Sukses

Doa Masuk Kamar Mandi dan Keluar Kamar Mandi Beserta Artinya, Ketahui Adab-adabnya

Doa masuk kamar mandi merupakan salah satu adab masuk kamar mandi yang perlu kamu praktikkan setiap harinya.

Liputan6.com, Jakarta Doa masuk kamar mandi harus dikenali dan diamalkan oleh seorang muslim setiap harinya. Bacaan doa sehari-hari ini sudah sepatutnya selalu diamalkan umat Islam untuk terhindari dari hal-hal buruk selama berada di kamar mandi.

Apalagi, dalam ajaran Islam, kamar mandi atau toilet disebutkan sebagai salah satu tempat yang sangat disukai oleh jin dan syaitan. Jadi, sudah sepantasnya saat hendak buang air kamu melafalkan doa masuk kamar mandi agar senantiasa dilindungi oleh Allah SWT.

Doa masuk kamar mandi merupakan salah satu adab masuk kamar mandi yang perlu kamu praktikkan setiap harinya. Adab-adab ke kamar mandi ini tentunya harus kamu terapkan agar senantiasa terhindar dari bahaya hingga godaan syaitan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/4/2022) tentang doa masuk kamar mandi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Masuk Kamar Mandi

Doa masuk kamar mandi termasuk ke dalam salah satu adab masuk kamar mandi. Selain itu, dianjurkan untuk melangkahkan kaki kiri terlebih dulu jika hendak memasuki kamar mandi. Doa masuk kamar mandi harus kamu amalkan setiap harinya agar senantiasa dilindungi oleh Allah SWT. Berikut bacaan doa masuk kamar mandi:

Allâhumma innî a’ûdzu bika minal khubutsi wal khabâitsi.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina.”

Doa masuk WC ini bisa kamu baca saat akan masuk ke kamar mandi, tentunya saat kamu masih di luar kamar mandi. Hal ini karena saat sudah berada di dalam mandi, maka kamu tidak diperbolehkan untuk mengucapkan ucapan yang menyebutkan nama Allah SWT, nama Rasul, ayat dalam Al-Quran, serta doa lainnya.

Hal ini disebabkan karena kamar mandi adalah tempat yang kotor. Jadi, tidak pantas jika mengucapkan ucapan yang mengagungkan Allah SWT di dalamnya. Sehingga, kamu perlu menghindari hal-hal yang dilarang tersebut.

3 dari 4 halaman

Doa Keluar Kamar Mandi

Selain doa masuk kamar mandi, kamu tentunya juga perlu mengamalkan doa keluar kamar mandi. Ketika akan keluar kamar mandi, dianjurkan untuk membaca doa berikut:

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi

Artinya, "Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan menyehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai bagian orang yang bertobat dan jadikanlah aku bagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina)."

Saat hendak keluar dari kamar mandi, sembari membaca doa di atas kamu juga dianjurkan agar menapakkan kaki kanan untuk keluar terlebih dahulu. Hal ini adalah sebagai rasa bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diperoleh seusai membuang dan membersihkan segala kotoran yang ada di tubuh. Selain itu doa keluar kamar mandi juga bermaksud agar supaya terbebas dari segala penyakit yang bersarang di dalam kamar mandi.

4 dari 4 halaman

Adab saat Berada di Kamar Mandi

Selain mengenali doa masuk kamar mandi dan keluar, kamu juga perlu memahami adab-adab saat berada di kamar mandi. Adab saat berada di kamar mandi ini perlu diperhatikan untuk menjaga diri dari najis. Melansir Merdeka, berikut adab-adab saat berada di kamar mandi:

Membaca doa sebelum dan sesudah dari kamar mandi

Sebelum masuk ke kamar mandi, kamu harus memastikan untuk membaca doa terlebih dahulu. Dari Imam al-Tirmidzi dari Sayyidina Ali, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

Artinya: “Penghalang antara pandangan jin dan aurat manusia adalah jika salah seorang di antara mereka memasuki kamar mandi, lalu dia mengucapkan “bismillah”. Saat memasuki kamar mandi dianjurkan juga untuk mendahulukan kaki kiri. Hal ini karena kamar mandi adalah tempat yang kotor, manusia masuk dalam keadaan kotor, jadi kaki kiri melambangkan kekotoran sebaiknya didahulukan. Saat keluar, barulah mendahulukan kaki kanan.

Tidak berlama-lama di dalam kamar mandi

Umat Islam tidak dianjurkan untuk berlama-lama di dalam kamar mandi. Hal ini disebabkan karena kamar mandi yang disebutkan sebagai salah satu tempat yang sangat disukai oleh jin dan syaitan. Dari Zaid bin Arqam radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya toilet ini dihadiri setan." (HR. Ahmad 19807, Abu Daud 6, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Tidak menghadap kiblat saat buang air

Pada saat membuang hajat, sebaiknya tidak menghadap ataupun membelakangi arah kiblat. Rasulullah saw melarang umatnya dalam membuang air dengan menghadap atau membelakangi kiblat. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Ayyub al-Ansari, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Apabila kalian buang hajat, janganlah menghadap atau membelakangi kiblat. Namun menghadaplah ke timur atau ke barat." [HR. al-Bukhari dan Muslim]

Buang air besar/kecil dengan duduk

Saat membuang air kecil sebaiknya manfaatkan lubang toilet untuk buang air kencing. Ini dilakukan untuk menghindarkan percikan air kencing mengenai pakaian. Selain itu, ketika membuang kotoran baik besar ataupun kecil sebaiknya dilakukan dengan cara duduk tidak berdiri.

Menuntaskan buang air

Ketika selesai membuang kotoran, kemudian dibersihkan dengan cara menyiramkam air. Untuk membersihkan bagian atau tempat keluarnya kotoran ini pun sebaiknya menggunakan tangan kiri, bukan tangan kanan. Pastikan diri sudah terbebas dari najis dan bersih. Ketika selesai, jangan lupa pastikan kamar mandi bersih dan terbebas dari kotoran. Berdoalah sebelum keluar kamar mandi dan dahulukan kaki kanan saat melangkah ke luar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.