Sukses

PAP Adalah Post a Picture, Ketahui Penggunaan dan Istilah Lain dalam Bahasa Gaul

PAP adalah singkatan yang berasal dari bahasa Inggris yakni ‘Post a Picture.

Liputan6.com, Jakarta Istilah PAP kerap kali dibicarakan oleh para generasi anak muda saat ini. PAP adalah sebuah singkatan yang kerap digunakan oleh anak masa kini. Tak hanya diucapkan secara langsung, istilah PAP juga sering kita temui di media sosial.

Sampai saat ini, PAP mungkin masih jadi istilah yang asing bagi sebagian orang, khususnya mereka yang lagi muda dan tidak aktif di media sosial. Pasalnya, penggunaan istilah PAP memang lebih umum dipakai di media sosial. 

Karena istilah PAP sudah menjamur di kalangan masyarakat secara luas, ada baiknya anda juga mengetahui arti PAP dan penggunaannya. Di samping agar tidak ketinggalan zaman, kalian juga perlu tahu arti PAP untuk menghindari kesalahpahaman.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai arti PAP beserta penggunaannya dan istilah lain dalam bahasa gaul yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti PAP

PAP adalah singkatan yang berasal dari bahasa Inggris yakni ‘Post a Picture. Secara harfiah, arti PAP dalam bahasa Indonesia berarti mengunggah sebuah foto. Jadi, arti PAP adalah permintaan untuk mengirim foto kepada lawan bicara dalam percakapan di media sosial. 

Jika dicari dalam bahasa Indonesia, PAP tidak memiliki makna. Pasalnya, PAP adalah singkatan yang tidak berasal dari bahasa Indonesia. Seiring dengan perkembangan media sosial, banyak bahasa gaul yang kerap digunakan oleh anak muda zaman sekarang, seperti salah satunya adalah PAP. Istilah PAP membuat percakapan daring menjadi lebih santai dan tidak kaku.

Kini kata PAP punya makna luas dalam percakapan gaul. Kata PAP berkaitan dengan eksistensi seseorang dalam penggunaan media sosial. PAP banyak digunakan seseorang untuk mengirim foto secara real-time. Terkadang PAP digunakan untuk membuktikan sebuah eksistensi.

3 dari 4 halaman

Penggunaan Istilah PAP

Kata PAP ini kerap digunakan oleh anak muda zaman sekarang dalam aktivitas dunia maya. PAP biasa digunakan dalam sebuah obrolan melalui aplikasi, kolom komentar, atau juga sebagai caption dalam postingan mereka.

PAP adalah singkatan yang menunjukkan keberadaan seseorang dibuktikan dengan sebuah gambar sebagai pembuktian kebenaran tentang keberadaan seseorang. PAP memiliki tujuan agar lawan bicara di media sosial percaya dengan apa yang kamu lakukan.

Selain itu, istilah PAP inipun semakin luas maknanya. Orang yang menggunakan istilah PAP pun semakin beragam. Terlebih dalam menggunakan media sosial, sebuah kata seringkali disampaikan dengan singkat, santai, tidak kaku, dan gaul.

Contoh penggunaan istilah PAP, saat kamu sedang ada janji bertemu dengan seorang teman, dan dalam perjalanan kamu mendapat kendala seperti macet. Saat temanmu menunggu kedatanganmu, sedangkan kamu lama tidak sampai, tentu ia akan bertanya apa yang terjadi sehingga kamu terlalu lama menjemputnya. Hanya menelpon dan mengirimkan chat saja kadang belum membuatnya percaya.

Demi menghilangkan pikiran buruknya, tentu temanmu akan meminta bukti apakah memang benar ban motormu bocor atau tidak. Ia akan bilang ‘PAP dong!’ Sehingga kamu harus membalas dengan melakukan selfie sambil memperlihatkan ban motor yang bocor sebagai bukti.

4 dari 4 halaman

Istilah Lain dalam Bahasa Gaul

1. BRB: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah Be Right Back. Singkatan BRB ini umumnya digunakan untuk menginformasikan ketika kita ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.

2. BTW: Merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’.

3. CMIIW: adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I’m Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti ‘koreksi jika saya salah’.

4. COD: Adalah singkatan gaul yang banyak digunakan di kalangan anak muda zaman sekarang. Kata ini memiliki kepanjangan Cash On Delivery, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘bayar di tempat’.

5. DM: Merupakan singkatan dari Direct Message, atau pesan yang dikirim langsung melalui fitur pesan di aplikasi instagram.

6. DIY: singkatan dari Do It Yourself, artinya lakukan sendiri atau sesuai keinginanmu.

7. FYI: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

8. GG atau GGWP: Merupakan singkatan dari Good Game atau Good Game, Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online usai. Kata ini digunakan buat menunjukkan sikap sportif.

9. GWS: Singkatan dari kalimat bahasa inggris Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.

10. ASAP: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan oleh anak muda yang berarti As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

11. 4EAE: singkatan dari Forever and Ever yang artinya selama-lamanya.

12. AFAIK: singkatan dari As Far As I Know, artinya sepengetahuanku atau sejauh yang aku tahu.

13. AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.

14. Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.

15. b/c: singkatan dari because, artinya karena.

16. IDK: singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.

17. IKR: singkatan dari I Know, Right? artinya aku tahu, kan?

18. IMO: singkatan dari In My Opinion, artinya menurutku.

19. IYKWIM: singkatan dari If You Know What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.

20. J/K: singkatan dari Just Kidding, artinya hanya bercanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.