Sukses

Bacaan Setelah Sholat Fardhu Lengkap dengan Artinya, Muslim Wajib Hafal

Liputan6.com, Jakarta Bacaan setelah sholat fardu 5 waktu perlu kamu praktikkan setiap harinya. Salat fardu yang dilakukan sebanyak 5 kali dalam sehari mulai dari subuh, zuhur, asar, magrib, dan isya tentunya harus dilengkapi dengan doa dan zikir setelah salat.

Bacaan setelah sholat fardu memiliki keutamaan yang sangat besar. Apalagi, setelah salat hendaknya kamu tidak buru-buru keluar masjid dan tetap tertib. Bahkan melalui salah satu hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW mengajarkan bacaan zikir setelah salat 5 waktu. 

"Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah shalat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca lâ ilâha illallâh lâ syarîka lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa ‘alâ kulli syai’in qadîr, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan,".

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/5/2022) tentang bacaan setelah sholat.

2 dari 7 halaman

Membaca Istighfar

Bacaan setelah sholat fardu yang pertama adalah dengan beristighfar 3 kali dan dilanjutkan dengan membaca doa, seperti di bawah ini:

"Astaghfirullah hal'adzim, alladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih"

Dari Tsauban radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “ Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam ketika selesai shalat, beliau beristighfar 3x, lalu membaca doa:

“Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikroom.”

Artinya : Ya Allah Engkau-lah as salam, dan keselamatan hanya dari-Mu, Maha Suci Engkau wahai Dzat yang memiliki semua keagungan dan kemulian. (HR. Muslim).

3 dari 7 halaman

Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir dan Tahlil

Bacaan setelah sholat fardu selanjutnya yaitu dengan membaca tasbih, tahmid, dan takbir sebanyak masing-masing 33x ditambah 1x tahlil.

Membaca kalimat Tasbih 33 kali "SUBHANALLAH"

Membaca kalimat Tahmid 33 kali "ALHAMDULILLAH"

Membaca kalimat Takbir 33 kali "ALLAHU AKBAR"

Membaca kalimat Tahlil 1 kali "LAILAHA ILLALLAH"

4 dari 7 halaman

Membaca Doa Memohon Ampunan Allah

Bacaan setelah sholat untuk memohon ampunan Allah SWT yaitu sebagai berikut:

“Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa 'alaa kulli syai'innqodiir.”

Artinya: “ Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (HR. Bukhari, Muslim).

Bacaan setelah sholat mohon Perlindungan dari siksa neraka, dibaca 3 kali:

“Allahumma ajirni minan-naar”

Artinya: “ Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka.”

Bacaan setelah sholat memuji Allah SWT:

“Allahumma angtassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya'uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata'alayta yaa dzaljalaali wal ikraam.”

Artinya: “ Ya Allah Engkau-lah as salam, dan keselamatan hanya dari-Mu, Maha Suci Engkau wahai Dzat yang memiliki semua keagungan dan kemuliaan.” (HR. Muslim).

5 dari 7 halaman

Membaca Ayat Kursi dan Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas

Bacaan setelah sholat fardu berikutnya adalah membaca ayat kursi. Pendapat ini didukung dengan adanya hadist dari Abu Umamah Al Bahili radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Barangsiapa membaca ayat kursi setiap selesai shalat wajib, maka tidak ada yang bisa menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i, Ath Thabrani, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami’).

Kemudian doa setelah salat fardu dilanjutkan dengan membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Naas.

“Uqbah bin ‘Amir radhiallahu’anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkanku untuk membaca al mu’awwidzar (an naas, al falaq, al ikhlas) di penghujung setiap shalat” (HR. Abu Daud, dishahikan Al Albani dalam Shahih Abu Daud).

6 dari 7 halaman

Membaca Doa Diterima Ibadah dan Memohon Keselamatan

Doa diterima ibadahnya

Bacaan setelah sholat berikutnya yaitu doa supaya ibadah kamu diterima oleh Allah SWT.

“Allahumma rabbana taqabbal minna shalatana wa shiyamana wa ruku’ana wa sujudana wa qu’udana wa tadharru’ana wa takhasysyu’ana wa ta’abbudana wa tammim taqshirana ya Allah ya rabbal alamin.”

Artinya: “Ya Allah, terimalah shalat kami, puasa kami, rukuk kami, sujud kami, duduk rabah kami, kerendahdirian kami, kekhusyukan kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama kami menunaikan shala Ya Allah, Tuhan seru sekalian alam.”

Doa memohon keselamatan

Doa memohon keselamatan juga kerap kali dilafalkan sebagai bacaan setelah sholat yang sangat penting.

“Allahumma inna nasaluka salamatan fid-din wa ‘afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-“ilmi wa barakatan fir-rizqi wa taubatan qablal-mautwa rahmatan ‘indal-mautwa maghfiratamba’dal-maut allahumma hawwin ‘alaina fi sakaratil-maut, wan najata minan-nar wal-afwa ‘indalkhisab.”

Artinya: “Ya Allah, ya Tuhan kami, kami mohon keselamatan agam, kesehatan jasmani, bertambahnya ilmu, dan berkah rezeki, dapat bertobat sebelum mati, mendapatkan rahmat ketika mati, dan memperoleh ampunan setelah mati. Ya Allah, ya Tuhan kami, mudahkanlah kami saat mengalami sakaratul maut. Ya Allah, bebaskanlah kami dari azab neraka, serta memperoleh ampunan ketika dihisab.”

7 dari 7 halaman

Membaca Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Bacaan setelah sholat yang tidak pernah terlewatkan yaitu doa selamat dunia dan akhirat.

“Rabbanaa Taqabbal Minnaa Innaka Antas Samii’ul ‘Aliim, Wa Tub ‘Alainaa Innaka Antat Ta Wwa Abur Rahiim.”

“Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

 

“Rabbanaa Aatinaa Fiddunnyaa Hasanah, Wa Fil Aakhirati Hasanah, Waqinaa ‘Adzaa Ban Naar.”

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

 

“Washallallaahu ‘Alaa Sayyidinaa Muhamma-Din Wa’alaa Aalihiwa Shahbihiiwa Sallam, Wal Hamdu Lillaahirabbil ‘Aalamiin.”

“Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.”