Allah Ta'ala" .

Niat Sholat Zuhur

“Ushalli fardhadz dzuhri arba’a raka’aatin mustqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: "Saya berniat sholat fardu zuhur empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala/Ma'mum karena Allah Ta'ala/Imam karena Allah Ta'ala" .

Niat Sholat Asar

“Ushalli fardhal ashri arba’a raka’aatin mustqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: "Saya berniat sholat fardu asar empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala/Ma'mum karena Allah Ta'ala/Imam karena Allah Ta'ala" .

Niat Sholat Magrib

“Ushalli fardhal maghribi salasa’ raka’aatin mustqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: "Saya berniat sholat fardu magrib tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala/Ma'mum karena Allah Ta'ala/Imam karena Allah Ta'ala" .

Niat Sholat Isya

“Ushalli fardhal ‘isyaa-i raka’aatin mustqbilal qiblati adaa-an (ma’mumam/imaaman) lillaahi ta’aalaa. ”

Artinya: "Saya berniat sholat fardu isya empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala/Ma'mum karena Allah Ta'ala/Imam karena Allah Ta'ala" .