Sukses

Bacaan Doa Tolak Bala yang Diajarkan Rasulullah, Mohon Dijauhkan dari Berbagai Musibah

Doa tolak bala untuk melindungi diri agar terhindar dari segala bahaya, bencana alam, musibah, malapetaka, hingga segala bala.

Liputan6.com, Jakarta Doa tolak bala untuk melindungi diri agar terhindar dari segala bahaya, bencana alam, musibah, malapetaka, hingga segala bala sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya sejak dahulu. Untuk itu, sebagai umat muslim perlu mengetahui dan menghafalkannya.

Bacaan doa tolak bala juga dapat diamalkan setiap selesai sholat atau kapan pun sebelum kita memulai aktivitas. Sebagaimana dengan hadits yang diriwayatkan dalam hadits Bukhari, Rasulullah pernah bersabda:

"Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian." (HR. Bukhari) Anjuran untuk meminta pertolongan dari Allah juga termaktub dalam firman Allah yaitu, QS. Ash Shoffat ayat 143:

"Maka jika sekiranya dia (Nabi Yunus) tidak termasuk orang-orang yang banyak berdzikir (bertasbih) kepada Allah, niscaya dia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit." (QS Ash Shoffat: 143)

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa tolak bala yang diajarkan Rasulullah SAW yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (9/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Tolak Bala Memohon Perlindungan

Setiap usai mengamalkan salat lima waktu, coba amalkan bacaan doa tolak bala berikut ini sesering mungkin. Tujuannya, untuk memohon perlindungan Allah dari niat jahat orang lain, pencurian, kebakaran, hingga gangguan musuh. Berikut doa tolak bala dalam tulisan latin:

Laa ilaaha illallaahu hawaalaina hishaaraa, muhammadur rasuulullahi quflaw wamismaaraa, laa ilaaha illallaahu muhammadur rasuulullaah, laa ilaahaillallaahu muhammadur rasuulullaahi qaulaw wafi'laa. 

Inna bathsya rabbika lasyadiiduw wallahu miw waraa-ihim muhiith, bal huwa qur-aanum majii-dun fii lauhim mahfuuzh. 

Shummum bukmun 'umyun fahum laa yarji-'un, shummum bukmun fahum laa ya'qiluun, shummum bukmun 'umyun fahum laa yatakallamuun, shumum bukmun 'umyun fahum laa yubshiruun. Washallallahu 'alaa khairi khalqihii muhammadiw wa-'alaa aalihii wa-ash-haabihii ajma-'iin, birahmatika yaa arhamaar raahimiin.

Artinya: “Tiada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah; semoga menjadi benteng di sekeliling kami, Muhammad adalah utusan Allah; semoga menjadi palang dan pakunya. Tiada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah; Muhammad adalah utusan Allah. Tiada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah; Muhammad adalah utusan Allah, secara lisan maupun perbuatan.

Sesungguhnya azab Tuhanmu amatlah pedih, dan Allah Maha Meliputi segala sesuatu di sekeliling mereka. Bahkan (apa yang mereka dustakan) ini adalah Alquran yang agung yang (tertulis) di Lauh Mahfuz.

Mereka tuli, bisu dan buta, maka mereka tidaklah akan kembali (ke jalan petunjuk). Mereka tuli, bisu dan buta, maka mereka tidaklah mempunyai akal. Mereka tuli, bisu dan buta, maka mereka tidaklah akan mampu berbicara. Mereka tuli, bisu dan buta, maka mereka tidaklah akan melihat. Dan semoga Allah  selalu melimpahkan salawat kepada sebaik-baik ciptaan-Nya, Muhammad, beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya, dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Penyayang.”

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Tolak Bala yang Terhindar dari Bencana

Doa tolak bala ini dianjurkan dibaca sesering mungkin untuk memohon perlindungan Allah dari cobaan, musibah dan memohon ketentraman bagi umat Islam pada umumnya. Berikut doa tolak bala dalam tulisan latin:

Allahummadfa’ ‘annal ghalaa’a wal walbalaa-a walwabaa-a walfahsyaa-a walmunkara was suyuufal mukhtalifata wasy syadaa-ida wal mihana maa zhahara minhaa wamaa baathana mim baladinaa khaashshataw wamim buldaanil muslimiina ‘aam-mah. Innaka ‘alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya: “Ya Allah, hindarkanlah kami dari kesulitan ekonomi, musibah, penyakit, kekejian, kemunkaran, bencana peperangan, kesulitan-kesulitan, dan berbagai petaka, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, khususnya dari negeri kami ini dan dari negeri-negeri kaum muslim pada umumnya; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Tolak Bala Terhindar dari Malapeta

Berikut ini  doa tolak bala agar terhindar dari segala macam bencana, musibah, malapetaka dan berbagai hal buruk lainnya. Berikut doa tolak bala yang bisa kalian lantunkan:

Allahumma bihaqqil faatihah wasirril faatihah ya faarijal hammi wa yaa kaasyifal ghammi ya man lli ibaadihii yaghfiru wayarham. Yaa daafi’al bala’i yaa Allah wa yaa daafi’al bala’i yaa rahmaan wa yaa daafi’al balaa’i yaa rahiim. Idfa’ annal gholaa’a wal balaa’a wal wabaa’a wal fahsyaa’a wal munkarra was suyuufal mukhtalifata wasy syada ida wal mihana maa dhahara minhaa wamaa bathana min baladinaa hadzaa khash shataw wamibbul daanil muslimiina ‘ aammatan innaka’ alaama tasyaa’u qadiir.

Artinya: "Ya Allah, dengan kebenaran fatihah dan dengan rahasia yang terkandung dalam fatihah, ya Allah Tuhan Yang melapangkan kedudukan dan Yang menghilangkan kesedihan, Ya Allah Tuhan Yang Maha kasih sayang kepada hambanya, Ya Allah, Tuhan Yang menghindarkan bala, Ya Allah Tuhan Pengasih Yang menolakkan bala, Ya Allah Tuhan Yang Maha Penyayang Yang menjauhkan bala, tolakanlah dari kami malapetaka, bala, bencana, kekejian dan kemungkaran, sengketa yang beraneka, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan yang tersembunyi, dalam negara kami khususnya dan dalam negara kaum muslimin pada umumnya, sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.