Sukses

UTBK Adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer, Ketahui Jadwal dan Ketentuannya

UTBK adalah nama ujiannya dan SBMPTN adalah proses seleksinya. UTBK adalah tes masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Liputan6.com, Jakarta Pengertian UTBK adalah jenis tes masuk Perguruan Tinggi. UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer yang hasilnya nanti akan digunakan untuk mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Secara sederhana, UTBK adalah nama ujiannya dan SBMPTN adalah proses seleksinya. UTBK adalah tes masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Pelaksanaan UTBK oleh LTMPT memiliki keunggulan karena hasil tes kredibel, terstandar, dan nilai diberikan secara individu kepada peserta. Untuk dapat mengikuti UTBK, calon mahasiswa harus mengetahui syarat, jadwal, dan biayanya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tujuan UTBK, jadwal, dan ketentuan mengikutinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian UTBK

Dikutip dari laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), SBMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sejak tahun 2019 SBMPTN menggunakan hasil UTBK dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

UTBK adalah tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh LTMPT. LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Pelaksanaan UTBK oleh LTMPT memiliki keunggulan karena hasil tes kredibel, terstandar dan nilai diberikan secara individu kepada peserta.

Jika anda ingin ikut SBMPTN 2022, maka harus ikut UTBK 2022. UTBK 2022 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat). Serta lulusan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Keikutsertaan dalam UTBK adalah syarat utama untuk mengikuti atau daftar SBMPTN.

UTBK 2022 memiliki berbagai ketentuan, di antaranya:

1. Terdapat tiga materi tes, yakni TPS, Bahasa Inggris, dan TKA

2. Metode tes dari UTBK adalah ujian tulis berbasis komputer

3. Kelompok ujian UTBK ada tiga macam, yakni Saintek, Soshum, dan Campuran

4. Setiap murid yang mendaftar hanya bisa mengikuti satu kali tes

5. Setiap murid yang mengikuti tes akan diberikan hasil tes yang telah dijalani secara individu.

Waktu yang dapat digunakan peserta untuk mengerjakan UTBK di bidang Sains dan Teknologi atau Saintek serta Sosial dan Humaniora atau Soshum adalah 195 menit. Sedangkan di bidang ujian campuran yang terdiri dari Saintek dan Soshum, peserta akan diberikan waktu 285 menit.

3 dari 5 halaman

Tujuan Pelaksanaan UTBK dan SBMPTN

1. Tujuan UTBK

Berikut beberapa tujuan UTBK adalah:

a. Memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu.

b. Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel yaitu memilih lokasi dan waktu tes.

2. Tujuan SBMPTN

a. Menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil UTBK dan atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri.

b. Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri secara lintas wilayah.

c. Membantu perguruan tinggi untuk memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan nilai akademik dan atau prestasi lainnya.

4 dari 5 halaman

Jadwal UTBK-SBMPTN 2022

Pendaftaran UTBK 2022 sendiri sudah dibuka dari Rabu 23 Maret 2022 hingga Jumat 15 April 2022. Tes UTBK akan diadakan menjadi dua gelombang, yakni:

1. Gelombang 1 pada tanggal 17-23 Mei 2022.

2. Gelombang 2 pada 28 Mei - 3 Juni 2022 

Sebagaimana telah disampaikan pada awal sosialisasi, LTMPT menyebutkan akan ada penyesuaian jadwal pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 khusus untuk beberapa wilayah. Hal itu sehubungan dengan waktu ibadah. Berikut jadwal UTBK SBMPTN 2022 terbaru:

1. Jadwal UTBK SBMPTN 2022 kelompok ujian campuran tidak ada perubahan.

2. Jadwal UTBK SBMTPN 2022 kelompok usian saintek atau soshum pada hari Senin sampai dengan Kamis serta Sabtu dan Minggu, baik sesi pagi maupun siang tidak ada perubahan, kecuali untuk daerah yang termasuk Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB).  Khusus untuk daerah-daerah yang termasuk WIB, yang semula dimulai pukul 12.30 sampai 16.15 dimundurkan menjadi mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 16.45 WIB.

3. Jadwal UTBK SBMPTN 2022 Kelompok Ujian Saintek atau Soshum khusus pada hari Jumat pada sesi siang, untuk daerah-daerah yang termasuk WIB ada perubahan menjadi sebagai berikut:

a. Untuk daerah-daerah di Jawa yang semula dimulai pukul 12.30 sampai pukul 16.15 WIB diundur menjadi mulai dari pukul 13.15 WIB sampai pukul 17.00 WIB. 

b. Untuk daerah-daerah di luar Jawa yang semula dimulai pukul 12.30 sampai pukul 16.15 WIB diundur menjadi dimulai dari pukul 13.45 sampai pukul 17.30 WIB.

Sementara itu, berikut jadwal UTBK SBMPTN 2022 terbaru selengkapnya:

1. Registrasi akun LTMPT pada 14 Februari - 17 Maret 2022.

2. Pendaftaran dibuka pada 23 Maret diakhiri pada 15 April 2022.

3. UTBK Gelombang 1 dilaksanakan pada 17 sampai 23 Mei 2022.

4. UTBK Gelombang 2 dilaksanakan pada 28 Mei sampai 3 Juni 2022.

5. Pengumuman hasil seleksi masuk dilaksanakan pada 23 Juni 2022.

6. Masa unduh sertifikat UTBK dilaksanakan pada 25 Juni sampai 31 Juli 2022.

5 dari 5 halaman

Tata Tertib UTBK SBMPTN 2022

Dikutib dari laman resmi LTMPT, tata tertib UTBK SBMPTN 2022 adalah sebagai berikut:

1. Siswa membawa kartu peserta resmi UTBK, masker, dan hand sanitizer.

2. Siswa membawa kartu identitas sebagai siswa dan KTP/Paspor.

3. Siswa membawa surat keterangan lulus asli untuk peserta angkatan 2022.

4. Siswa membawa ijazah yang telah dilegalisasi untuk angkatan 2020 dan 2021.

5. Siswa lulusan SMA sederajat dari luar negeri dapat membawa ijazah yang sudah disetarakan. 

6. Saat mendaftar dan mendatangi aktifitas resmi UTBK SBMPTN 2022, siswa harus mengenakan pakaian formal yang rapi dan mengenakan sepatu.

Selain tata tertib UTBK SBPMTN 2022 yang resmi dirilis oleh LTMPT, siswa juga wajib mengetahui tata tertib UTBK SBMPTN yang diumumkan oleh masing-masing universitas tujuan. Misalnya, siswa harus tahu tata tertib UTBK SBMPTN 2022 dari universitas di bawah ini:

1. Tata Tertib UTBK SBMPTN 2022 IPB

a. Peserta wajib instal aplikasi PeduliLindungi.

b. Peserta sudah mendapatkan vaksin lengkap (vaksin 1 dan 2) dan vaksin booster sehingga tidak perlu melampirkan hasl SWAB Antigen/PCR.

c. Peserta yang sudah melakukan vaksin lengkap dan belum booster wajib melampirkan hasil tes Swab Antigen yang berlaku 1x24 jam.

d. Peserta yang sudah vaksin pertama dan belum vaksin kedua serta belum vaksin booster wajib melampirkan hasil tes PCR yang berlaku selama 3x24 jam.

e. Peserta yang sama sekali belum vaksin wajib melampirkan hasil tes PCR yang berlaku 3x24 jam, surat dari dokter RS Pemerintah yang dapat memberikan keterangan alasan tidak dapat divaksin. 

2. Tata Tertib UTBK SBMPTN 2022 UNDIP

a. Peserta harus membawa kartu tanda peserta ujian .

b. Peserta harus membawa ijazah SMA/SMK/MA sederajat dan sudah dilegalisasi atau surat keterangan lulus.

c. Peserta harus berpakain rapi, dilarang pakai kaos oblong dan harus bersepetau saat datang ke Universitas.

d. Peserta harus datang tepat waktu, jika terlambat dan tes sudah dimulai, peserta tidak boleh ikut ujian.

e. Peserta harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Untuk informasi selengkapnya mengenai tata tertib UTBK SMPTN 2022 dari UNDIP bisa disimak langsung ke laman universitas terkait. Tak hanya UNDIP, siswa juga disarankan untuk melihat tata tertib UTBK SBMTN 2022 dari universitas lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.