Sukses

6 Fakta Bilqis Prasista, Pebulu tangkis Rangking 333 yang Kalahkan Peringkat 1 Dunia

Liputan6.com, Jakarta Pebulu tangkis Bilqis Prasista kini tengah menjadi sorotan para pecinta bulu tangkis Tanah Air. Bahkan namanya menjadi trending topic di Twitter lantaran prestasinya yang mengejutkan pada pertandingan Piala Uber 2022. Dalam laga pembuka melawan Jepang di penyisihan grup A, Bilqis menang atas wakil Jepang, Akane Yamaguchi.

Akane merupakan tunggal putri nomor satu dunia. Pada laga yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/5/2022), Bilqis sukses menaklukkan Akane dengan skor 21-19, 21-19. Kemenangan ini sekaligus jadi poin pertama bagi Indonesia dalam babak penyisihan Grup A Piala Uber 2022.

Kemenangan ini kian luar biasa karena Bilqis Prasista sendiri saat ini merupakan pemain berperingkat 333 dunia. Bilqis mengaku tidak menyangka bisa menang atas Akane. Selain merupakan tunggal putri nomor satu dunia, Akane juga sudah berpengalaman dan punya banyak prestasi di ajang bulu tangkis.

Kalahkan sang peringkat nomor satu dunia, berikut ini beberapa fakta menarik tentang Bilqis Prasista yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/5/2022).

2 dari 7 halaman

1. Putri dari pasangan legenda bulu tangkis

Melansir Merdeka.com, Bilqis Prasista rupanya merupakan putri dari legenda bulu tangkis Joko Suprianto dan Zelin Resiana. Joko Suprianto adalah salah satu legenda bulu tangkis Indonesia di sektor tunggal putra. Ia pernah menyabet gelar Juara Dunia tahun 1993. Sementara ibunya juga pernah membawa pulang trofi Piala Uber 1994 dan 1996. Kala itu, Zelin bermain di sektor ganda.

3 dari 7 halaman

2. Punya saudara kembar

Selain tumbuh besar di keluarga legenda bulu tangkis, srikandi muda ini juga memiliki saudari kembar yang juga pandai bermain bulu tangkis bernama Bilqis Pratista. Keduanya bergabung dengan klub PB Djarum pada tahun 2018.

Berada di lingkungan pebulutangkis yang andal membuat pasangan kembaran ini juga mahir dalam memainkan raket dan kok.

 

4 dari 7 halaman

3. Nama panggilan yang unik

Atlet kelahiran 24 Mei 2003 ini rupanya punya nama panggilan yang unik. Jika biasanya seseorang akan dipanggil dengan nama depannya, hal berbeda justru dialami Bilqis. Memiliki nama yang cukup unik, ia justru lebih akrab disapa dengan panggilan akrab 'Sista'.

5 dari 7 halaman

4. Ranking BWF Bilqis Prasista

Bilqis Prasista saat ini masih menduduki peringkat 333 dunia di sektor tunggal putri. Lewat kemenangan kejutannya ini, perempuan 18 tahun itu menambah catatan prestasinya di bidang bulutangkis. Selain itu, ia juga menyumbangkan poin pertama untuk Indonesia saat berhadapan dengan tim Negeri Sakura.

 

6 dari 7 halaman

5. Kalahkan peringkat 1 dunia

Dalam laga Piala Uber 2022, Bilqis berhasil menakhlukkan peringkat pertama dunia Akane Yamaguchi, pebulu tangkis perempuan asal Jepang dengan skor (21-19) dan (21-19) pada Rabu (11/5/2022). Kemenangan ini sekaligus menjadi poin pertama bagi Indonesia pada laga yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok.

7 dari 7 halaman

6. Strategi kemenangan Bilqis

Bilqis menceritakan, strategi yang diterapkan saat pertandingan ini adalah membuat Akane terus berlari, sembari ia juga tetap bertahan dan semangat. Di samping itu, ia juga menyatakan bermain tanpa beban, karena ia merasa tidak ada yang tidak mungkin. 

"Orang tua (Joko Suprianto dan Zelin Resiana), juga berpesan kalau ketemu siapa saja, jangan takut dan selalu yakin. Sebab tidak ada yang tidak mungkin sepanjang mau berusaha dan yakin kita bisa," tuturnya.