Sukses

7 Potret Dulu Vs Kini Alat Elektonik di Rumah, Perubahannya Bikin Takjub

Penemuan hebat peralatan elektronik yang selalu berubah dari tahun ke tahun.

Liputan6.com, Jakarta Sungguh menakjubkan bagaimana satu abad dapat mengubah seluruh dunia. Khususnya perkembangan alat elektronik yang berhubungan dengan teknologi. Dari tahun ke tahun, alat-alat tersebut bertambah canggih dan meningkat kegunaannya. Hal itu semakin mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. [bacajuga:Baca Juga]( 4728101 4881764)

Semua penemuan modern sekarang tampak sebagai bagian dari rutinitas kita sehari-hari. Tapi sebelumnya tidak seperti saat ini, bahkan beberapa perangkat terlihat sangat berbeda dulu vs kini. Contohnya bisa dilihat dari gambar utama di atas yakni televisi. Perubahannya pun bikin takjub.

Metode pemindaian gambar secara mekanis ditemukan pada awal abad ke-19. Alexander Bain memperkenalkan mesin fotokopi pada tahun 1843-1846. Versi paling awal dari televisi elektronik ditemukan oleh fisikawan Jerman Ferdinand Braun pada tahun 1897 dan dikenal sebagai tabung "Braun".

Selain televisi, ada apa lagi ya? Simak ulasannya yang sudah Liputan6.com rangkum dari di Bright Side, berikut ini 7 potret dulu vs kini alat elektonik, Sabtu (30/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Belum portable, dulu pengering rambut berbentuk perangkat duduk besar yang melekat pada pipa cerobong kompor gas.

3 dari 8 halaman

2. Sebelum menemukan bola rol, Ralph Benjamin pada tahun 1946 lebih dulu menciptakan trackball yang terkait erat dengan mouse komputer sebagai bagian dari sistem perencanaan radar kontrol tembakan.

4 dari 8 halaman

3. Masalah teknis pemanggang roti listrik adalah pengembangan elemen pemanas. Pada tahun 1905 oleh Albert Marsh berhasil merancang paduan nikel dan kromium.

5 dari 8 halaman

4. Ada beberapa pendahulu dari headphone 'bebas genggam'. Perangkat pertama dibuat tahun 1890-an disebut Electrophone. Headphone in-ear muncul tahun 1891 diciptakan oleh insinyur Prancis Ernest Mercadier.

6 dari 8 halaman

5. Kulkas kuno muncul di Iran Kuno dan tampak seperti pendingin evaporatif besar yang disebut yakhchāls. Mesin pendingin kecil mulai dirancang oleh profesor Skotlandia William Cullen tahun 1755.

7 dari 8 halaman

6. Jam tangan pertama di dunia dibuat oleh Peter Henlein dari Nuremberg tahun 1505 dan masih berfungsi. Perangkat ini terlihat seperti bola tembaga kecil yang disepuh api dalam gaya Oriental.

8 dari 8 halaman

7. Model fonograf semua transistor pertama di dunia dikembangkan pada tahun 1955. Mereka menggunakan baterai untuk catu daya. Pemutar rekaman portabel jadi lebih populer pada 1960-an.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.