Sukses

Norma Adalah Aturan Umum, Kenali Fungsi, Tujuan, dan Macamnya

Norma adalah subjek yang dipelajari dalam sosiologi.

Liputan6.com, Jakarta Norma adalah kebiasaan yang mengiringi kehidupan masyarakat. Peran norma adalah menjadi pemandu perilaku seseorang dalam kelompok. Norma adalah fakta sosial dalam masyarakat. 

Norma adalah subjek yang dipelajari dalam sosiologi. Norma adalah konsep dasar dalam ilmu-ilmu sosial. Norma adalah apa yang paling terlihat ketika tidak diikuti. Mereka tetap stabil karena kebanyakan orang diajari untuk mengikuti mereka dan setuju untuk melakukannya dengan sukarela.

Biasanya, norma adalah aturan tidak tertulis tentang keyakinan, sikap, dan perilaku yang dianggap dapat diterima dalam kelompok sosial. Berikut pengertian tentang norma dan jenis-jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(27/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian norma

Menurut KBBI, norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan berterima. Norma adalah aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolok ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu.

Norma diyakini berasal dari bahasa Belanda yaitu 'norm', yang artinya patokan, pedoman, atau pokok kaidah. Beberapa literatur juga mengaitkan norma berasal dari istilah latin yaitu 'mos' yang merupakan bentuk jamak dari kata mores, yang memiliki arti tata kelakuan, adat istiadat, atau kebiasaan. Menurut Sociologydictionary, norma adalah aturan atau harapan yang menentukan dan mengatur perilaku yang sesuai dalam suatu budaya, kelompok, atau masyarakat.

3 dari 6 halaman

Fungsi norma

Melansir Simplypsychology, fungsi norma adalah memberikan ketertiban dalam masyarakat. Sulit untuk melihat bagaimana masyarakat manusia dapat beroperasi tanpa norma-norma sosial. Norma dapat membantu atau menghambat suatu kelompok dalam mencapai tujuannya.

Manusia membutuhkan norma untuk membimbing dan mengarahkan perilaku mereka, untuk memberikan keteraturan dan prediktabilitas dalam hubungan sosial dan untuk memahami dan memahami tindakan satu sama lain. Ini adalah beberapa alasan mengapa kebanyakan orang, sebagian besar waktu, menyesuaikan diri dengan norma-norma sosial. Fungsi norma dan peranannya dalam kehidupan bermasyarakat antara lain:

- sebagai pedoman atau aturan hidup untuk seluruh masyarakat di wilayah tertentu.

- Dapat memberikan keteraturan dam stabilitas dalam kehidupan bermasyarakat.

- Dapat menciptakan suasana yang tertib.

- Fungsi norma yang merupakan wujud konkret terhadap berbagai nilai di masyarakat.

- Mengikat seluruh warga masyarakat, hal ini karena fungsi norma disertai dengan adanya sanksi bagi yang melanggar.

- Merupakan skala atau standar dari seluruh kategori tingkah laku masyarakat.

- Memberikan batasan yaitu berupa larangan atau perintah dalam berperilaku dan bertindak.

- Memaksa individu dalam menyesuaikan dan beradaptasi dengan norma-norma yang berlaku yang ada dalam masyarakat serta menyerap nilai-nilai yang diharapkan.

4 dari 6 halaman

Tujuan norma

Norma menentukan bagaimana membuat keputusan dalam situasi sosial dan memainkan peran penting dalam mempertahankan hubungan kerjasama dan mengkoordinasikan tindakan kolektif. Norma bertujuan menciptakan kenyamanan, kemakmuran, dan kebahagiaan bagi masyarakat. Norma dibentuk agar mampu mengatur perilaku masyarakat agar selaras dengan nilai yang berlaku.

Norma dapat menciptakan keharmonisan hubungan masyarakat. Dengan adanya norma, bisa membantu masyarakat dalam mencapai tujuan dan kesepakatan bersama. Norma juga mampu menciptakan ketentraman bagi masyarakat.

5 dari 6 halaman

Macam-macam norma

Norma agama

Norma agama adalah aturan-aturan hidup yang berupa perintah-perintah dan larangan-larangan, yang oleh pemeluknya diyakini bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Norma Agama mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan yang menjadi keprcayaannya. Ini bisa berupa larangan adan anjuran bagi pemeluknya.

Norma kesusilaan

Norma kesusilaan adalah aturan-aturan hidup tentang tingkah laku yang baik dan buruk. Norma ini digambarkan sebagai 'bisikan' atau suara batin yang berasal dari hati nurani manusia. Norma kesusilaanadalah peraturan hidup yang dianggap sebagai suatu suara hati sanubari manusia. Norma kesusilaan berfungsi mengatur hubungan manusia dalam hidup sosial agar manusia bersusila sesuai dengan tingkah laku yang diinginkan masyarakat.

Norma kesopanan

Norma kesopanan adalah aturan hidup bermasyarakat tentang tingkah laku yang baik dan tidak baik baik, patut dan tidak patut dilakukan, yang berlaku dalam suatu lingkungan masyarakat atau komunitas tertentu. Norma kesopanan mengatur hubungan manusia dngena manusialainnya agar tingkah laku manusia itu teratur dalam hubungan sosial di masyarakat.

Norma hukum

Norma hukum adalah aturan-aturan yang dibuat oleh lembaga negara yang berwenang. Norma hukum bersifat mengikat dn memasksa demi terwujudnya ketertiban masyarakat. Norma hukum dibuat oleh pejabat pemerintahyang memiliki wewenang dengan tertulis serta sistematika tertentu.

6 dari 6 halaman

Macam-macam norma menurut sifatnya

Norma formal

Norma formal adalah ketentuan dan aturan dalam kehidupan bermasyarakat serta dibuat oleh lembaga atau institusi yang sifatnya resmi atau formal. Norma formal mempunyai rasa kepercayaan yang lebih tinggi mengenai kemampuannya untuk mengatur kehidupan bermasyarakat, hal ini karena dibuat oleh lembaga-lembaga yang sifatnya formal atau resmi.

Contoh norma formal adalah norma hukum yang dibuat oleh suatu negara. Ini seperti perintah presiden,konstitusi, peraturan pemerintah, surat keputusan, dan lain sebagainya.

Norma non formal

Norma non formal adalah ketentuan dan aturan dalamkehidupan bermasyarakat yang tidak diketahui tentang siapa dan bagaimana yang menerangkan mengenai norma tersebut. Ciri-ciri dari norma non formal ialah tidak tertulis atau jika tertulis hanya sebagai sebuah karya sastra, bukan dalam bentuk aturan yang baku seperti norma formal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.