Sukses

Review adalah Penilaian Terhadap Suatu Karya, Kenali Jenis dan Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Review adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi kamu dengar saat ini. Pasalnya, hal ini sudah bisa kamu lakukan dan dapatkan dengan mudah melalui media sosial. Tidak heran banyak orang yang melakukan review film, buku, dan lain sebagainya di media sosial.

Review adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku. Namun, sekarang ini review juga dilakukan terhadap karya lainnya, seperti seni film ataupun drama. Review disebut juga resensi atau ulasan dalam bahasa Indonesia.

Review adalah ringkasan yang berdasarkan analisis dan fakta, bukan sekadar opini. Kegiatan review sangat berguna untuk segala bidang, utamanya pemasaran, pendidikan, dan seni. Meski bisa dilakukan siapa saja, review adalah suatu ulasan dengan nilai. Pernyataan ini memiliki maksud, review harus memiliki manfaat tertentu bagi diri sendiri dan khalayak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/5/2022) tentang review.

2 dari 5 halaman

Review adalah

Review adalah istilah yang disebut juga dengan resensi atau ulasan dalam bahasa Indonesia. Kata ''resensi" berasal dari bahasa Belanda resentie dan bahasa Latin recensio, recensere atau juga revidere yang artinya mengulas kembali. Resensi atau review adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya. 

Karya yang dinilai dapat berupa buku dan film, hingga drama.  Review adalah tulisan yang berisi tentang kelebihan, kekurangan dan informasi yang diperoleh dari buku. Review adalah tulisan atau pandangan yang memuat pendapat atau komentar tentang satu atau beberapa karya ilmiah, artikel atau buku dengan tema yang sama.

Sasaran pembaca resensi adalah kepada masyarakat.  Review ditulis dengan pengamatan dan penilaian secara objektif untuk mengetahui kelayakan suatu buku untuk dibeli oleh masyarakat. Selain itu, resensi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyajikan pandangan dan pemikiran penulis yang meresensi buku.

Resensi dapat ditulis sekitar 4–6 halaman. Struktur isi dari review adalah judul resensi, identitas buku, sinopsis, keterangan mengenai penulis buku, ulasan mengenai buku, dan simpulan. Syarat minimal yang harus dimiliki oleh orang yang melakukan resensi adalah pengetahuan terhadap bidang ilmu dari karya tulis yang diresensi, kemampuan menganalisa data, dan pengetahuan dalam bidang lain yang relevan dengan karya tulis yang diresensi.

Review adalah ulasan yang lebih mengarah pada fakta dengan sudut pandang tertentu. Bila disamakan dengan bentuk kritikan, review adalah medianya. Review bukanlah opini. Review adalah respons atau ulasan yang bisa memberikan manfaat. Di dunia pendidikan, review lebih mengarah para pengembangan ilmu pengetahuan. Bidang pemasaran, review mengarah pada perbaikan produk dan jasa. Bidang perfilman, mengarah pada perbaikan sekaligus pembelajaran agar karya lebih baru dan epik bisa didapatkan di kemudian hari.

3 dari 5 halaman

Jenis Review

Jenis review adalah sebagai berikut:

- Review informatif, yaitu review berupa ulasan yang berisi informasi dari suatu karya. Review ini biasanya hanya berisi ringkasan atau rangkuman mengenai substansi dari suatu karya.

- Review evaluatif, yaitu ulasan yang berisi penilaian mengenai suatu karya. Biasanya ringkasan atau rangkuman hanya sekilas saja, penulis lebih banyak memaparkan penilaian mengenai kekurangan serta kelebihan karya tersebut.

- Review informatif-evaluatif, yaitu perpaduan antara ringkasan mengenai suatu karya sekaligus penilaian baik buruknya. Selain memberikan informasi mengenai substansi suatu karya, review informatif-evaluatif juga disertai dengan evaluasi subyektif dari perspektif penulis.

4 dari 5 halaman

Manfaat Review

Ada banyak pihak yang mendapat manfaat dari review, yaitu penulis review, calon pembaca, media yang memuat review, penulis buku, dan penerbit.

Bahan pertimbangan

Review dapat memberikan gambaran kepada para pembaca tentang suatu karya dan mempengaruhi mereka atas karya tersebut. Untuk itu pertimbangan menyajikan hal-hal sebagai berikut:

- Keinginan pengarang yang disajikan oleh penulis review secara meta analisis, yaitu mengkaji landasan filosofi yang dijadikan dasar penulisan, misalnya landasan idealisme, paradigma pembaca yang hendak dikembangkan melalui karangannya, dan fokus pengembangan keterampilan pembaca.

- Kepentingan pembaca, sehingga pembaca bisa terbantu mendapatkan informasi buku yang diperlukan.

- Pengarang dan pembaca bisa terjembatani dengan hadirnya sebuah review atau resensi ini.

- Materi karangan disajikan untuk menunjukkan bahwa materi tersebut tepat bagi segmen pembaca yang menjadi targetnya.

Keuntungan ekonomis

Seseorang biasanya juga bisa mendapatkan uang atau imbalan, serta buku-buku yang diresensikan secara gratis dari penerbit buku apabila reviewnya dimuat di koran atau majalah.

Sarana promosi

Buku yang diresensikan adalah buku baru yang belum pernah direview. Dengan demikian, review adalah media untuk mempromosikan buku baru tersebut. Hal ini tentunya tidak terbatas hanya pada buku saja, bahkan review barang-barang lainnya juga populer sekarang ini.

Pengembangan kreativitas

Semakin sering menulis, maka semakin terasah kebiasaan menulis untuk setiap individu. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan kreativitas menulis.

5 dari 5 halaman

Review Buku

Review buku ditugaskan untuk memungkinkan pelajar untuk menyampaikan pendapat mereka sendiri tentang ide-ide penulis yang termasuk dalam buku. Review adalah bentuk kritik sastra yang menganalisis ide-ide penulis, teknik menulis, dan kualitas. Analisis buku sepenuhnya didasarkan pada pendapat, yang relevan dengan buku tersebut. Review adalah praktik yang baik bagi orang-orang yang ingin menjadi editor, karena mengedit memerlukan banyak kritik.

Cara melakukan review buku:

- Mulai dengan meringkas buku, lalu bagi bagian-bagiannya dengan karakter, pembangunan dunia, tema, dan plot.

- Dedikasikan paragraf untuk masing-masing aspek penting ini, kamu bisa membahas seberapa baik penulis menjelaskannya. Sertakan juga kutipan singkat sebagai contoh, namun jangan mengutip terlalu panjang.

- Buat kesimpulan singkat dan manis. Ini harus memunculkan poin utama ulasan, berdasarkan fakta dan sudut pandang tertentu.

- Temukan buku yang serupa atau hampir mirip.

- Berikan perbandingan dan penilaian.

- Ajakan untuk membaca atau membeli buku perlu diletakkan di akhir.

- Buatlah catatan selama membaca buku. Apa yang diingat dari buku, bisa jadi itu "ingatan palsu" (false memory), tetapi tidak jika berbentuk tulisan.