Sukses

Nolep Adalah No Life, Ketahui Penggunaanya dalam Bahasa Gaul

Liputan6.com, Jakarta Nolep adalah salah satu bahasa gaul yang sering digunakan anak muda masa kini. Istilah ini sering diucapkan dalam percakapan sehari-hari. Kini, nolep adalah kata gaul yang sangat populer.

Dalam penggunannya, nolep adalah istilah yang mendeskripsikan kondisi kehidupan seseorang. Sebenarnya, nolep adalah pleseten dari sebuah frasa bahasa Inggris. Nolep adalah bentuk bahasa slang sehari-hari.

Anak-anak muda kerap menggunakan ungkapan nolep ketika berkomunikasi dengan teman sebayanya. Nolep adalah istilah yang menggambarkan sifat seseorang. Mengetahui arti nolep adalah salah satu cara memperbanyak kosakata bahasa kekinian saat ini. Berikut penjelasan tentang apa itu nolep, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(27/4/2022).

2 dari 5 halaman

Arti nolep

Nolep adalah pleseten dari frasa 'No life'. Arti nolep adalah tanpa kehidupan atau tidak punya kehidupan. Nolep bisa diartikan sebagai orang yang tidak memiliki kehidupan sosial.

Orang yang disebut nolep adalah orang yang asik sendiri dengan dunianya dan merasa tidak perlu orang lain di sekelilingnya. Bahkan nolep juga terkesan seperti tidak memiliki keinginan untuk punya masa depan.

Nolep berarti seseorang tidak menghabiskan waktu mereka untuk melakukan sesuatu yang penting atau berkesan. Orang yang nolep menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah sepanjang hari.

3 dari 5 halaman

Tanda orang nolep

Melansir Thought Catalog, ada beberapa tanda seseorang tidak memiliki kehidupan atau nolep. Tanda ini meliputi:

- Ketika seseorang bertanya apa yang kamu lakukan, kamu kosong dan mencoba mengingat apakah sesuatu yang penting telah terjadi dalam enam bulan terakhir, dan kamu tidak dapat menemukan yang berarti. Kamu berpikir sangat keras dan kemudian tidak menghasilkan apa-apa.

- Gagasanmu tentang waktu yang menyenangkan adalah mengabaikan panggilan telepon orang dan menggunakan internet sebagai gantinya.

- Sorotan harimu adalah tontonan lengkap dari acara TV/serial yang belum ditonton dan makanan yang dibawa pulang. Kamu memberi tahu orang-orang bahwa tidak perlu banyak hal untuk membuatmu bahagia tetapi kamu lalai menyebutkan bahwa itu karena tidak banyak yang terjadi dalam hidupmu.

- Kadang-kadang kamu dengan sungguh-sungguh bertanya-tanya apakah kamu punya teman dan jika ya, ke mana mereka pergi? kamu memindai otak untuk mencari orang untuk bergaul dan tidak dapat memikirkan siapa pun.

- Kamu terus-menerus merasa iri saat melihat feed Instagram dan Twitter orang. Apakah semua orang di dunia bersenang-senang lebih darimu? Jawaban: Tidak, mereka hanya lebih pandai berpura-pura.

- Kamu tidak dapat mengingat kapan terakhir kali melakukan sesuatu yang membuat takut atau menempatkan diri di sana sehingga kamu bisa terluka. kamu memiliki cangkang pelindung sehingga orang tidak dapat menyebabkanmu sakit lagi. Namun, kamu menyadari bahwa dengan melindungi diri dari rasa sakit, kamu juga menutup diri dari cinta. Keduanya berjalan beriringan jelas. Tidak dapat memiliki ekstasi tanpa penderitaan.

4 dari 5 halaman

Bahasa gaul lainnya

Prik

Prik merupakan bentuk plesetan dari freak yang artinya orang aneh. Prik dalam bahasa gaul digunakan untuk menyebut orang yang berperilaku aneh. Arti lain dari prik adalah jijik atau kotor. Bocah prik berarti bocah kotor.

Prenjon

Prenjon adalah plesetan dari friendzone yang artinya zona teman. Prenjon digambarkan sebagai hubungan pertemanan antara laki-laki dan perempuan yang sebenarnya ada cinta di antaranya.

Bestie

Bestie berasal dari bahasa Inggris best friend yang artinya teman dekat. Bahasa gaul ini juga sering digunakan dalam slang internasional dengan arti yang sama.

Kuproy

Kuproy kerap disandingkan bersama Jamet menjadi Jamet Kuproy. Kuproy adalah kependekan dari 'kuli proyek'. Keduanya memiliki arti “Jajal Metal Kuli Proyek”.

Tentu saja istilah gaul ini muncul untuk disematkan pada sosok metal dari segi jiwa dan penampilannya. Istilah tambahan Kuproy sebenarnya lebih merujuk pada penampilan. Sosok metal selalu berpenampilan seadanya seperti “Kuli Proyek”. Bedanya, Jamet Kuproy memang disengaja dan dijadikan sebagai style. Sementara Kuli Proyek yang sebenarnya menggunakan baju seadanya karena tuntutan pekerjaan saja.

Hyung

Hyung sebenarnya adalah panggilan dari laki-laki untuk laki-laki yang berusia lebih tua di Korea Selatan. Dalam bahasa gaul, hyung digunakan untuk memanggil seseorang. Tak hanya dari laki-laki ke laki-laki, hyung dalam bahasa gaul digunakan untuk panggilan pada siapa saja lawan bicaranya baik laki-laki atau perempuan.

Bengek

Bengek dalam bahasa gaul diartikan sebagai tertawa terbahak-bahak hingga sulit bernapas (bengek). Bengek dijadikan kiasan untuk mengekspresikan sesuatu yang sangat menggelikan hingga membuat tertawa.

5 dari 5 halaman

Bahasa gaul lainnya

Bucin

Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

Baper

Baper adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Bawa Perasaan. Istilah gaul ini merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain. Orang yang baper sering menggunakan emosi di tiap momen yang ia lalui.

Mager

Mager adalah istilah gaul yang merupakan singkatan dari 'Males gerak.' Mager bahkan sudah masuk dalam KBBI, lho. Menurut KBBI mager berarti malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apapun.

Julid

Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian lagi yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

Pansos

Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

Halu

Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi. Halu atau halusinasi adalah pengalaman sensorik yang tampak nyata, namun hal tersebut diciptakan oleh pikiran. Halu dalam bahasa gaul bisa menggambarkan seseorang yang berpikir atau berkata terlalu tinggi tapi tak bisa dibuktikan kebenarannya.