Sukses

Viral Kandang Ayam Didesain Bak Perumahan, Punya Halaman yang Bersih

Liputan6.com, Jakarta Banyak jenis hewan yang bisa dipelihara di rumah. Umumnya orang akan memelihara hewan seperti kucing atau anjing. Bagi mereka yang punya sedikit lahan kosong, biasanya akan memelihara hewan unggas seperti ayam, bebek, entok, dan lainnya. Lazimnya kandang dibuat dari rangkaian besi ringan atau bambu yang dibuat menjadi bentuk kotak.

Namun ada juga kurungan ayam yang terbuat dari bambu. Tapi kalau kandang hanya berbentuk seperti itu, rasanya terlalu monoton. Kendati demikian, ada pula kandang ayam yang memiliki desain unik. Seperti yang baru-baru ini viral di media sosial.

Pengguna TikTok @tyo00000 membagikan video meperlihatkan kandang ayam yang berbeda dari lainnya. Jika biasanya kandang ayam identik dengan bau dan kotor, dalam video yang diunggah pada Selasa (26/4/2022) itu berkonsep bak sebuah pemukiman.

Setiap seekor ayam dibuatkan kandang berbentuk segitiga untuk berteduh. Ayam yang tinggal di sana pun terlihat tengah berada di sebuah perumahan. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari TikTok @tyo00000, Kamis (28/4/2022).

2 dari 3 halaman

Setiap Ayam Punya Rumah Masing-masing

Tampak kandang ayam tersebut dibangun di tempat terbuka menggunakan asbes yang berbentuk seperti genteng rumah. Kandang ayam yang berbentuk persegi panjang itu sekelilingnya dipagari dengan asbes. Setiap seekor ayam memiliki rumahnya masing-masing.

Uniknya lagi, kandang ayam tersebut memiliki halaman yanv dibatasi dengan rumput hijau antara satu sama lain. Kemudian ayam yang ada di sana kakinya diikat di pipa depan rumah segitiga. Tampak pula di halaman depan setiap kandang ayam ayam ditaruh tempat makan. 

Jadi, ayam di kandang ini tidak akan berebut makanan sebab sudah memiliki masing-masing. Jumlah ayam yang ada di dalam kandang pun tidak banyak. Hal tersebut dilakukan karena menyesuaikan dengan jumlah kandang yang telah dibangun.

3 dari 3 halaman

Banjir Komentar Netizen

Sontak saja penampakan kandang ayam tak biasa ini mencuri perhatian publik. Video tersebut pun telah ditonton lebih 3,5 juta pengguna TikTok. Penampakan kandang ayam bak sebuah perumahan itu banjir komentar warganet. Mereka kagum dengan kebersihan kandang ayam tersebut.

"lucu kandang'y,,kita pengemar ayam," komentar TikTok @mandalaredhakeren 

"lagi ,klw tetangga ku yg pelihara ayam, kotorannya psti diteras rumah ku. tanaman dirumah diacak " klau ini, bersih banget, gak ganggu tetangga,' komentar TikTok @SeLy RahMalain

"Ya Ampyuunn,Ayam aja punya rmh pribadi,ada halaman nya,ada taman nya,sdgkan sy msih kyak hidup di zmn purba,pindah sana pindah sini,ngontrak.," komentar TikTok @Bu Lurah.

"peternakannya luar biasa..... smoga bisa juga sy terapkan," komentar TikTok @Kuwaitat al ainide