Sukses

Bacaan Doa Tasyahud Akhir Sebelum Salam dan Keutamaannya

Liputan6.com, Jakarta Bacaan doa tasyahud akhir sebelum salam dibaca setelah membaca doa tasyahud awal. Bacaan doa tasyahud akhir sebelum salam adalah berupa tasyahud, selawat, dan salam.

Bacaan doa tasyahud akhir sebelum salam adalah bagian dari doa untuk Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, dan doa untuk hamba Allah yang saleh.

“Jika kamu telah selesai melakukan tasyahud akhir, maka berlindunglah kepada Allah SWT dari empat hal, adzab api Jahanam, adzab kubur, fitnah hidup dan mati, dan keburukan Dajjal yang terhapus dari rahmat-Mu.” (HR. Muslim)

Dalam buku berjudul Sehat dengan Shalat oleh H. Hendrik dijelaskan membaca bacaan doa tasyahud akhir sebelum salam adalah memiliki keutamaan mampu menghindarkan seseorang dari fitnah Dajjal.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam bacaan doa tasyahud akhir sebelum salam dan keutamaan membacanya, Rabu (11/5/2022).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Tasyahud Akhir Sebelum Salam Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan doa tasyahud akhir sebelum salam adalah sama dengan bacaan doa tahiyat akhir. Bacaan doa tasyahud akhir sebelum salam dibaca setelah membaca doa tasyahud awal.

“Bacaan tahiyat atau tasyahud adalah bacaan dalam sholat untuk menghormati Allah SWT,” dijelaskan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Dalam buku berjudul Kitab Lengkap Panduan Shalat oleh M. Khalilurrahman Al-Mahfani, Ma, Abdurrahim Hamdi, MA., posisi duduk tahiyat akhir atau tasyahud akhir sebelum salam adalah salah satu rukun fi'liyah dalam sholat.

Posisi sholat saat membaca bacaan doa tasyahud akhir sebelum salam adalah duduk tawarruk atau dilakukan dengan:

1. Menempelkan sisi pantat kiri ke lantai.

2. Kaki kiri ditempatkan di bawah, serta mengeluarkan ke arah kanan

3. Bagian pangkal paha, seperti dua mata kaki di atas dua otot.

4. Jari-jari kaki kanan menekan ke tanah.

Lalu bagaimana bacaan doa tasyahud akhir tersebut?

Ini penjelasan bacaan doa tasyahud akhir dalam sholat bahasa Arab, latin, dan artinya sesuai kesepakatan para ulama Nahdlatul Ulama (NU).

 

Bacaan Doa Tasyahud Akhir dalam Sholat Bahasa Arab:

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Bacaan Doa Tasyahud Akhir dalam Sholat Latin:

Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.

Arti Bacaan Doa Tasyahud Akhir dalam Sholat:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim.

Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung."

 

Apabila sudah membaca bacaan doa tasyahud akhir, selanjutnya lengkapi dengan bacaan doa tasyahud akhir sebelum salam. Dalam buku berjudul Kumpulan Doa Mustajab Sepanjang Hayat oleh Drs. Nurdin Hasan, M.Ag begini bacaan doa tasyahud akhir sebelum salam.

 

Bacaan Doa Tasyahud Akhir Sebelum Salam Bahasa Arab:

أَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Bacaan Doa Tasyahud Akhir Sebelum Salam Latin:

Allaahumma inni a uudzubika min adzaabil qabri wa min adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamati wa min fitnatil masiihid ddajjaal.

Arti Bacaan Doa Tasyahud Akhir Sebelum Salam:

"Ya Allah aku berlindung hanya kepada-Mu dari siksaan neraka Jahannam, dari adzab kubur, dari bencana kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal." (HR. Al Bukhari).

Kemudian ditutup dengan salam (Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barokaatuhu) yang artinya Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, rahmat dari Allah SWT dan berkah-Nya.

 

 

3 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Bacaan Doa Tasyahud Akhir Sebelum Salam

Apa keutamaan membaca bacaan doa tasyahud akhir sebelum salam? Pada posisi duduk tahiyat akhir atau tasyahud akhir, bacaan yang harus dibaca adalah tasyahud, selawat, dan salam.

Dalam buku berjudul Sehat dengan Shalat oleh H. Hendrik dijelaskan membaca bacaan doa tasyahud akhir sebelum salam adalah memiliki keutamaan mampu menghindarkan seseorang dari dari fitnah Dajjal.

Ini makhluk yang akan muncul di akhir zaman dan akan menyesatkan dengan bujuk rayunya. Adanya keutamaan membaca bacaan doa tasyahud akhir sebelum salam ini ditegaska dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah.

“Jika kamu telah selesai melakukan tasyahud akhir, maka berlindunglah kepada Allah SWT dari empat hal, adzab api Jahanam, adzab kubur, fitnah hidup dan mati, dan keburukan Dajjal yang terhapus dari rahmat-Mu.” (HR. Muslim)

4 dari 4 halaman

Bacaan Niat Sholat 5 Waktu Arab, Latin, dan Artinya

1. Bacaan Niat Sholat Subuh

Memahami sholat subuh adalah dikerjakan pada waktu mulai dari terbit fajar sampai matahari terbit dengan jumlah 2 rakaat. Ini bacaan niat sholat 5 waktu yang subuh.

Bacaan Niat Sholat Subuh Arab:

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Subuh Latin:

Usholli fardlon shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta'aala

Arti Bacaan Niat Sholat Subuh:

"Aku niat melakukan sholat fardu subuh dua rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala."

2. Bacaan Niat Sholat Zuhur

Memahami sholat zuhur adalah dikerjakan pada waktu mulai dari tergelincirnya matahari dari tengah-tengah langit sampai bayangan sesuatu yang ada di bawahnya hampir sama panjangnya dengan jumlah 4 rakaat. Ini bacaan niat sholat 5 waktu yang zuhur.

Bacaan Niat Sholat Zuhur Arab:

اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ أَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Zuhur Latin:

Usholli fardlon dhuhri arba'a rok'aataim mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta'aala

Arti Bacaan Niat Sholat Zuhur:

"Aku niat melakukan sholat fardu dhuhur empat rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala."

3. Bacaan Niat Sholat Ashar

Memahami sholat ashar adalah dikerjakan pada waktu mulai dari bayangan suatu benda sama panjangnya dengan benda itu sendiri sampai matahari hampir terbenam atau cahaya matahari belum berwarna kuning dengan jumlah 4 rakaat. Ini bacaan niat sholat 5 waktu yang ashar.

Bacaan Niat Sholat Ashar Arab:

أُصَلِّى فَرْضَ العَصْرِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Ashar Latin:

Usholli fadlol ashri arba'a roka'aataim mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta'aala

Arti Bacaan Niat Sholat Ashar:

"Aku niat melakukan sholat fardu ashar empat rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala."

4. Bacaan Niat Sholat Magrib

Memahami sholat magrib adalah dikerjakan pada waktu mulai dari matahari terbenam sampai mega merah hampir hilang dengan jumlah 3 rakaat. Ini bacaan niat sholat 5 waktu yang magrib.

Bacaan Niat Sholat Magrib Arab:

أُصَلِّى فَرْضَ المَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَ

Bacaan Niat Sholat Magrib Latin:

Usholli fardlol maghribi tsalaatsa roka'aataim mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta'aala

Arti Bacaan Niat Sholat Magrib:

"Aku niat melakukan sholat fardu maghrib tiga rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala."

5. Bacaan Niat Sholat Isya

Memahami sholat isya adalah dikerjakan pada waktu mulai dari hilangnya mega merah sampai fajar shadiq hampir terbit dengan jumlah 4 rakaat. Ini bacaan niat sholat 5 waktu yang isya.

Bacaan Niat Sholat Isya Arab:

أُصَلِّى فَرْضَ العِشَاء ِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Isya Latin:

Usholli fardlol i'syaa-i arba'a roka'aataim mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta'aala

Arti Bacaan Niat Sholat Isya:

"Aku niat melakukan sholat fardu isya empat rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala."