Sukses

Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha Arab, Latin, dan Artinya

Liputan6.com, Jakarta Tata cara sholat dhuha adalah paling sedikit dikerjakan dengan dua rakaat dan lebih banyak dengan kelipatan yang sama. Lalu apa pentingnya membaca bacaan sholat dhuha? 

Waktu dhuha untuk sholat dhuha adalah waktu yang tepat untuk memohon ampunan karena doa hamba dengan bacaan doa sesudah sholat dhuha yang menunaikannya pasti diijabah oleh-Nya.

Keutamaan membaca bacaan doa sesudah sholat dhuha menurut hadis ini ditegaskan dari Abu Hurairah ra, di mana Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan.” (HR. Tirmidzi)

Bagaimana bacaan doa sesudah sholat dhuha yang dianjurkan? Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam bacaan doa sesudah sholat dhuha Arab, latin, dan artinya serta keutamaan menunaikannya, Kamis (28/4/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha Arab, Latin, dan Artinya

Memahami sholat dhuha adalah ibadah sunnah yang dikerjakan pada awal waktu setelah 20 menit matahari terbit dan akhir waktu di seperempat siang.

Tata cara sholat dhuha adalah paling sedikit dikerjakan dengan dua rakaat dan lebih banyak dengan kelipatan yang sama. Selain perlu memahami tata cara sholat dhuha, pahami juga bacaan doa sesudah sholat dhuha.

Apalagi waktu dhuha untuk sholat dhuha adalah waktu yang tepat untuk memohon ampunan karena doa hamba dengan bacaan doa sesudah sholat dhuha yang menunaikannya pasti diijabah oleh-Nya.

Keutamaan membaca bacaan doa sesudah sholat dhuha menurut hadis ini ditegaskan dari Abu Hurairah ra, di mana Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan.” (HR. Tirmidzi)

Bagaimana bacaan doa sesudah sholat dhuha yang dianjurkan? Ini pemaparan bacaan doa sesudah sholat dhuha Arab, latin, dan artinya dari buku berjudul Panduan Shalat Praktis dan Lengkap oleh Ustadz Syaifurrahman El-Fati:

 

1. Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha Arab

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

2. Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha Latin

Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka walbahaa-a bahaa-uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quw watuka wal qudrata qudratuka wal 'ishmatta 'ishmatuk. Allaahumma in kaana rizqii fissamaa-i fa anzilhu wa in kaanafil ardhi fa-akhrijhu wa in kaana mu'assaran fayas sirhu wa in kaana haraaman fathahhirhu wa in kaana ba'iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa quuwatika wa qudratika aatinii maa aataita 'ibaadakash shalihiin.

3. Arti Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha

"Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh."

 

3 dari 4 halaman

Keutamaan Sholat Dhuha dalam Islam

Apa saja keutamaan sholat dhuha menurut hadis yang sahih? Keutamaan sholat dhuha menurut hadis ada sepuluh. Sholat dhuha adalah bagian dari sedekah terbaik, membawa kecukupan rezeki, hingga dijanjikan pintu surga-Nya. Ini penjelasannya:

1. Sholat Dhuha adalah Sedekah Terbaik

Keutamaan sholat dhuha menurut hadis yang pertama adalah sama dengan sedekah terbaik. Mengapa bisa demikian? Dijelaskan, keutamaan sholat dhuha menurut hadis barang hanya dua rakaat, seorang muslim dianggap telah melakukan sedekah dengan nilai yang besar.

Keutamaan sholat dhuha menurut hadis ini ditegaskan sebagai berikut:

"Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat." (HR Muslim)

2. Sholat Dhuha adalah Membawa Kecukupan Rezeki

Keutamaan sholat dhuha menurut hadis yang kedua adalah akan selalu membawa kecukupan rezeki bagi yang rutin menunaikannya. Mengapa bisa demikian?

Dijelaskan, keutamaan sholat dhuha menurut hadis barang siapa melaksanakan sholat dhuha empat rakaat, niscaya Allah SWT akan mencukupkan rezekinya.

Adanya keutamaan sholat dhuha menurut hadis ini ditegaskan sebagai berikut:

 “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Wahai Anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang (sholat dhuha), nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya (sore hari).” (HR Daud, Ahmad, Tirmidz).

3. Sholat Dhuha adalah Waktu Tepat Memohon Ampunan

Keutamaan sholat dhuha menurut hadis yang ketiga adalah membantu menggugurkan dosa-dosa karena ini waktu yang tepat untuk memohon ampunan pada-Nya.

Seberapa besar dosa yang akan diampuni oleh Allah SWT sesuai keutamaan sholat dhuha menurut hadis? Dijelaskan, keutamaan sholat dhuha menurut hadis ini diampunkan atas dosa para umat meski sebanyak buih-buih di lautan.

Keutamaan sholat dhuha menurut hadis ini ditegaskan dari Abu Hurairah ra, di mana Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan.” (HR. Tirmidzi)

4. Sholat Dhuha adalah Berpahala Haji dan Umrah

keutamaan sholat dhuha menurut hadis yang keempat adalah mendatangkan pahala yang setara dengan haji dan umrah. Barangsiapa yang melaksanakan sholat dhuha dengan tekun, maka orang tersebut akan mendapatkan pahala setara haji dan umrah yang sempurna.

Apakah keutamaan sholat dhuha menurut hadis benar demikian? Benar, apalagi bila sholat dhuha dilakukan di bulan Ramadhan di mana segala amalan pasti pahalanya akan dilipatgandakan.

Adanya keutamaan sholat dhuha menurut hadis ini ditegaskan dari Anas ra, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi, No 586).

5. Sholat Dhuha adalah Ladang Memperoleh Kuntungan

Keutamaan sholat dhuha menurut hadis yang kelima dalah ladang memperoleh keuntungan. Rasulullah SAW menimbang keuntungan sholat dhuha. Seberapa banyak?

Adanya keutamaan sholat dhuha menurut hadis ini dijelaskan, keuntungan yang diperoleh oleh para pelaksana sholat dhuha berjumlah lebih banyak, dibanding dengan keuntungan yang diperoleh oleh para mujahid perang.

Keutamaan sholat dhuha menurut hadis ini ditegaskan dalam sabda Rasullulah SAW sebagai berikut:

“Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!. Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya).

Lalu Rasulullah saw bersabda; “Maukah kalian aku tunjukan kepada tujuanpaling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah(keuntungan)nya dan cepat kembalinya?

Mereka menjawab: “Ya! Rasul berkata lagi: “Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.”

6. Waktu Paling Ijabah

Keutamaan sholat dhuha menurut hadis yang keenam adalah ini waktu paling diijabah. Mengapa sholat dhuha adalah waktu yang tepat untuk memanjatkan doa?

Dijelaskan, jika pada waktu dhuha disempatkan untuk melakukan sholat dhuha, maka saat itu para malaikat turun ke bumi bertujuan menyaksikan sholatnya kaum mukmin.

Hal tersebut ditegaskan pada wahyu Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 78.

Jika pada waktu dhuha digunakan untuk memohon dan berharap doa, maka malaikat akan menolong mendoakannya agar diterima oleh Allah SWT. Maka bukan tidak mungkin bila doamu dikabulkan oleh Allah SWT.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Sholat Dhuha dalam Islam Selanjutnya

7. Terhindar dari Keburukan

keutamaan sholat dhuha menurut hadis yang ketujuh adalah akan dihindarkan dari banyak keburukan. Melaksanakan sholat dhuha di bulan Ramadhan dan waktu-waktu yang diutamakan akan menghindarkan dari keburukan.

Mengapa bisa demikian? Adanya ikatan yang selalu ditumbuhkan setiap hari dengan Yang Maha Kuasa akan menambah besar iman dan kepercayaan bahwa Allah SWT selalu mengamati setiap perilaku kamu.

Adanya keutamaan sholat dhuha menurut hadis ini dijelaskan sebagai berikut:

“Barangsiapa yang sholat dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

8. Sehatkan Tubuh

Keutamaan sholat dhuha lainnya adalah baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya secara rohani, sholat dhuha pun memiliki manfaat untuk kesehatan jasmani. Sholat di pagi hari menjelang siang dapat melancarkan peredaran darah. Udara pagi yang segar dapat bermanfaat bagi pernapasan dan jantung.

Selain itu, waktu pagi merupakan waktu yang tepat untuk mengerakkan semua otot yang masih kaku supaya badan tetap fit dan peredarah darah menjadi lancar. Rajin sholat dhuha juga membantu menyehatkan persendian dan tulang. Berwudu sebelum sholat juga membantu membuat wajah terlihat awet muda.

9. Wajah Lebih Bercahaya

Keutamaan sholat dhuha yang kesembilan adalah akan membuat wajah orang-orang yang menunaikan lebih bercahaya. Orang yang rajin sholat baik itu sholat fardu maupun sholat sunah akan memiliki wajah yang berseri dan bersinar.

Manfaat ini didukung oleh sejumlah alasan. Pertama, saat sholat, diwajibkan untuk berwudu terlebih dahulu. Berwudu dengan mencuci muka akan membuat wajah terlihat lebih bersih dan terhindar dari kotoran yang menyebabkan wajah kusam.

Kedua, sholat sunah seperti sholat dhuha dapat mencegah stres yang dapat menyebabkan wajah terlihat muram. Sholat dhuha secara rutin dapat menenangkan hati dan pikiran serta terus dekat dengan Allah. Dengan begitu, seseorang jadi tak mudah stres.

10. Dibuatkan Pintu Khusus di Surga

Keutamaan sholat dhuha menurut hadis yang kesepuluh adalah akan dibuatkan pintu khusus di surga-Nya. Pintu yang dinamakan pintu dhuha ini khusus diperuntukkan bagi orang-orang yang tekun dan rutin melaksanakan ibadah sholat dhuha setiap hari semasa hidupnya.

Adanya keutamaan sholat dhuha menurut hadis ini ditegaskan Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya disurga ada slaah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memangil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah." (HR.Thabrani)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.