Sukses

17 Contoh Alat Musik Melodis dan Cara Memainkannya

Alat musik melodis memiliki tangga nada minimal 2 oktaf.

Liputan6.com, Jakarta Memahami alat musik melodis adalah semua jenis alat musik yang bisa menghasilkan nada dan suara. Alat musik melodis apabila dimainkan dengan baik dan benar akan menghasilkan suara merdu.

Dalam modul berjudul Seni Budaya yang dipublikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, alat musik melodis memiliki fungsi memainkan susunan nada-nada sebuah lagu dengan tangga nada minimal 2 oktaf.

Apa saja contoh alat musik melodis itu? Contoh alat musik melodis ada banyak sekali dan cara memainkannya ada yang ditiup, dipetik, ditekan, hingga digoyangkan. Misalnya saja seperti gitar, piano, seruling, angklung, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam contoh alat musik melodis dan cara memainkannya, Jumat (13/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Contoh Alat Musik Melodis dan Cara Memainkannya

1. Angklung

Angklung adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan digoyang. Ini contoh alat musik melodis tradisional Indonesia dari wilayah Sunda. Cukup unik dan kini sudah mendunia karena bentuk serta cara bermainnya.

Agar bisa menghasilkan not, alat musik melodis harus dimainkan dengan digotang. Suara yang dihasilkan berasal dari badan pipa bambu sehingga suara bergetar dalam susunan nada 2, 3 hingga 4 di setiap ukuran angklung, baik kecil maupun besar.

2. Calung

Calung adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan digoyang mirip angklung. Alat musik melodis ini terbuat dari bambu. Para pemain musik biasa memainkan calung bersamaan dengan angklung agar menghasilkan bunyi yang harmonis. Kedua alat musik ini bisa menghasilkan bunyi pentatonik yang sangat cocok untuk dipadukan dengan instrumen tersebut.

3. Sasando

Sasando adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan dipetik mirip gitar. Ini contoh alat musik melodis yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, tepatnya Pulau Rote. Warga di sana menamakannya dengan nama sasandu, yang artinya bergetar atau berbunyi.

4. Talempong

Talempong atau Cak Lempong adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan dipukul. Ini contoh alat musik melodis yang berasal dari suku Minangkabau, Indonesia. Bentuknya hampir sama dengan instrumen bonang dalam perangkat gamelan.

Talempong sebagai contoh alat musik melodis terbuat dari kuningan, tetapi ada pula yang terbuat dari kayu dan batu. Saat ini talempong dari bahan kuningan lebih banyak digunakan.

Contoh alat musik melodis talempong biasanya digunakan untuk mengiringi tarian pertunjukan atau penyambutan, seperti Tari Piring, Tari Pasambahan, Tari Alang Suntiang Pangulu, dan Tari Gelombang.

Talempong biasanya dibawakan dengan iringan akordion. Selain akordion, instrumen seperti saluang, gandang, serunai, dan instrumen tradisional Minangkabau lainnya umum dimainkan bersama talempong.

 

5. Terompet

Terompet adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan ditiup. Bunyi terompet berasal dari besarnya tenaga yang digunakan untuk memainkan fanfare, tetapi juga disebabkan oleh tabung logam yang sempit, lubang silindris, dan corong yang lebar dan mengembang.

6. Saxophon

Saxophon adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan ditiup. Ini alat musik tiup bersuara logam dengan jangkauan nada dan kemampuan ekspresinya yang besar.

Saxophone diciptakan oleh Adolphne Sax pada 1846. Ada empat jenis saxophone sebagai contoh alat musik melodis, yaitu saxophone sopran, alto, tenor, dan bariton. Keempatnya dapat membentuk kuartet yang setara dengan kuartet gesek.

7. Bonang

Bonang adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannnya dengan dipukul. Ini contoh alat musik melodis yang berasal dari Jawa dengan lima jenis not yang biasanya dimainkan dengan gamelan.

Alat ini sangat mirip dengan alat musik khas Minangkabau, yaitu talempong. Secara sekilas, bonang mirip dengan gong yang ditidurkan.

8. Seruling atau Suling

Seruling atau suling adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan ditiup. Agar bisa mempelajari teknik bermain contoh alat musik melodis seperti seruling dengan baik, seorang pemain harus bisa membaca not nada yang digunakan pada lagu tertentu. Biasanya not seruling bertuliskan angka disertai titik.

3 dari 3 halaman

Contoh Alat Musik Melodis dan Cara Memainkannya

9. Piano

Piano adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan ditekan. Alat musik piano menghasilkan suara dari tuts yang ditekan berwarna hitam dan putih.

Seorang pemain piano dikenal dengan sebutan pianist. Suara dari contoh alat musik melodis seperti piano, yang dihasilkan akan semakin indah dengan perpaduan antara tuts-tuts yang ditekan secara bersama-sama.

10. Akordion

Akordion adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan digantung atau ditopang. Di Indonesia, contoh alat musik melodis ini dikenal dengan nama akordeon atau akordion.

Di luar negeri, panggilannya tetap sama, tetapi dengan penulisan yang berbeda yakni accordeon. Akordeon merupakan alat musik sejenis organ dengan bentuk yang lebih kecil.

Alat musik ini dimainkan dengan cara menekan tombol-tombol 'akor' dengan menggunakan jari-jari tangan kiri, sedangkan yang tangan yang kanan memainkan melodi untuk mengiringi lagu. Tetapi, jika sudah ahli, biasanya menggunakan tangan secara bergantian.

Suara yang dihasilkan dari contoh alat musik melodis akordeon berasal dari pergerakan udara yang disalurkan ke 'lidah-lidah' akordeon. Udara ini timbul dari gerakan tangan sang pemain (dorongan dan tarikan).

11. Gitar

Gitar adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan dipetik. Gitar sangat fleksibel dan cocok untuk membawakan lagu dengan hampir seluruh genre.

Gitar bisa dimainkan dengan mengambil sikap berdiri atau duduk tergantung kenyamanan dan keadaan. Seorang pemain gitar yang biasa dikenal dengan istilah gitaris atau guitarist.

12. Kecapi

Kecapi adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan dipetik. Contoh alat musik melodis seperti kecapi mudah dijumpai dalam acara kesenian Sunda. Kecapi terbuat dari kayu Kenanga yang terlebih dahulu direndam selama tiga bulan.

Sedangkan senarnya, kalau ingin menghasilkan nada yang bagus, harus dari kawat suasa (logam campuran emas dan tembaga), seperti kecapi yang dibuat tempo dulu. Kecapi dimainkan dengan cara dipetik pada bagian dawai atau senar yang terbentang di atas papan kayu (tubuh kecapi).

13. Biola

Biola adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan digesek. Ini alat musik dawai (senar) yang terbuat dari bahan sintetis atau bisa dari rambut kuda asli.

Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah adalah G. Nama lain dari contoh alat musik melodis seperti biola adalah viola atau violin.

14. Harmonika

Harmonika adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya ditiup.  Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama 'Sheng' yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa.

16. Pianika

Pianika adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan ditekan. Persis seperti piano, contoh alat musik melodis seperti pianika dapat dimainkan dengan menekan tuts-tuts, tetapi dengan tiupan. Pianika mempunyai lubang ujung kanan untuk membuang udara dan air. Pemain contoh alat musik melodis seperti pianika dituntut harus mempunyai pengaturan napas yang sangat baik.

17. Rekorder

Rekorder adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya ditiup. Contoh alat musik melodis seperti rekorder menyerupai suling. Rekorder memiliki lubang untuk ibu jari yang berlawanan dengan tujuh lubang yang membuatnya unik.

Pemain harus menyesuaikan diri jika memiliki jari tangan yang tidak panjang. Pada masa ini, contoh alat musik melodis seperti rekorder sering dianggap sebagai alat musik yang biasa digunakan anak-anak sekolah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.