Sukses

Elon Musk Beli Twitter Senilai Rp635 Triliun, Ini 5 Sumber Kekayaannya

CEO Tesla, Elon Musk, beli 100 persen saham Twitter.

Liputan6.com, Jakarta Nama Elon Musk mendadak ramai diperbincangkan di dunia maya. Dirinya diketahui telah mengakuisisi dan membeli aplikasi media sosial Twitter, seharga USD 44 miliar atau sekitar Rp635 triliun.

Pria kelahiran 1971 itu memang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia. Ia merupakan miliarder yang pertama kali mengumpulkan kekayaannya sebagai pendiri PayPal pada 1999. Namun EBay kemudian membeli PayPal pada 2002 silam seharga USD 1,5 miliar.

Dari penjaulan Paypal, Musk dilaporkan mengumpulkan USD 180 juta dari kesepakatan itu dikutip dari Majalah Time. Setelah penjualan PayPal, Elon Musk mendirikan SpaceX yang bermitra dengan NASA dalam misi luar angkasa.

Memiliki berbagai bisnis, tak heran jika Elon Musk masuk dalam deretan orang terkaya hingga bisa membeli Twitter. Berikut 5 sumber kekayaannya yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (26/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. CEO Tesla

Sumber kekayaan pertama yang dimiliki oleh Elon Musk adalah dari jabatannya sebagai pemilik saham sekaligus CEO di perusahaan mobil listrik Tesla.

Belakangan mobil listrik itu memang menjadi incaran banyak orang. Kini Tesla telah menjadi perusahaan otomotif terbesar di dunia. Bahkan kekayaannya dikabarkan naik tiga kali lipat dan ia memegang saham sebesar 17%.

3 dari 6 halaman

2. SpaceX, Perusahaan Pesawat Luar Angkasa

Pundi-pundi kekayaan yang ia dapatkan juga berasal dari perusahaan pesawat luar angkasa SpaceX. Di sumber kekayaan yang kedua ini, Elon Musk memiliki sekitar 48% saham.

Tujuan utama miliarder berusia 50 tahun itu dengan SpaceX adalah menjadikan manusia dapat hidup "multi-planet" dengan menjajah Mars. Proyeknya yang lain yaitu berupaya mengintegrasikan komputer ke dalam otak manusia.

4 dari 6 halaman

3. Jasa Konstruksi Infrastruktur

Selama lima tahun terakhir, Elon Musk juga mempunyai dua bisnis perusahaan di bidang jasa konstruksi infrastruktur dan terowongan. Ayah dari X Æ A-Xii itu memiliki bisnis Neuralink Corporation, yakni perusahaan neuroteknologi yang mengembangkan implantable brain–machine interfaces.

5 dari 6 halaman

4. Bisnis Zip dan Perbankan Online PayPal

Elon Musk bersama sang adik, Kimbal, mendirikan bisnis direktori online yang diberi nama Zip setelah lulus dari jurusan fisika dan bisnis di University of Pensylvania pada 1995. Namun pada 1999, kakak beradik ini menjual perusahaan tersebut seharga USD307 juta. 

Setelah menjual Zip, Elon Musk masuk ke industri perbankan online. Ia dan pengusaha kontroversial Peter Thiel mendirikan perusahaan yang sekarang dikenal dengan nama PayPal. Pada 2009, PayPal dibeli oleh eBay dan Elon Musk berhasil mengantongi uang hingga USD180 juta.

6 dari 6 halaman

5. Twitter

Sebelum membeli Twitter, Elon Musk kerap menjadi sorotan para warganet di platform tersebut. Ia penah menulis cuitan 'I Love Twitter' pada 2017 lalu yang kini menjadi viral.

Elon Musk membeli aplikasi media sosial Twitter, seharga USD44 miliar atau sekitar Rp635 triliun. Meski gelontorkan biaya yang tak sedikit, Twitter diyakini bisa menjadi sumber pendapatan baru pria yang dibesarkan di Pretoria, salah satu dari tiga ibu kota Afrika Selatan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.