Sukses

Mean Adalah Rata-Rata, Begini Contoh Cara Menghitungnya

Mean adalah rumus penting matematika.

Liputan6.com, Jakarta Mean adalah salah satu rumus penting dalam matematika. Sebutan lain dari mean adalah rata-rata. Mean adalah perhitungan yang dipelajari lebih lanjut dalam ilmu statistik.

Menghitung mean adalah kemampuan dasar matematika. Mean adalah perhitungan yang bisa dihitung dengan rumus sederhana. Biasanya, mean adalah rumus yang digunakan bersama rumus statistik lain seperti modus dan median.

Dalam kehidupan sehari-hari, mean adalah perhitungan yang sering digunakan. Contoh penggunaan mean adalah untuk mengetahui rata-rata penghasilan karyawan di sebuah kantor. Berikut pengertian mean, rumus, dan cara menghitungnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(26/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal mean

Mean adalah rata-rata matematika sederhana dari sekumpulan dua atau lebih bilangan. Mean menunjukkan distribusi nilai yang sama untuk kumpulan data tertentu. Untuk menghitung mean, kamu perlu menambahkan nilai total yang diberikan dalam data dan kemudian membagi jumlahnya dengan jumlah nilai total.

Mean adalah rata-rata aritmatika dari satu set angka yang diberikan. Mean, atau rata-rata, dihitung dengan menjumlahkan skor dan membagi totalnya dengan jumlah skor. Ada beberapa jenis mean, dan metode penghitungan mean bergantung pada hubungan yang diketahui atau diasumsikan mengatur anggota lain.

3 dari 6 halaman

Jenis-jenis mean

Ada tiga jenis nilai mean yang dipelajari dalam statistik. Ini meliputi mean aritmatika, mean, geometris, dan mean harmonik.

Mean aritmatika

Saat kamu menjumlahkan semua nilai dan membaginya dengan jumlah nilai, itu disebut mean aritmetika. Untuk menghitung, cukup jumlahkan semua bilangan yang diberikan lalu bagi dengan banyaknya bilangan yang diberikan.

Mean geometris

Mean geometris adalah rata-rata yang berguna untuk kumpulan bilangan positif, yang diinterpretasikan menurut hasil kali mereka (seperti halnya dengan tingkat pertumbuhan) dan bukan jumlah mereka (seperti halnya dengan mean aritmatika). Mean geometris dari dua bilangan x dan y adalah xy. Jika kamu memiliki tiga bilangan x, y, dan z, rata-rata geometriknya adalah 3xyz.

Mean harmonik

Mean harmonik adalah rata-rata yang berguna untuk kumpulan bilangan yang ditentukan dalam kaitannya dengan beberapa unit, seperti dalam kasus kecepatan yaitu, jarak per unit waktu. Rata-rata harmonik digunakan untuk rasio rata-rata. Untuk dua bilangan x dan y, rata-rata harmoniknya adalah 2xy (x + y). Untuk, tiga angka x, y, dan z, rata-rata harmoniknya adalah 3xyz (xy + xz + yz).

 

4 dari 6 halaman

Rumus mean

Nilai mean adalah nilai yang dapat ditentukan dengan membagi jumlah data dengan banyaknya data. Mean (rataan) dapat dicari dari berbagai jenis data tunggal atau data kelompok. Mean (rataan) dapat dicari dari berbagai jenis data tunggal atau data kelompok.

Rumus mean adalah:

mean = jumlah data : banyak data

Intinya kamu hanya perlu jumlahkan semua angka, lalu bagi dengan banyaknya angka yang ada.

Contoh:

4, 5, 8, 9, 12

mean=(4+5+8+9+12):5= 7.6

Untuk menghitung mean aritmatika dari sekumpulan data, pertama-tama kamu harus menjumlahkan semua nilai data (x) dan kemudian membagi hasilnya dengan jumlah nilai (n). Karena ∑ adalah simbol yang digunakan untuk menunjukkan bahwa nilai-nilai akan dijumlahkan, rumus mean aritmatika (x̄) adalah:

x̄ = ∑x / n

5 dari 6 halaman

Contoh cara mencari mean

Misal dalam satu kelas terdapat 20 siswa dan diperoleh persentase: 88,82,88,85,84,80,81,82,83,85,84,74,75,76,89,90, 89,80,82,83.

Tentukan mean yang diperoleh kelas tersebut.

Jawaban:

Rata-rata = Jumlah persentase yang diperoleh 20 siswa di kelas : Jumlah siswa

Rata-rata = [88 + 82 + 88 + 85 + 84 + 80 + 81 + 82 + 83 + 85 + 84 + 74 + 75 + 76 + 89 + 90 + 89 + 80 + 82 + 83] : 20

Rata-rata = 1660 ; 20 = 83

Contoh lain:

Contoh: Berapakah mean dari 3, 5, 9, 5, 7, 2?

Jawabannya:

mean = jumlah data : banyak data

mean = (3 + 5 + 9 + 5 + 7 + 2) : 6

mean = 31 : 6

mean = 5.16

6 dari 6 halaman

Bentuk statistik lainnya

Median

Median adalah nilai tengah setelah data diurutkan. Median adalah suatu nilai yang membagi data menjadi dua bagian yang sama banyaknya setelah data tersebut diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar. Median kadang-kadang digunakan sebagai kebalikan dari mean ketika ada pencilan dalam urutan yang mungkin mendistorsi rata-rata nilai. Median dapat digunakan untuk menentukan perkiraan rata-rata, atau rata-rata, tetapi tidak bisa disamakan dengan mean.

Untuk mencari median, data harus disusun dari yang terkecil hingga yang terbesar. Untuk menentukan nilai median dalam urutan angka, angka-angka tersebut harus terlebih dahulu diurutkan, atau diatur, dalam urutan nilai dari terendah ke tertinggi atau tertinggi ke terendah.

Modus

Dalam ilmu statistika, modus adalah nilai yang paling banyak muncul. Modus seringkali dihitung bersama mean dan median. Modus adalah data yang mempunyai frekuensi terbesar. Modus dapat digunakan untuk menentukan sampel dari suatu populasi dalam statistika. Perhitungan modus dapat diterapkan pada data numerik maupun data kategoris.

Cara menghitung modus adalah mengurutkan nilai sebuah data dari rendah ke tinggi. Nilai yang paling banyak disebut merupakan modus dari data tersebut. Contoh sederhana dari fungsi modus sehari-hari adalah untuk mengetahui mayoritas nilai ulangan sebuah mata pelajaran yang diperoleh oleh siswa dalam suatu kelas. Modus merupakan nilai data yang paling sering muncul atau nilai data yang punya frekuensi terbesar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.