Sukses

Paragraf adalah Bagian Bab dalam Suatu Karangan, Kenali Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Paragraf adalah istilah yang perlu dipahami dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pasalnya, memahami tentang paragraf bisa membantumu menentukan jenis paragraf mana yang harus ditulis. Ini juga membantu penyusunan karya yang baik sesuai dengan kaidah penulisan yang tepat. 

Paragraf adalah gabungan dari tiga hingga tujuh kalimat yang berisi pikiran, gagasan, atau ide pokok. Paragraf adalah bagian bab dari suatu karangan. Dalam menyusun sebuah paragraf kamu perlu mengenali unsur-unsur yang diperlukan.

Paragraf biasa juga disebut sebagai karangan singkat karena berisi satu gagasan dalam sebuah topik. Selain itu, paragraf juga terdiri dari beberapa jenis, yang setiap jenis memiliki tujuan dan letak ide pokok yang berbeda. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/4/2022) tentang paragraf adalah.

2 dari 4 halaman

Paragraf adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru). Pengertian paragraf adalah suatu gagasan yang berbentuk serangkaian kalimat yang saling berkaitan satu sama lain.

Paragraf memiliki fungsi untuk menjadi penanda dimulainya topik baru dan memisahkan gagasan-gagasan utama yang berbeda. Paragraf berguna untuk memudahkan pembaca dalam memahami bacaan secara menyeluruh. Biasanya, paragraf terdiri dari beberapa kalimat. Jumlah kalimat dalam paragraf ditentukan oleh cara pengembangan dan ketuntasan uraian gagasan yang disampaikan. Jumlah kalimat di dalam paragraf dapat menentukan kualitas bacaan.

Pengertian Paragraf Menurut Para Ahli

- Gorys Keraf

Pengertian paragraf atau alinea adalah suatu kesatuan gagasan atau ide. Paragraf adalah suatu kesatuan yang memiliki tingkat kesatuan yang lebih tinggi dari kalimat. Pengertian paragraf merupakan suatu kumpulan dari kalimat yang saling berkaitan dalam suatu rangkaian untuk membentuk ide atau gagasan.

- Arifin dan S. Amran Tasai

Paragraf adalah seperangkat kalimat yang membahas suatu gagasan atau topik utama. Kalimat dalam suatu karangan menunjukkan kesatuan ide atau mempunyai hubungan yang saling berkaitan dalam membentuk gagasan atau topik.

- Widyamartaya

Pengertian paragraf adalah karangan yang terbentuk dari satu atau lebih pada suatu kalimat yang saling berkaitan dan mempunyai satu kalimat utama yang menjiwai seluruh karangan.

- Akhaidah, dkk

Paragraf adalah inti penuangan ide atau gagasan dalam sebuah karangan. Di dalam paragraf terkandung satu unit ide pokok atau gagasan yang didukung oleh seluruh kalimat dalam karangan di suatu paragraf. Kalimat tersebut baik berupa dari kalimat pengenal, kalimat penjelas, maupun kalimat penutup.

- Parera

Pengertian paragraf adalah satu model karangan yang paling kecil susunannya dalam sebuah karangan bebas atau karya ilmiah.

- Ramlan

Paragraf adalah bagian dari suatu kalimat yang tersusun atas sejumlah pilihan kata yang membentuk kalimat. Kalimat tersebut tersusun rapi dan mengungkapkan kesatuan informasi berdasarkan acuan ide pokok atau gagasan yang terkandung di dalamnya.

3 dari 4 halaman

Unsur Pembentuk Paragraf

Ada beberapa unsur paragraf, yaitu gagasan utama yang terletak dalam kalimat topik, dan kalimat penjelas yang memperjelas kalimat topik. Kriteria sekumpulan kalimat yang dapat menjadi paragraf adalah adanya kesatuan, kepaduan, ketuntasan, keruntutan, dan sudut pandang yang tidak berubah-ubah.

Beberapa unsur pembentuk paragraf adalah sebagai berikut:

1. Gagasan Utama

Inti permasalahan di dalam paragraf terletak pada topik utama atau gagasan utama. Pembicaraan utama di dalam paragraf terpusat pada gagasan utama. Penyampaian gagasan utama berbentuk sebuah kalimat topik.

2. Kalimat Topik

Kalimat topik adalah kalimat yang mengandung permasalahan yang dapat dirinci dan diuraikan lebih lanjut. Informasi di dalam kalimat topik bersifat lengkap dan dapat dipahami tanpa adanya kalimat penjelas. Letak kalimat topik umumnya di awal atau akhir paragraf. Fungsinya adalah mengendalikan untuk gagasan utama.

3. Kalimat Penjelas

Kalimat penjelas adalah kalimat yang tidak dapat dipahami artinya tanpa adanya kalimat lain. Kalimat penjelas berfungsi mendukung kalimat topik sehingga berisi keterangan rinci, contoh, dan informasi tambahan lainnya.

4 dari 4 halaman

Jenis Paragraf Berdasarkan Lokasi Ide Pokok

Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Paragraf ini dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas.

Pada paragraf deduktif, kalimat tubuh paragraf merupakan pernyataan yang mendukung gagasan utama. Penalaran deduktif mengacu pada memulai dengan kesimpulan umum atau pernyataan dan kemudian menemukan pengamatan atau argumen khusus atau khusus untuk mendukung tulisan.

Paragraf Induktif 

Paragraf Induktif adalah kebalikan dari paragraf deduktif. Jenis paragraf ini memiliki kalimat utama di akhir paragraf. Paragraf induktif dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat topik. Paragraf induktif dapat dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu generalisasi, analogi, dan kausalitas.

Paragraf induktif dimulai secara umum dan diakhiri secara lebih spesifik dengan poin, kalimat topik, gagasan utama, atau tesis. Ada beberapa alasan seseorang mungkin menulis kalimat induktif. Ini bisa digunakan dalam pengantar ketika pembaca perlu ditarik ke dalam topik sebelum mempelajari apa maksud tentang topik itu. Alasan kedua seseorang mungkin menulis paragraf induktif adalah jika mereka yakin pembaca mungkin tidak setuju dengan maksud mereka.

Paragraf Campuran 

Paragraf campuran merupakan jenis paragraf yang memiliki kalimat utama di awal dan akhir paragraf. Jenis paragraf ini dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok diikuti kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat utama lagi sebagai penjelas.

Paragraf ini didahului dengan menuangkan kalimat ide pokok di awal paragraf. Kemudian kalimat ide pokok tersebut dikembangkan menjadi beberapa kalimat penjelas. Setelahnya, di akhir paragraf ditarik simpulan berupa kalimat pendukung untuk menegaskan gagasan pokok di awal paragraf.

Paragraf Transisi 

Paragraf transisi adalah paragraf pendek, biasanya terdiri dari beberapa kalimat. Paragraf ini berfungsi sebagai kesimpulan untuk topik A dan pengantar ke bagian berikutnya, topik B. paragraf transisi paling sering digunakan untuk meringkas ide dari satu bagian teks sebagai persiapan untuk awal bagian lainnya.