Sukses

Cara Download WhatsApp Web di Laptop dan Komputer, Simak Tips Aman Menggunakannya

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi pesan instan WhatsApp bisa digunakan langsung di laptop dan komputer tanpa membuka browser. Pemasangan aplikasi WhatsApp Web atau Desktop di laptop dan komputer ini dilakukan dengan download atau mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Cara download WhatsApp Web di laptop dan komputer adalah sama, yakni melalui Microsoft Store, Apple App Store, atau situs web WhatsApp.

Melansir laman resmi Pusat Bantuan WhatsApp, pada Senin (9/5/2022) ada syarat khusus laptop dan komputer bisa digunakan sebagai cara download WhatsApp Web.

Laptop dan komputer yang bisa digunakan sebagai cara download WhatsApp Web adalah sudah menggunakan sistem operasi Windows 8.1 atau yang lebih baru. Kemudian sudah menggunakan macOS 10.11 atau yang lebih baru.

Bagaimana sudah memenuhi syarat? Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara download WhatsApp Web di laptop dan komputer, Senin (9/5/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Cara Download WhatsApp Web di Laptop dan Komputer Melalui Situs Web WhatsApp

1. Cara download WhatsApp Web di laptop dan komputer adalah mulai dengan membuka situs web resmi WhatsApp atau dengan klik di sini.

2. Apabila sudah berhasil masuk ke situs web, pilih bagian Mac atau PC Windows.

3. Akan ada keterangan “DENGAN MENG-KLIK TOMBOL UNDUH ATAU DOWNLOAD, ANDA MENYETUJUI KETENTUAN & KEBIJAKAN PRIVASI KAMI” ini wajib dipahami sebelum mulai mengunduhnya.

4. Kemudian cara download WhatsApp Web di laptop dan komputer langsung klik tombol “UNDUH UNTUK WINDOWS” atau “UNDUH UNTUK MAC” sesuaikan dengan kebutuhan saja.

5. Cara download WhatsApp Web di bagian ini akan ada pilihan sesuai dengan tipe perangkat yang digunakan, misalnya seperti “UNDUH UNTUK WINDOWS 8 DAN YANG LEBIH BARU (64-BIT)” atau “UNDUH UNTUK WINDOWS 8 DAN YANG LEBIH BARU (32-BIT).”

6. Apabila sudah, cara download WhatsApp Web lanjutannya adalah unduh file .exe atau .dmg.

7. Selesai mengunduh atau setelah menyelesaikan cara download WhatsApp Web, kemudian buka file .exe atau .dmg tersebut, lalu ikuti petunjuk untuk memasangnya di laptop dan komputer.

3 dari 4 halaman

Cara Download WhatsApp Web di Laptop dan Komputer Melalui Microsoft Store dan Apple App Store

1. Cara download WhatsApp Web di laptop dan komputer adalah mulai dengan membuka kedua aplikasi tersebut, sesuaikan dengan perangkat yang digunakan.

2. Apabila sudah berhasil masuk ke Microsoft Store dan Apple App Store, kemudian lakukan verifikasi akun dan memasukkan pin pengaman perangkat.

3. Kemudian cara download WhatsApp Web di laptop dan komputer adalah ketik di kolom pencarian “WhatsApp Desktop” lalu klik “GET” atau “DAPATKAN” atau “UNDUH” atau “DOWNLOAD” sesuaikan dengan yang tersedia.

4. Apabila sudah, cara download WhatsApp Web lanjutannya adalah unduh file .exe atau .dmg.

5. Selesai mengunduh atau setelah menyelesaikan cara download WhatsApp Web, kemudian buka file .exe atau .dmg tersebut, lalu ikuti petunjuk untuk memasangnya di laptop dan komputer.

4 dari 4 halaman

Tips Aman Menggunakan WhatsApp Web

Pengguna WhatsApp Web wajib memperhatikan tips aman menggunakannya. Tips ini berguna sebagai antisipasi aman dari para penjahat siber. Begini tips aman menggunakan WhatsApp Web melansir dari India TV News:

1. Jangan Bagikan Informasi Kredensial

Aplikasi pesan milik Facebook ini menggulirkan kebijakan baru yang mengizinkan perusahaan untuk mengakses informasi lebih detail dibandingkan sebelumnya.

Meski pihak WhatsApp mengaku mereka tidak akan membaca pesan pengguna, ada baiknya pengguna tidak membagikan informasi kredensial penting di WhatsApp.

2. Gunakan Verifikasi 2 Langkah (2FA)

Banyak pengguna WhatsApp yang mengeluh telah jadi korban peretasan. Maka untuk menghindari akun WhatsApp diambil alih pihak lain, pengguna bisa mengaktifkan autentikasi 2 langkah pada WhatsApp.

Ada pemakaian fitur ini, pengguna tidak hanya dipersyaratkan untuk mengisi OTP (kode berisi 6 angka yang dipakai ketika mau masuk pertama kali ke WhatsApp, biasanya dikirim lewat SMS) tetapi juga akan diminta memasukkan PIN berisi 6 digit.

Pengguna bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah dengan cara masuk ke WhatsApp Setting > Account > Two-Step Authentication.

3. Aktifkan Kunci WhatsApp

Pengguna WhatsApp dapat meningkatkan keamanan atas aplikasi pesan mereka dengan mengaktifkan fitur penguncian WhatsApp.

Untuk melakukan hal tersebut, pengguna hanya perlu masuk ke WhatsApp Setting > Account > Privacy > Screen Lock.

4. Aktifkan Keamanan Biometrik di WhatsApp Web

Baru-baru ini, WhatsApp menggulirkan sebuah update yang memungkinkan penggguna mengatur keamanan WhatsApp Web saat login komputer baru.

Adanya fitur keamanan ini, upaya untuk login ke WhatsApp Web di komputer baru jadi lebih ketat.

Ketika pengguna mengaktifkan fitur keamanan ini, pengguna akan diminta untuk memverifikasi identitas mereka menggunakan autentikasi biometrik, ketika mau login WhatsApp Web di komputer atau laptop baru.

5. Cek Pengaturan Privasi

Para pengguna WhatsApp disarankan untuk mengecek pengaturan privasi mereka.

Pada halaman pengaturan Privasi, pengguna bisa memilih siapa saja yang bisa melihat profile picture, status, hingga last seen (terakhir terlihat online).

Kalau mau lebih privat, pengguna bisa mengatur agar tidak ada yang bisa melihat status atau last seen, bahkan tidak menampilkan profile picture.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.