Sukses

Doa Selamat Dunia Akhirat Setelah Sholat Fardu, Latin Beserta Artinya

Doa selamat dunia akhirat bisa kamu lafalkan demi meminta perlindungan dari Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Doa selamat dunia akhirat biasanya dilafalkan setelah sholat fardu. Ada beberapa bacaan doa selamat dunia akhirat yang bisa kamu baca setelah sholat fardu. Bahkan, tidak jarang semua doa tersebut dilafalkan ketika doa setelah sholat.

Doa selamat dunia akhirat juga diambil dari pengalaman para nabi yang tertuang di dalam Al-Quran. Selain doa selamat dunia akhirat dari nabi Muhammad SAW yang dibaca setelah sholat, ada pula bacaan doa selamat dunia akhirat dari Nabi Luth AS dan Nabi Musa AS.

Doa selamat dunia akhirat bisa kamu lafalkan demi meminta perlindungan dari Allah SWT. Tidak hanya di dunia, doa ini juga memberikan kebaikan untuk kamu di akhirat kelak. Oleh karena itu, kamu harus senantiasa membacanya setelah sholat ataupun ketika kamu merasa terancam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/4/2022) tentang doa selamat dunia akhirat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Selamat Dunia Akhirat Setelah Sholat

Doa Selamat Dunia Akhirat

Salah satu doa selamat dunia akhirat yang paling sering kamu dengarkan mungkin adalah doa ini, yaitu doa yang dikenal juga dengan doa sapu jagat. Doa ini biasanya dilafalkan setelah melaksanakan sholat. Doa selamat dunia akhirat ini adalah lafal doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi Muhammad SAW.

Hal ini tentunya sudah menunjukkan betapa pentingnya doa ini. Lafal doa sapu jagat ini bukan berasal dari hadits semata. Lafal doa ini dikutip dari Al-Quran, surat Al-Baqarah ayat 201.

Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā 'adzāban nār.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka."

 

Doa Selamat Dunia Akhirat Setelah Sholat

Selain doa sapu jagat, doa selamat dunia akhirat ini juga kerap dibaca setelah selesai sholat. Berikut lafal doa selamat dunia akhirat setelah sholat selanjutnya:

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa 'aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil 'ilmi, wabarokatan dir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba'dal maut. Allaahumma hawwin 'alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal 'afwa indal hisaab.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, tobat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab."

3 dari 5 halaman

Doa Selamat Dunia Akhirat Setelah Sholat

Doa Pendek Memohon Keselamatan

Kamu juga bisa melafalkan doa selamat dunia akhirat berikut dalam memohon keselamatan:

Allahumma antassalam, wa minkassalam, wa ilaika ya'uudussalam, fahayyina robbana bissalam, wa adkhilnal jannata daarossalam, tabarokta robbana wa ta'aalayta, yaa dzal jalaali wal ikram.

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang mempunyai kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan itu, kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukkanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang maha Tinggi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

 

Doa Selamat dari Kedengkian

Selain doa selamat dunia akhirat, ada pula doa selamat dari kedengkian.Doa selamat dari kedengkian terdapat pada surat Al-Hasyr ayat 10, yaitu:

Robbanaghfirlana wa li ikhwaaninalladzina sabaquuna bil iiman, walaa taj’al fii quluubina ghillal lilladzina aamanu, robbanaa innaka rauufurrahiim.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami dan dosa-dosa saudara kamu yang telah mendahului kami dengan keadaan beriman, Dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami kepada orang-orang yang beriman. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Hasyr: 10).

4 dari 5 halaman

Doa Selamat Dunia Akhirat dari Para Nabi

Doa Selamat yang Dibaca Nabi Luth AS

Dalam Al-Qur’an terdapat kisah Nabi Luth AS yang dijelaskan oleh Allah SWT. Nabi Luth AS juga pernah berdoa kepada Allah SWT agar terhindar dari orang-orang zalim. Sebagaimana dalam surat As-Syu’ara ayat 169:

Robbi najjinii wa ahlii mimmaa ya'maluun.

Artinya: "Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan." (QS. As-Syu’ara).

 

Doa Selamat yang Dibaca Nabi Musa AS

Selain Nabi Luth AS, Allah SWT juga mengisahkan tentang Nabi Musa AS dalam Al-Qur’an. Nabi Musa AS pernah berdoa agar terhindar dari tipu daya orang kafir saat Firaun berkuasa. Sebagaimana dalam surat Yunus ayat 85 -86:

Rabbana la taj'alna fitnatan lil qaumidz dzalimina wanajjina birahmatika minal qaumil kafirin.

Artinya: "Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sebagai sasaran penganiayaan oleh kaum yang berlaku dzalim. Wahai Tuhan, selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari siksaan kaum yang kafir." (QS. Yunus: 85-86).

5 dari 5 halaman

Doa Selamat Dunia Akhirat Lainnya

Doa Selamat dari Orang Zalim

Berikut doa selamat dari orang zalim, yaitu:

Robbi najjinii minal qoumidh dholimiin.

Artinya: "Ya Allah, selamatkanlah dan lindungilah aku dari orang-orang yang zalim itu."

 

Doa Pendek Memohon Keselamatan Lainnya

Ada pula doa selamat dunia akhirat lainnya yang cukup pendek, sehingga bisa kamu hafalkan dengan mudah:

Allahumma innii a-'uudzubika min jahdil balaa-i, wa darakisy syaqaa-i, wa suu-il qadhaa-i, wa syamaatatil a'daa-i.

Artinya:"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari susahnya bala (bencana), hinanya kesengsaraan, keburukan qadha' (takdir), dan kegembiraan para musuh." (HR. Al-Bukhari no. 6347, 6616 dan Muslim no. 2707)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.