Sukses

Arti Gabut, Ghosting, Bucin, dan Lainnya, Ketahui Penggunannya

Liputan6.com, Jakarta Arti gabut banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari. Arti gabut termasuk bahasa gaul yang populer beberapa tahun terakhir. Biasanya, arti gabut dipakai sebagai bahasa santai.

Arti gabut termasuk dari banyak istilah gaul yang populer di Indonesia. Arti gabut sebenarnya berasal dari singkatan gaji buta. Tapi, dalam bahasa gaul, arti gabut tak hanya sekadar tentang makan gaji buta.

Selain gabut, ada istilah populer lain seperti ghosting, bucin, baper, dan sebagainya. Berikut arti gabut dan bahasa gaul lainnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(11/5/2022).

2 dari 7 halaman

Arti gabut

Arti gabut adalah kependekan dari gaji buta. Gaji buta sebenarnya sudah lama ada untuk menggambarkan orang yang menerima gaji, tapi tidak melakukan apa-apa. Menurut KBBI, gaji buta artinya gaji yang diterima dengan tidak usah bekerja.

Gaji buta didefinisikan sebagai seseorang yang bekerja namun tidak melaksanakan tugas-tugasnya tapi tetap menerima gaji. Kini, gabut telah mengalami perluasan makna. Kata ini telah digunakan sebagai bahasa gaul yang populer di kalangan anak muda.

Dalam bahasa gaul saat ini gaji buta lebih sering disebut gabut. Kini, gabut adalah kata yang bisa menjadi kiasan. Gabut dalam bahasa gaul bisa berarti orang yang tidak melakukan aktivitas apapun dan bingung ingin melakukan apa.

Gabut adalah istilah yang menggambarkan perasaan yang tidak jelas dan tidak tahu harus berbuat apa. Kata ini bisa digunakan ketika kamu ingin mengungkapkan kondisi di mana kamu sedang bingung dan tidak memiliki kegiatan apa-apa.

3 dari 7 halaman

Arti ghosting

Kata Ghosting semakin populer digunakan anak muda Indonesia. Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menggantung. Ini menggambarkan orang yang tiba-tiba hilang tanpa alasan yang jelas. Sikap ini juga dapat berwujud pengabaian segala upaya komunikasi yang dilakukan oleh pihak yang digantung.

Ghosting bisa berarti hantu yang dapat menghilang secara tiba-tiba. Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali. Orang yang melakukan ghosting, yang biasanya adalah orang dekat kamu, tiba-tiba menghilang tanpa kabar dan tidak bisa dihubungi lagi.

4 dari 7 halaman

Arti bucin

Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

ecara umum, arti bucin adalah singkatan dari “budak cinta” dan pengertiannya mengarah pada orang-orang yang tergila-gila dengan kisah cinta yang sedang dirajutnya. Arti bucin identik pula dengan perasaan suka yang berlebihan dan tidak terkontrol.

5 dari 7 halaman

Arti baper

Baper sering digunakan dalam situasi seseorang menganggap serius setiap perkataan orang. Istilah baper kerap muncul pada pasangan yang sedang PDKT, emosi, atau dalam situasi iba.

Baper adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Bawa Perasaan. Istilah gaul ini merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain. Orang yang baper sering menggunakan emosi di tiap momen yang ia lalui.

6 dari 7 halaman

Arti mager

Mager adalah istilah gaul yang merupakan singkatan dari 'Males gerak.' Mager bahkan sudah masuk dalam KBBI, lho. Menurut KBBI mager berarti malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apapun.

Mager menggambarkan seseorang yang enggan atau tidak bersemangat melakukan aktivitas apapun. Orang yang mager bisanya malas untuk bergerak dan tidak ingin melakukan apapun.

7 dari 7 halaman

Arti bahasa gaul lainnya

Julid

Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian lagi yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

Pansos

Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

Kicep

Kicep merupakan kondisi dimana seseorang tidak bisa membalas perkataan lawannya. Di KBBI, kicep diartikan sebagai "diam karena takut atau gelisah."

Kepo

Kepo merupakan singkatan dari knowing every particular object. Dalam KBBI, kepo didefinisikan sebagai rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain. Istilah ini dilontarkan pada orang yang terlalu penasaran terhadap sesuatu.

Maksi

Maksi adalah kependekan dari makan siang. Di KBBI sendiri, ada dua istilah maksi, maksi pertama adalah penyebutan soal ukuran dress. Sedangkan maksi kedua adalah makan siang bersama teman.

Halu

Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi. Halu atau halusinasi adalah pengalaman sensorik yang tampak nyata, namun hal tersebut diciptakan oleh pikiran. Halu dalam bahasa gaul bisa menggambarkan seseorang yang berpikir atau berkata terlalu tinggi tapi tak bisa dibuktikan kebenarannya.

Gercep

Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

Mantul

Mantul adalah singkatan gaul istilah dari mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

Komuk

Komuk adalah singkatan gaul istilah dari kondisi muka. Kata komuk digunakan dalam bahasa kehidupan pergaulan sehari-hari kalangan anak muda untuk menggambarkan kondisi wajah seseorang.

Gaje

Gaje adalah singkatan gaul istilah dari gak jelas atau enggak jelas. Gaje menggambarkan situasi dimana keadaan tidak jelas atau tidak menentu. Arti gaje bisa merujuk pada situasi tertentu atau seseorang yang tidak jelas apa maunya.