Sukses

Viral Curhatan Pemudik Habiskan Rp20 Juta untuk Seminggu di Kampung Halaman

Liputan6.com, Jakarta Mudik sudah menjadi tradisi yang begitu melekat bagi masyarakat Tanah Air. Sebagian besar orang akan pulang ke kampung halaman bertepatan dengan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Tahun ini pun masyarakat bisa merasakan berkumpul kembali dengan sanak saudara usai dua tahun dilarang oleh pemerintah akibat Covid-19.

Walaupun bahagia bisa berkumpul di kampung halaman, namun momen mudik ini juga membutuhkan biaya yang tak sedikit. Terlebih lagi yang memiliki banyak saudara. Pemudik akan membawakan berbagai macam oleh-oleh dan hadiah untuk kerabatnya.

Belum lagi jika ketika mudik harus datang ke rumah saudara atau menginap di hotel selama perjalanan. Tentunya juga menambah biaya ekstra. Seperti halnya yang dirasakan oleh pemudik satu ini.

Lewat akun TikToknya @susansusiloputri, ia curhat biaya yang dikeluarkan keluarganya saat mudik Lebaran. Setidaknya hampir Rp20 juta untuk seminggu selama di kampung halaman. Video itu pun lantas viral dan banyak dikomentari warganet.

2 dari 4 halaman

Habiskan Biaya Hampir Rp20 Jutaan untuk Mudik

Dilansir dari akun TikTok @susansusiloputri oleh Liputan6.com, Kamis (12/5/2022)  seorang TikToker bernama Susan Susilo Putri bagikan curhatannya saat mudik Lebaran lalu. Lewat video berdurasi 26 detik, Susan bercerita bagaimana dia menghabiskan begitu banyak biaya saat pulang kampung.

"Cuma mau bilang... biaya mudik itu tidak murah. 20 jutaan dihabiskan hanya untuk 1 minggu"

"Balik ke Jakarta mikir biaya operational buat sehari-hari kerja, bukan ngeluh tapi hanya sharing aja," tulis Susan di video yang diunggahnya pada Minggu (8/5/2022).

3 dari 4 halaman

Rincian Pengeluaran

Selanjutnya dalam video itu Susan merinci biaya yang harus dikeluarkannya selama melakukan perjalanan mudik. Mulai dari berangkat dari Jakarta hingga mudik ke dua tempat sekaligus yaitu Wonosobo dan Temanggung, Jawa Tengah.

Sebelum berangkat, Susan menghabiskan Rp2,5 juta untuk biaya servis mobil, bahan bakar dan e-toll. Ia juga perlu membeli hampers untuk keluarganya dan keluarga suaminya yang totalnya 8 hampers. Biaya untuk hampers tersebut mencapai Rp 5 juta sampai Rp6 juta.

Untuk perbekalan selama berada di jalan, Susan menghabiskan Rp500 ribu untuk dua mobil yang masing-masing berisi dua orang. Ia juga menambahkan biaya ekstra Rp600 ribu untuk bahan bakar satu mobil jika harus jalan-jalan berlibur.

Susan mengaku terpaksa menginap di hotel bertarif Rp600 ribu semalam selama 4 hari hingga keluar uang Rp2,4 juta karena rumah eyang yang tak cukup untuk seluruh keluarga. Ia menginap di hotel dengan tarif satu malam Rp750 ribu untuk dua malam di Cilacap.

4 dari 4 halaman

Beragam Komentar Warganet

Video yang diunggah apda Minggu (8/5/2022) itu pun menui beragam komentar warganet. Tak sedikit yang setuju dengan curhatan Susan. Rupanya banyak pemudik yang juga menghabiskan biaya besar saat pulang ke kampung halaman. Namun ada pula yang menyebut jika biaya itu sepadan dengan bisa kumpul keluarga.

"cuma Mao bilang.. harga segitu tidak sebanding dengan senyuman orang tua kita ygmelihat kita pulang🥰.. semangat pejuang mudik." tulis Sri M.

"berangkat mudik pegang duit segepok .. plg mudik tinggal beberapa lembar, tp nga tau knpah, bahagia banged hati. melihat orang tua, dtengin saudara 🥰" sambung ayu_andriani89.

"betul sekali..dan habis lebaran ayo kita kerja n menabung lagi u mudik tahun depan🥰" timpal yunita dwiwulandari.