Sukses

Bacaan Doa Tasyahud Akhir Arab, Latin, dan Artinya

Liputan6.com, Jakarta Bacaan doa tasyahud akhir adalah sama dengan bacaan doa tahiyat akhir. Bacaan doa tasyahud akhir dibaca setelah membaca doa tasyahud awal.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan arti tasyahud adalah pembacaan tahiyat pada waktu sholat. Lalu dijelaskan lebih mendalam, bacaan tahiyat adalah bacaan dalam sholat untuk menghormati Allah SWT.

Bacaan tasyahud akhir adalah bagian dari doa untuk Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, dan doa untuk hamba Allah yang saleh. Bagaimana bacaan doa tasyahud akhir tersebut?

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam bacaan doa tasyahud akhir Arab, latin, dan artinya, Minggu (8/5/2022).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Tasyahud Akhir Arab, Latin, dan Artinya

Memahami bacaan doa tasyahud akhir adalah sama dengan bacaan doa tahiyat akhir. Bacaan doa tasyahud akhir dibaca setelah sebelumnya membaca doa tasyahud awal.

Begini bacaan doa tasyahud awal dalam sholat bahasa Arab, latin, dan artinya sesuai buku berjudul Menyelami Makna Bacaan Shalat (2015) oleh Fajar Kurnianto.

 

Bacaan Doa Tasyahud Awal dalam Sholat Bahasa Arab:

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهدُ اَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Bacaan Doa Tasyahud Awal dalam Sholat Latin:

At-tahiyyaatul mubaarakatush shalawaatuth thayyibaatulillaahi. Assalaamu ‘alaika ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuhu. Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish-shaalihiina. Asyhadu an laa ilaaha illallaahu wa asyhadu anna Muhammadar Rasuulullaahi.

Arti Bacaan Doa Tasyahud Awal dalam Sholat:

"Segala kehormatan, keberkahan, rahmat dan keselamatan, serta kebaikan hanyalah kepunyaan Allah. Keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah semoga tetap tercurah atasmu, wahai Nabi [Muhammad].

Keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah semoga juga tercurah atas kami, dan juga atas seluruh hamba Allah yang sholeh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah."

 

Kemudian dilanjutkan dengan bacaan doa tasyahud akhir. Posisi sholat saat membaca bacaan doa tasyahud akhir adalah duduk tawarruk atau dilakukan dengan:

1. Menempelkan sisi pantat kiri ke lantai.

2. Kaki kiri ditempatkan di bawah, serta mengeluarkan ke arah kanan

3. Bagian pangkal paha, seperti dua mata kaki di atas dua otot.

4. Jari-jari kaki kanan menekan ke tanah.

Lalu bagaimana bacaan doa tasyahud akhir dalam sholat tersebut?

Ini penjelasan bacaan doa tasyahud akhir dalam sholat bahasa Arab, latin, dan artinya sesuai kesepakatan para ulama Nahdlatul Ulama (NU).

 

Bacaan Doa Tasyahud Akhir dalam Sholat Bahasa Arab:

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Bacaan Doa Tasyahud Akhir dalam Sholat Latin:

Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.

Arti Bacaan Doa Tasyahud Akhir dalam Sholat:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim.

Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung."

 

3 dari 3 halaman

Doa Singkat Sesudah Sholat Fardhu dan Artinya

1. Doa Singkat Sesudah Sholat Fardhu Memohon Rahmat

“Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa min jamii’il haajaat. Wa tuthohhirunaa bihaa min jamii’is sayyi_aat. Wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad_darojaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshol ghooyaat. Min jamii’il khoirooti fil hayaati wa ba’dal mamaat.”

Arti doa singkat sesudah sholat fardhu:

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang dengan rahmat itu Engkau akan menyelamatkan kami dari semua bahaya, yang dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan hajat kami, Yang dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kesalahan kami, Yang dengan rahmat itu Engkau akan mengangkat derajat kami, Yang dengan rahmat itu pula Engkau akan menyampaikan kami kepada kesempurnaan semua maksud dari semua kebaikan pada waktu hidup dan setelah mati, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

2. Doa Singkat Sesudah Sholat Fardhu Memohon Keselamatan Agama

“Allaahumma innaa nas_aluka salaamatan fid_diin. Wa ‘aafiyatan fil jasadi. Wa ziyaadatan fil ‘ilmi. Wa barakatan fir_rizqi. Wa taubatan qoblal maut. Wa rahmatan ‘indal maut. Wa maghfirotan ba’dal maut.”

Arti doa singkat sesudah sholat fardhu:

“Ya Allah kami meminta kepadamu keselamatan Agama, kesehatan jasmani, tambahan Ilmu, keberkahan dalam rizqi, Taubat sebelum mati, Rahmat ketika hendak mati dan Ampunan setelah mati.”

3. Doa Singkat Sesudah Sholat Fardhu Memohon Keselamatan dari Api Neraka

“Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut. Wan_najaata minan_naari wal ‘afwa ‘indal hisaab.”

Arti doa singkat sesudah sholat fardhu:

“Ya Allah, ringankanlah kami ketika sedang sakaratul Maut, selamatkan dari api neraka, dan ampunilah ketika sedang proses hisab.”

4. Doa Singkat Sesudah Sholat Fardhu Memohon Dijauhkan dari Kesesatan

“Robbanaa laa tuzigh qulubanaa ba’da idz_hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmah. Innaka antal wahhaab.”

Arti doa singkat sesudah sholat fardhu:

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami menyimpang pada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (Karunia).”

5. Doa Singkat Sesudah Sholat Fardhu Memohon Ampunan Dosa untuk Orang Tua

“Allaahummaghfirlii dzunuubi waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii soghiiroo.”

Arti doa singkat sesudah sholat fardhu:

“Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan belas kasihilah mereka berdua sebagaimana mereka berbelas kasih kepadaku di waktu aku kecil.”

6. Doa Singkat Sesudah Sholat Fardhu Memohon Kebaikan di Dunia dan Akhirat

“Robbanaa aatinaa fid_dun_yaa hasanah wafil aakhiroti hasanah waqinaa adzaaban naar.”

Arti doa singkat sesudah sholat fardhu:

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka”

7. Doa Singkat Sesudah Sholat Fardhu Memohon Agar Amal dan Perbuatan Diterima Allah SWT

“Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan.”

Arti doa singkat sesudah sholat fardhu:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima). (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).”

8. Doa Singkat Sesudah Sholat Fardhu Memohon Agar Rajin Beribadah

“Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatika.”

Arti doa singkat sesudah sholat fardhu:

“Ya Allah, tolonglah aku agar bisa berdzikir kepada-Mu, dan bersyukur kepada-Mu, serta beribadah kepada-Mu dengan baik).” (HR. Abu Daud, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

9. Doa Singkat Sesudah Sholat Fardhu Memohon Ampunan

"Rabbanaa walaa tahmil'alainaa ishran kama hamaltahul'alal ladziina min qablinaa."

Arti doa singkat sesudah sholat fardhu:

"Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi." (QS. Al A'raf: 23)

10. Doa Singkat Sesudah Sholat Fardhu Memohon Rida Allah SWT

Laa illallah wakhidahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa'alaa kulli syai'innqodir

Arti doa singkat sesudah sholat fardhu:

"Tidak ada Tuhan selain Allah, tak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya-lah kerajaan dan bagi-Nya-lah segala pujian. Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."