Sukses

Bacaan Doa Sholat Hajat Arab, Latin, dan Artinya

Tujuan dari membaca bacaan doa sholat hajat adalah memohon rida Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Memahami sholat hajat adalah ibadah sholat sunnah yang dikerjakan apabila seorang muslim memiliki hajat dan ingin hajat tersebut dikabulkan. Memohon sebuah keinginan saat melaksanakan sholat hajat adalah biasanya untuk meminta sukses dalam hal karier, jodoh, ataupun perlindungan dan lain sebagainya.

Dalam buku Fiqih Empat Mazhab oleh Syaikh Abdurrahman Al Juzairi menjelaskan dianjurkan bagi setiap muslim yang memiliki kebutuhan yang syar’i untuk melakukan sholat hajat.

Selain menunaikan sholat, yang tidak kalah penting dilakukan adalah membaca bacaan doa sholat hajat. Apa tujuannya? Tujuan dari membaca bacaan doa sholat hajat adalah memohon agar hajat atau keinginan diridai Allah SWT dan segera dikabulkan.

Berikut Liputan6.com ulas bacaan doa sholat hajat Arab, latin, dan artinya lengkap tata cara menunaikan, Selasa (26/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Sholat Hajat Arab, Latin, dan Artinya

Memahami sholat hajat adalah ibadah sholat sunnah yang dikerjakan apabila seorang muslim memiliki hajat dan ingin hajat tersebut dikabulkan. Sholat hajat adalah dikerjakan dua rakaat sampai 12 rakaat.

Memohon sebuah keinginan saat melaksanakan sholat hajat adalah biasanya untuk meminta sukses dalam hal karier, jodoh, ataupun perlindungan dan lain sebagainya.

Dalam hadis pun dijelaskan mengenai sholat hajat, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang berwudu dan sempurna wudunya, kemudian sholat dua rakaat (shalat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR. Ahmad)

Berdasarkan hadis tersebut, Rasulullah Shallallahu ‘allaihi wasallam mengajarkan bahwa kita senantiasa untuk meminta kepada Allah SWT melalui sholat. Terutama, bila sedang dalam kondisi memilliki hajat.

Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam bukunya Fiqih Empat Mazhab menganjurkan bagi setiap muslim yang memiliki kebutuhan yang syar’i untuk melakukan sholat hajat.

Selain menunaikan ibadah sholat hajat, yang tidak kalah penting dilakukan adalah membaca bacaan doa sholat hajat. Tujuan dari membaca bacaan doa sholat hajat adalah memohon agar hajat atau keinginan diridai Allah SWT dan segera dikabulkan.

Bagaimana bacaan doa sholat hajat Arab, latin, dan artinya? Ini penjelasannya:

 

1. Bacaan Doa Sholat Hajat Arab

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

2. Bacaan Doa Sholat Hajat Latin

Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil'arsyil-'adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin. As'aluka muujibaati rahmatika wa 'azaa'ima magfiratika wal -'ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada' lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

3. Arti Bacaan Doa Sholat Hajat

"Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang."

 

Memahami sebelum membaca bacaan doa sholat hajat sangat dianjurkan untuk merendahkan diri dihadapan Allah SWT dengan membaca "Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil 'aliiyil 'adzim" sebanyak 10 kali.

Kemudian sebelum membaca bacaan doa sholat hajat adalah membaca “Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad” yang dibaca sebanyak 10 kali dan membaca doa keselamatan dunia dan akhirat “Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil'akhirati hasanah wa qinaa 'adzaaban nar."

3 dari 3 halaman

Tata Cara Sholat Hajat

Sayyid Sabiq dalam buku berjudul Fiqih Sunnah menyebuatkan soal sholat hajat yang mengutip dari hadis shahih dari Abu Darda radhiyallahu’anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua raka'at dengan sempurna maka Allah Ta'ala memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat." (HR. Ahmad)

Dari hadis di atas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam mengajarkan pada kita untuk senantiasa meminta kepada Allah SWT melalui wasilah sholat apabila dalam kondisi mempunyai hajat.

Bagaimana tata cara melaksanakan sholat hajat?

Tidak ada waktu khusus untuk mengerjakan sholat hajat. Sholat hajat bisa dilakukan di siang atau malam hari, selagi tidak dalam waktu yang terlarang.

Waktu terlarang yang dimaksudkan adalah setelah subuh sampai terbit matahari, setelah ashar, dan lainnya. Meski tidak terbatas oleh waktu, namun waktu yang mustajab untuk melaksanakan sholat hajat adalah pada malam hari, terutama di sepertengah atau sepertiga malam.

Menurut Madzhab Maliki, niat sholat hajat tidak dilafalkan, karena tidak ada contoh dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Berikut niat dan tata cara sholat hajat yang mustajab:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii Sunnatal Haajati Rok’ataini Lillahi Ta’aalaa

Artinya: Aku berniat sholathajat sunah hajat dua raka'at karena Allah Ta’ala

Secara ringkas, tata cara sholat hajat adalah sebagai berikut:

1. Niat sholat hajat

2. Takhbiraatul ikhram (berdiri bagi yang mampu)

3. Membaca doa Iftitah

4. Membaca surat Al-Fatihah

5. Membaca salah satu surat dari Alquran. Mengenai bacaan surat Alquran sebenarnya bisa surat mana saja. Tapi lebih diutamakan jika pada raka'at pertama Surat Al-Karifuun sebanyak 3 kali.

6. Ruku’ dengan tuma’ninah

7. I’tidal dengan tuma’ninah

8. Sujud dengan tuma’ninah

9. Duduk di antara 2 sujud dengan tuma’ninah

10. Sujud kedua dengan tuma’ninah

11. Berdiri untuk melaksanakan raka’at kedua

12. Membaca surat Al-Fatihah

13. Membaca salah satu surat dari Alquran. Mengenai bacaan surat Alquran sebenarnya bisa surat mana saja. Tapi lebih diutamakan jika pada raka'at kedua Surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali.

14. Ruku’ dengan tuma’ninah

15. I’tidal dengan tuma’ninah

16. Sujud dengan tuma’ninah

17. Duduk di antara 2 sujud dengan tuma’ninah

18. Sujud kedua dengan tuma’ninah

19. Tahiyyat akhir dengan tuma’ninah

20. Salam

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.