Sukses

Non Fiksi Adalah Cerita Berdasar Fakta, Ketahui Jenisnya

Non Fiksi adalah jenis tulisan yang populer.

Liputan6.com, Jakarta Non Fiksi adalah salah satu jenis tulisan yang populer. Buku-buku non fiksi secara rutin menempati urutan teratas daftar buku terlaris. Non fiksi adalah buku yang dikonsumsi oleh semua orang mulai dari akademisi, penghobi, hingga profesional.

Non fiksi adalah lawan dari cerita fiksi. Perbedaan antara fiksi dan nonfiksi adalah fiksi tidak selalu mendasarkan ceritanya pada fakta. Non fiksi adalah karya yang terdiri dari karya-karya tertulis berdasarkan peristiwa nyata.

Ada beberapa ciri penting dari semua karya non fiksi. Penulisan non fiksi harus melibatkan orang, tempat, dan peristiwa nyata. Karya non fiksi adalah karya yang bisa berupa sejarah, biografi, panduan, buku teks, filsafat, dan banyak lagi. Non fiksi adalah kategori sastra yang paling luas.

Berikut penjelasan mengenai non fiksi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(27/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti non fiksi

Menurut KBBI, non fiksi adalah karya sastra, karangan, dan sebagainya yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan. Saat membaca non fiksi, kamu membaca tentang sesuatu yang benar-benar terjadi. Ia bukan cerita yang dibuat-buat oleh seseorang.

Penulisan nonfiksi dapat didasarkan pada sejarah dan biografi, dapat bersifat instruksional, dapat menawarkan komentar dan humor, dan dapat merenungkan pertanyaan-pertanyaan filosofis. Isi dari cerita non fiksi berakar pada peristiwa nyata.

Non fiksi adalah karya sastra yang, terlepas dari subjeknya, memiliki tujuan sederhana: memberikan informasi. Penulisan non fiksi dapat mengambil banyak bentuk, termasuk biografi, buku sejarah, dan panduan perjalanan.

3 dari 5 halaman

Jenis non fiksi

Sejarah

Sejarah dalam non fiksi adalah genre penulisan yang menggambarkan peristiwa dan era sejarah yang sebenarnya. Buku-buku sejarah merinci situasi politik dan sosial, menggunakan sumber primer dan sekunder untuk membantu pembaca memahami warisan dan penyebabnya.

Biografi, otobiografi, dan memoar

Bentuk non fiksi ni berfokus pada kisah hidup subjek tertentu. Biografi ditulis sebagai orang ketiga tentang orang lain selain penulis. Autobiografi dan memoar ditulis oleh subjek itu sendiri. Sementara otobiografi dan memoar, karena kebutuhan, ditulis oleh seseorang yang saat ini masih hidup pada saat penulisan, biografi dapat menggambarkan subjek baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

Filsafat

Filsafat non fiksi menganalisis konsep-konsep seperti etika dan kebebasan dan mengajak pembaca untuk memikirkannya. Ini juga menjelaskan paradigma filosofis kepada pemula yang ingin mempelajarinya serta para ahli tentang topik tersebut.

Agama dan spiritualitas

Non fiksi agama dan spiritualitas mengambil banyak bentuk. Beberapa buku menggambarkan pengalaman pribadi penulis, beberapa berbasis teori dan yang lainnya adalah buku self-help bagi pembaca yang ingin menumbuhkan spiritualitas mereka. Buku-buku agama sering kali berfokus pada sistem kepercayaan tertentu.

Teks akademik

Teks akademik dirancang untuk menginstruksikan pembaca tentang topik tertentu. Bentuk ini kerap ditemukan dalam bentuk buku pelajaran siswa. Teks akademik juga digunakan oleh orang dewasa yang ingin mempelajari keahlian tertentu, seperti perbaikan mobil atau aransemen musik.

4 dari 5 halaman

Jenis non fiksi

Jurnalisme

Jurnalisme adalah subgenre nonfiksi yang luas dan mencakup banyak media. Jurnalisme paling sering dikonsumsi dalam bentuk surat kabar dan majalah, bersama dengan jurnal bulanan, laporan berita TV, dan banyak lagi. Jurnalisme melaporkan peristiwa nyata yang biasanya, tetapi tidak selalu, memiliki relevansi dengan audiens kontemporer. Jurnalisme juga bisa berbentuk buku.

Bantuan diri dan instruksi

Buku self-help adalah beberapa buku terlaris di dunia nonfiksi. Banyak dari buku-buku ini berkaitan dengan kesuksesan bisnis, meningkatkan kepercayaan diri, tetap teratur, nasihat hubungan, diet, dan manajemen keuangan.

Sains

Buku sains menjelaskan penelitian akademis dan mungkin menyertakan informasi teknis. Penulisan nonfiksi sains terorganisir dengan baik dan mengikuti konvensi akademik seperti pengindeksan dan referensi. Ini juga mencakup lampiran bukti ilmiah untuk mendukung pernyataan penulis dan meningkatkan pengetahuan pembaca.

Politik dan ilmu sosial

Buku-buku ilmu politik dan sosial menganalisis dan mengomentari atribut atau struktur tertentu dalam masyarakat. Beberapa penulis genre ini mendasarkan tulisan mereka pada makalah akademis, dan yang lain menggunakan bukti anekdot. Contoh topik ilmu sosial termasuk antropologi, sosiologi, komunikasi dan arkeologi.

Esai

Esai sering bersifat pribadi dan introspektif. Buku esai mengumpulkan beberapa tulisan dari penulis yang sama atau beberapa penulis di bawah satu tema. Penulis esai sering memiliki pengalaman pribadi dengan atau otoritas pada subjek.

5 dari 5 halaman

Jenis non fiksi

Bisnis dan ekonomi

Buku bisnis sering menjadi panduan tentang manajemen dan kewirausahaan. Penulis genre ini memiliki pengalaman di pasar atau industri dan berbagi tip mereka dengan pembaca. Buku-buku ekonomi menjelaskan topik-topik seperti pergerakan pasar saham, penetapan harga konsumen, dan suku bunga untuk membantu pembaca memahami cara kerja ekonomi.

Kesehatan

Buku-buku kesehatan dan kebugaran mencakup topik-topik seperti manajemen stres, kebiasaan tidur, atau diet. Mereka dapat mengatasi kesehatan fisik, mental atau spiritual. Penulis nonfiksi kesehatan dan kebugaran sering kali adalah dokter dan peneliti dengan pengetahuan teknis.

Panduan perjalanan

Panduan perjalanan membantu wisatawan dan pelancong mempersiapkan dan menemukan daerah baru dengan menjelaskan tempat untuk dikunjungi, bahasa, dan harga. Panduan perjalanan sering kali menyertakan informasi budaya dan sejarah. Penulis yang membuat panduan perjalanan mungkin fokus pada tema perjalanan seperti relaksasi, petualangan, atau pengalaman kuliner.

Non fiksi anak

Tulisan nonfiksi anak-anak menjelaskan topik kepada audiens muda menggunakan gambar, bab, dan cerita. Buku-buku ini mungkin mencakup topik biografi, sejarah atau ilmiah. Penulis nonfiksi anak-anak sering bermitra dengan ilustrator untuk membuat gambar untuk buku mereka yang menarik perhatian pembaca muda.

Humor

Non fiksi humor termasuk memoar pembawa acara talk show dan komedian serta buku-buku dari jurnalis atau penulis esai. Buku-buku ini menyampaikan komentar sosial dan membahas masalah yang sering diabaikan orang dengan humor. Penulis buku humor bertujuan untuk menghibur pembaca.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.