Sukses

Tak Nafsu Makan, dalam Perut Anjing Ini Ditemukan 16 Benda Asing

16 benda asing menyumbat perut anjing.

Liputan6.com, Jakarta Memelihara anjing dibutuhkan keterampilan dan ketelitian tersendiri. Selain memberikan makan teratur, menemaninya bermain untuk mendapatkan kesenangan. Namun para majikan harus berhati-hati dengan apa yang dimainkan anjing. Jangan sampai kejadian nahas anjing memakan 16 benda asing terulang.

Momen tak menyenangkan ini terpaksa harus dialami oleh seorang pria dengan anjing peliharaannya. Dia bernama David Warren dan anjingnya bernama Ben. David mengetahui anjing berjenis American Pit kesayangannya itu kehilangan nafsu makan. Segera ia membawa ke dokter Spesialis Hewan Northwest, Inggris.

Di sana Ben mendapat perawatan dan diperiksa kondisi pencernaannya menggunakan bantuan kamera endoskopi. Menyusuri sistem pencernaan, tim dokter segera mengetahui perut anjing peliharaan David terisi sejumlah 16 bola golf.

"Mereka bilang itu bola golf dan saya pikir Ben pasti menelan satu atau dua, tapi mereka bilang 'Tidak, dia menelan 16',” ungkap David terkejut.

Masih merasa tak percaya, namun anjing David harus menjalani penanganan medis yang intensif. Berikut Liputan6.com merangkum kisahnya melansir dari The Mirror, Selasa (10/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

16 Bola Golf Bersarang di Perut

Pencernaan tak serta merta mencerna setiap apa yang masuk ke dalam perut. Begitupun bola golf yang sengaja ditelan anjing David ini. Bola golf tak bisa dicerna dan bersarang di dalam perut anjing. Akhirnya, benda asing yang masuk ke dalam lambung bakal merusak sistem pencernaan.

Tak hanya satu atau dua bola, ada sejumlah 16 bola golf yang bersarang di dalam perut anjing kesayangan pria 70 tahun itu. Hal ini membuat nafsu makan anjing menurun. Kejanggalan ini lantas menjadi perhatian khusus bagi David. Segera ia membawa sang anjing ke rumah sakit. 

3 dari 4 halaman

Penyumbatan Saluran Pencernaan

Anjing berusia dua tahun tersebut lantas mendapatkan pemeriksaan endoskopi. Tujuannya ialah memastikan letak pasti bola-bola golf tersebut bersarang. Seketika David terkejut mendengar pernyataan sang dokter hewan. 

"Saya ngeri ketika dokter hewan memberitahu saya tentang penyumbatan di perutnya,” ungkap David Warren.

Bahkan David masih tak percaya anjingnya rutin memakan bola golf, mengingat dirinya bukan pehobi golf. David menyimpulkan bola-bola golf tersebut secara tak sengaja ditemukan sang anjing dan dimakan. 

4 dari 4 halaman

Operasi Berjalan Lancar

Usai melakukan endoskopi, pihak ahli bedah menyimpulkan terjadinya penyumbatan besar akibat kumpulan bola golf yang bersarang di dalam perut Ben.

"Perut Ben sangat penuh sehingga kami perlu melakukan operasi darurat untuk membuka perut untuk memungkinkan kami mengeluarkan bola,” ungkap Dylan Payne, ahli bedah di Northwest

Untungnya, operasi dua jam menyelamatkan anjing itu berjalan lancar. Ben kini mulai bermain dan menjalani aktivitasnya secara normal. Bahkan David masih merasa tak percaya saat dokter menawarkannya sekantong bola untuk dibawa pulang setelah operasi.

Kini David menyiasati permainan bersama anjingnya menggunakan bola tenis. Hal ini dipilih karena bola tenis terlalu besar untuk ditelan sang anjing. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.