Sukses

6 Cara Menyimpan Buah Semangka Agar Tahan Lama, Manfaatnya Luar Biasa

Cara menyimpan buah semangka yang benar perlu kamu kenali agar tahan lama.

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan buah semangka yang benar perlu kamu kenali agar tahan lama. Pasalnya, seperti buah lainnya, semangka juga memiliki waktu tertentu bisa layak dikonsumsi hingga akhirnya membusuk.

Hal ini tentunya patut diperhatikan saat kamu menyimpannya. Menurut National Watermelon Promotion Board, buah semangka memiliki ketahanan yang cukup lama untuk ukuran buah jika belum dibelah atau dibuka, yaitu 3-4 minggu setelah dipanen. Namun hal ini berbeda bila buah berdaging merah ini telah dibuka.

Cara menyimpan buah semangka agar tahan lama perlu kamu terapkan di rumah. Apalagi, buah segar satu ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh kamu. Mengonsumsinya saat udara sedang panas terik juga akan sangat menyegarkan tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/5/2022) tentang cara menyimpan buah semangka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menyimpan Buah Semangka yang Benar

Cara menyimpan buah semangka yang benar perlu memperhatikan tempatnya. Salah satu tempat penyimpanan makanan yang menjadi andalan banyak orang tentunya adalah kulkas. Kamu juga bisa menggunakan kulkas sebagai cara menyimpan buah semangka agar tahan lama.

Cara menyimpan buah semangka ini berlaku pula bagi buah yang sudah dipotong. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara menyimpan buah semangka yang sudah dipotong, bila disimpan di kulkas bersama makanan mentah berisiko terpapar bakteri jahat. Risiko tersebut akan semakin tinggi bila semangka yang sudah dipotong dibiarkan di wadah terbuka. Hal ini akan membuatnya mudah terpapar bakteri. Semakin lama disimpan di kulkas, akan semakin banyak bakteri yang tumbuh. 

Oleh karena itu, kamu perlu memahami cara menyimpan buah semangka yang benar, seperti Liputan6.com kutip dari KlikDokter, di bawah ini:

1. Pastikan semangka yang disimpan di dalam kulkas belum dipotong. Namun, kalau sudah dipotong, simpan buah semangka dalam wadah tertutup yang bersih dan khusus untuk menyimpan makanan. 

2. Jangan menyimpan buah semangka menggunakan plastik biasa, karena dapat menjadi tempat pembiakkan bakteri.

3. Hindari mencampur penyimpanan makanan mentah dengan makanan matang. Bila memungkinkan, pisahkan kulkas makanan mentah dan makanan matang. 

4. Jaga suhu kulkas agar tetap berada pada suhu optimal (tidak terlalu dingin atau terlalu panas). Suhu yang terlalu dingin dapat merusak atau membekukan makanan segar. Sementara, suhu yang terlalu panas bisa merusak dan mengurangi daya simpan makanan.

5. Jangan lupa selalu bersihkan kulkas secara teratur agar terbebas dari bakteri atau jamur yang mungkin bersarang di dalamnya. Pastikan kulkas selalu dalam keadaan kering dan tidak berbau. 

6. Terapkan metode “first in first out”, yaitu konsumsi bahan makanan berdasarkan urutan yang lebih dulu masuk ke kulkas. Jangan lupa selalu periksa tanggal kedaluwarsa makanan kemasan agar tidak terlewat.

Itulah beberapa cara menyimpan buah semangka yang benar di kulkas. Cara menyimpan buah semangka ini perlu benar-benar kamu perhatikan agar makanan tahan lama dan kamu bisa mendapatkan manfaatnya untuk tubuh.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Setelah mengenali cara menyimpan buah semangka yang benar, kamu bisa mengenal manfaatnya yang begitu luar biasa. Buah ini tentunya tidak hanya menyegarkan saja, namun juga mengandung berbagai nutrisi untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat semangka untuk kesehatan:

- Membantu hidrasi tubuh. Manfaat buah semangka ini tentunya dipengaruhi oleh kandungan air yang begitu melimpah. Semangka terdiri atas 92% air. Kandungan air yang tinggi di dalamnya juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

- Menyehatkan pencernaan. Selain karena kandungan airnya yang tinggi, semangka juga mengandung serat yang juga baik untuk pencernaan. Kedua kandungan ini memang sangat vital untuk mendukung kesehatan pencernaan. Jadi, makan buah dan sayuran yang kaya air dan kaya serat, termasuk semangka, dapat membantu buang air besar lebih lancar serta mencegah sembelit.

- Baik untuk kulit dan rambut. Hal ini berkat kandungan Vitamin A dan C yang menjadikan kulit dan rambut tetap sehat. Jika kamu kekurangan vitamin A, kulit bisa tampak kering dan tidak sehat. Sementara vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, protein yang bertanggung jawab untuk kulit kenyal dan rambut kuat.

- Menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa likopen dalam semangka mampu membantu menurunkan kolesterol. Semangka juga menyimpan citrulline di dalamnya, yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Vitamin A, C, dan magnesium dalam semangka juga menjadikan manfaat semangka baik untuk jantung.

- Mencegah kanker. Vitamin C dapat mencegah kanker dengan melawan radikal bebas. Tak hanya itu, cucurbitacin E dalam semangka dinilai bisa menghambat pertumbuhan tumor. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan likopen, zat yang terdapat dalam semangka, berhubungan dengan risiko terkena kanker prostat yang lebih rendah. Hal ini disebabkan karena semangka tinggi akan kandungan vitamin C tersebut.

- Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat buah semangka juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini karena tingginya antioksidan yang disebut glutathione di dalam semangka. Jenis antioksidan ini dapat melawan infeksi.

- Menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan likopen memengaruhi manfaat buah semangka untuk kesehatan mata. Ketiga nutrisi ini dapat mencegah risiko menurunnya kemampuan penglihatan karena faktor usia, seperti katarak dan degenerasi makula.

- Meringankan nyeri otot. Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry mengatakan bahwa jus semangka dapat mengurangi nyeri otot yang biasa terjadi setelah berolahraga. Manfaat semangka yang satu ini ternyata diperoleh dari kandungan citrulline yang ada di dalam semangka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.