Sukses

Niat Sholat Hajat dan Doanya, Lengkap dengan Tata Cara yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Niat sholat hajat perlu kamu kenali saat sedang memiliki suatu keinginan atau hajat. Allah SWT akan mengabulkan keinginan kamu bila memintanya dengan melaksanakan sholat hajat. Hal ini juga merupakan keutamaan sholat hajat yang paling utama, sesuai dengan namanya.

Sholat hajat merupakan satu bentuk ikhtiar agar keinginan kita dikabulkan oleh Allah SWT. Entah itu keinginan yang berkaitan dengan rezeki, jodoh, atau perlindungan dari perkara-perkara mudarat. Sehubungan dengan sholat hajat, Rasulullah SAW pernah bersabda sebagai berikut:

"Siapa yang berwudu dan sempurna wudunya, kemudian sholat dua rakaat (sholat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang dia pinta cepat atau lambat." (HR.Ahmad)

Niat sholat hajat beserta tata caranya tentu harus dipraktikkan dengan benar agar keinginan kamu terkabul. Meminta sesuatu kepada Allah SWT bukan sesuatu yang dilarang, asalkan hajat tersebut diminta dengan cara yang sesuai syariat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/4/2022) tentang niat sholat hajat.

2 dari 5 halaman

Waktu dan Jumlah Rakaat Sholat Hajat

Sebelum mengenali niat sholat hajat beserta tata caranya, tentunya kamu harus memahami terlebih dahulu tentang waktu pelaksanaannya dan jumlah rakaatnya. Sholat hajat hendaknya dilakukan sebanyak 2 hingga 12 rakaat. Setiap 2 rakaat harus disertai dengan salam.

Pengerjaannya bisa dilakukan kapan saja, kecuali di waktu-waktu yang dilarang melakukan ibadah sholat. Waktu yang dilarang tersebut adalah

- Selepas sholat subuh hingga matahari terbit

- Selepas waktu ashar hingga matahari terbenam

Waktu terbaik untuk melakukan sholat hajat adalah malam hari, terutama di sepertiga bagian terakhir malam.

3 dari 5 halaman

Niat Sholat Hajat

Niat sholat hajat merupakan elemen yang sangat penting kamu lafalkan. Kamu bisa mengucapkan niat sholat hajat ini dengan suara pelan atau di dalam hati saja. Berikut ini adalah niat sholat hajat:

Ushollii sunnatal haajati rok’ataini lillahi ta’aalaa

Yang artinya: Aku berniat sholat sunah hajat dua raka'at karena Allah Ta’ala

4 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Hajat

Setelah mengetahui niat sholat hajat, maka kamu sudah bisa menjalankan tata cara sholat hajat. Sebenarnya, dalam pelaksanaan sholat hajat, tidak ada perbedaan jauh dengan sholat pada umumnya. Berikut tata cara sholat hajat yang bisa kamu terapkan:

1. Niat sholat hajat

2. Membaca doa Iftitah dan Al-fatihah

3. Membaca surat pendek (Dianjurkan untuk membaca surat Ikhlas atau surat Al-Kafirun sebanyak 3 kali pada rakaat pertama. Sedangkan pada rakaat kedua, kamu bisa membaca ayat kursi.)

4. Ruku dengan tuma’ninah

5. I’tidal dengan tuma’ninah

6. Sujud dengan bacaan tuma’ninah

7. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah

8. Sujud kedua dengan tuma’ninah

9. Melakukan Raka’at kedua

10. Salam. Bila ingin melanjutkan sholat hajat, kamu bisa kembali berdiri setelah salam.

Setelah melakukan tata cara sholat hajat di atas, kamu bisa melanjutkannya dengan berdoa pada Allah SWT. Selain itu, setelah salam dan sebelum berdoa, kamu lebih baik melakukan sujud untuk merendahkan diri pada Allah SWT. Dalam sujud, kamu bisa membaca:

“Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim” sebanyak 10 kali.

Setelah itu, dilanjutkan dengan membaca:

“Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad waalaa ali sayyidina Muhammad” sebanyak 10 kali juga.

Terakhir kamu bisa menutup sujud dengan doa keselamatan dunia dan akhirat yang berbunyi:

“Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil’akhirati hasanah wa qinaa ‘adzaaban nar”

5 dari 5 halaman

Doa Sholat Hajat

Selain mengenali niat sholat hajat, kamu juga perlu mengetahui doa-doa yang dibaca. Berikut beberapa bacaan doa setelah sholat hajat:

1. Membaca Al-Fatihah kepada Rasulullah dan keluarganya, para sahabat, para ulama, para guru, orang tua dan semua umat muslim.

2. Setelah itu membaca Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, Surat An-Naas dan Ayat Kursi. Surat-surat ini dibaca sebanyak 3 kali masing-masingnya.

3. Membaca doa sholat hajat.

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin

Artinya: "Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang."

4. Setelah membaca doa sholat hajat ini, barulah kamu menyampaikan apa yang kamu inginkan dan harapkan kepada Allah SWT. Semoga amal ibadah kita selalu diterima oleh Allah SWT.