Sukses

16 Wisata Raja Ampat yang Populer dan Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Tertarik berkunjung ke provinsi Papua Barat, Indonesia? Jika iya, wajib banget mampir ke berbagai wisata Raja Ampat yang populer. Wisata Raja Ampat menyuguhkan panorama alam yang sangat menakjubkan.

Mulai dari hamparan pulau, pantai, perbukitan, dan masih banyak lagi yang tak kalah memukau. Sekadar informasi, di kabupaten Raja Ampat ada kurang lebih 600 buah pulau besar dan kecil.

Pulau-pulau besar diantaranya adalah Pulau Salawati, Pulau Butanta, Pulau Misool, dan Pulau Waigeo. Topografi di kabupaten Raja Ampat didominasi oleh perbukitan dengan hutan-hutan yang masih alami, hewan-hewan langka bisa ditemukan di sana.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam enam belas wisata Raja Ampat yang populer dan wajib dikunjungi, Jumat (13/5/2022).

2 dari 4 halaman

Wisata Raja Ampat yang Populer dan Wajib Dikunjungi

1. Pulau Salawati

Pulau Salawati adalah wisata Raja Ampat yang populer dan salah satu pulau terbesar di daerah wisata Raja Ampat. Di Pulau Salawati terdapat pantai dengan pasir putih yang indah dan bersih. Di Pulau Salawati, pengunjung bisa melihat ikan pelangi yang jarang ditemukan di dunia.

Jika bosan dengan wisata laut, di wisata Raja Ampat yang populer pengunjung bisa belajar adat istiadat yang ada di Pulau Salawati. Masyarakat di sana memiliki adat istiadat yang cukup kental, seperti Tarian Wor yang merupakan tarian penyambut para wisatawan dan masih banyak lagi.

Selain bisa membaur dengan masyarakat sekitar dan belajar adat istiadat yang ada di sana, pengunjung juga bisa bersantai dan menikmati suasana pantai yang indah dan bersih. Di wisata Raja Ampat yang populer Pulau Salawati juga terdapat peninggalan perang dunia ke II di dasar laut. Kapal-kapal perang yang karam juga bisa menjadi spot untuk menyelam dan memberikan pengalaman yang berbeda.

2. Star Lagoon

Star Lagoon adalah wisata Raja Ampat yang populer berupa sebuah laguna yang berbentuk bintang. Star Lagoon ini juga menjadi salah satu wisata yang wajib pengunjung kunjungi, karena keindahan bentuk dan juga pemandangan yang ditawarkan.

Untuk melihat pesona wisata Raja Ampat yang populer Star Lagoon, pengunjung harus mendaki bukit terlebih dahulu, sehingga bentuk bintang akan jelas terlihat dari atas. Sama seperti wisata Raja Ampat lainnya, Star Lagoon juga menyuguhkan pemandangan bawah air yang cukup menakjubkan. Pengunjung harus membuktikan sendiri keistimewaan Star Lagoon.

3. Pianemo

Pianemo adalah wisata Raja Ampat yang populer, akan menyuguhkan keindahan alam yang tak kalah menakjubkan. Terdapat sembilan spot foto yang bisa pengunjung incar untuk membuat orang lain iri dengan hasil fotonya. Dari ketinggian Pianemo para traveller bisa menikmati keindahan Raja Ampat.

Keindahan dari gugusan batu karang dan birunya laut di wisata Raja Ampat yang populer ini akan membuat pengunjung tak tahan untuk tidak memotretnya. Banyak yang menyebutkan wahwa Pianemo sebagai wayang mini. Gimana? Pengunjung penasaran? Rencanain ke sini, karena keindahannya nggak main-main lho.

4. Desa Wisata Sauwandarek

Desa wisata Suwandarek adalah wisata Raja Ampat yang populer. Keramahan penduduk akan terlihat ketika pengunjung menginjakkan kaki di desa indah ini. Di Desa Sauwandarek, masyarakatnya dikenal terampil mengayam daun pandan laut. Hasil anyamannya seperti topi dan tas yang cukup ekonomis.

Mereka sangat ramah dan senang jika ada yang mengunjungi desanya. Keramahan mereka akan membuat para traveller malas untuk pulang. Selain itu, pengunjung di wisata Raja Ampat yang populer ini bisa menikmati keindahan bawah lautnya, terumbu karang yang yang begitu indah serta bisa bermain langsung dengan anak-anak setempat.

5. Pasir Timbul

Pasir timbul adalah wisata Raja Ampat yang populer. Selain memiliki keindahan bawah laut yang mempesona, Raja Ampat punya pesona lain yang tak kalah menakjubkan, yaitu permukaan lautnya. Terdapat berupa hamparan pasir timbul yang muncul pada waktu-waktu tertentu saja, tepatnya saat laut sedang surut.

Hamparan pasir yang timbul itu menjadi favorit di wisata Raja Ampat yang populer oleh para wisatawan yang datang lho. Mereka tidak akan melewatkan moment saat air surut, berfoto dan bersantai menjadi salah satu pilihan para pelancong jika ke sini. Keindahannya ini menjadikan pasir timbul begitu hits dikalangan para traveller.

6. Pulau Friwen

Pulau friwen adalah wisata Raja Ampat yang populer dan indah. Pulau ini persisnya berjarak sekitar 30 menit sampai 1 jam perjalanan dari pulau Waisai, yang umumnya dijadikan tempat singgah para turis. Pantai Friwen memiliki kecantikan alami yang luar biasa.

Pasir putih yang terdapat di pantai ini menghiasi pesisir, serta terdapat pepohonan rindang di sana, yang bisa pengunjung jadikan tempat berteduh yang nyaman. Kalau pengunjung ke sini, jangan khawatir terhadap ombaknya, karena ombak di pantai ini sangat tenang bahkan nyaris tidak terasa.

3 dari 4 halaman

Wisata Raja Ampat yang Populer dan Wajib Dikunjungi

7. Pulau Misool

Pulau Misool adalah wisata Raja Ampat yang populer dan salah satu pulau besar yang ada di Kepulauan Raja Ampat. Pulau ini dibagi menjadi empat bagian yaitu Misool Timur, Misool, Selatan, Misool Barat, dan Misool Utara.

Wisata Raja Ampat ini termasuk ke dalam segitiga karang dunia. Jadi tidak heran wisatawan akan banyak berkunjung ke wisata Raja Ampat yang populer ini untuk menikmati dan menyaksikan keindahan biota-biota laut seperti ikan-ikan cantik dan terumbu karang.

Di daerah wisata Raja Ampat yang populer ini terdapat laut lepas yang memiliki fauna laut yang besar seperti lumba-lumba, paus, dan pari manta. Di Pulau Misool selain dapat melakukan penyelaman, pengunjung juga bisa berwisata sejarah melihat dinding batu karang yang terdapat cap tangan berusia lebih dari 50 ribu tahun.

8. Batu Pensil

Batu pensil adalah wisata Raja Ampat yang populer. Batu Pensil adalah salah satu spot menarik yang ada di Teluk Kabui. Wisata Raja Ampat yang populer ini menjulang tinggi di tengah-tengah perairan di antara tebing-tebing karang lain di sekitar Teluk Kabui.

Disebut dengan Batu Pensil karena memang bentuknya yang menjulang tinggi mirip dengan pensil. Batu Pensil juga menjadi salah satu ikon terkenal wisata Raja Ampat. Selain pemandangan batu yang indah ini, di sekitar Teluk Kabui pengunjung juga bisa menyelam dan menikmati pemandangan indah di bawah laut.

9. Pulau Wayag

Pulau Wayag adalah wisata Raja Ampat yang populer dan menjadi ikon wisata Raja Ampat yang selalu dikunjungi oleh wisatawan. Di sini, pengunjung bisa melihat gugusan pulau yang berjajar berwarna hijau dengan biru laut yang luas dan bersih.

Pulau Wayag menjadi salah satu pulau dengan keindahan laut yang cukup terkenal. Bahkan dinobatkan menjadi salah satu dari 10 spot menyelam terbaik di Indonesia. Di sini pengunjung bisa meilihat berbagai macam jenis terumbu karang, ratusan ikan laut, dan masih banyak lagi.

10. Danau Sentani

Danau sentani adalah wisata Raja Ampat yang populer dan menjadi yang tersohor di Jaya Pura. Danau Sentani memiliki 22 pulau yang tersebar di sekitar danau. Wisata Raja Ampat yang populer ini dihuni oleh 30 jenis spesies ikan tawar, bahkan empat diantaranya merupakan spesies endemik.

Selain itu, ada hal menariknya yang dilakukan di Danau Sentani, yaitu festival adat. Warga setempat setiap bulannya selalu menggelar Festival Danau Sentani. Jika beruntung, pengunjung bisa menyaksikan langsung aksi tarian khas Papua ini, sungguh indah. Biasanya ini dilakukan untuk melaksanakan upacara adat, penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.

11. Desa Sawinggrai

Desa sawinggrai adalah wisata Raja Ampat yang populer yang dari Waisai, Ibu Kota Raja Ampat bisa ditempuh sekitar 2-4 jam perjalanan. Waktu yang cukup lama, namun akan terbayar ketika pengunjung sampai tujuan.

Di wisata Raja Ampat yang populer ini pengunjung bisa melihat dan langsung menyelam bersama ikan-ikan. Laut yang ada Desa Sawinggrai, sangat jernih, pengunjung bisa melihat langsung ribuan ikan yang ada di dalamnya.

Bak melihat ikan di aquarium raksasa. Di wisata Raja Ampat yang populer ini pula, pengunjung bisa melihat habitat asli Papua, yaitu burung Cendrawasih.

12. Pantai Waisai Torang Cinta (WTC)

Pantai waisai torang cinta adalah wisata Raja Ampat yang populer ini. Pantai ini berbeda dari pantai pada umumnya, pantai WTC menawarkan sensasi liburan secara elegan dengan berbagai fasilitas mewahnya.

Di pantai WTC terdapat banyak pohon kelapa yang menjulang sangat tinggi. Pengunjung akan kagum melihat keindahan alam yang ada di sini. Pasalnya alamnya masih begitu asri dan belum banyak diusik oleh tangan-tangan manusia. Pilihan yang tepat jika pengunjung berlibur ke sini.

4 dari 4 halaman

Wisata Raja Ampat yang Populer dan Wajib Dikunjungi

13. Kampung Saporkren

Saporkren adalah wisata Raja Ampat yang populer yang lokasinya ada di di barat Pulau Waigeo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Wisata Raja Ampat yang populer Kampung Saporkren dibangun dengan kawasan konservasi Cagar Alam Waigeo Barat.

Keindahan alam di kampung ini pula begitu melimpah dan indah. Pantai yang terdapat di Kampung Saporkren sangat bersih dan tampak begitu terawat. Pasir putih yang membentang sepanjang pantai menambah keindahan dan pesona pantai yang dikelola masyarakat setempat tesebut.

Selain karena bersih dan jernih, wisata Raja Ampat yang populer ini merupakan tipe pantai yang dalam, sehingga pengunjung bisa berenang bebas hingga 100 meter dari bibir pantai. Tempat ini juga bisa pengunjung jadikan sebagai tempat untuk berkumpul bersama keluarga.

14. Cape Kri

Pulau Kri adalah wisata Raja Ampat yang populer. Pulau ini sangat dekat dari Sorong san Waisai. Meskipun banyak penginapan yang bisa pengunjung temui di sini, keasrian dari pulau ini masih sangat terjaga.

15. Teluk Mayalibit

Teluk mayalibit adalah wisata Raja Ampat yang populer. Dari Waisai, ibu kota Raja Ampat, Papua Barat, pengunjung harus menyewa sebuah perahu untuk bisa menelusuri Mayabilit.

Dalam satu perahu bisa menampung 10-12 orang, umtuk harganya Rp 6 juta, namun bisa kurang jika pengunjung mau bernegosiasi.

16. Sawing Rey

Sawing rey adalah wisata Raja Ampat yang populer. Di sini pengunjung wisata Raja Ampat yang populer bisa memberi makan ikan. Tinggal mencelupkan tangan ke pantai dengan adonan terigu, ikan-ikan akan datang nyamperin pengunjung.

Jika pengunjung lihat, ikan-ikan di sini begitu menggemaskan, dengan beragam membuat kawanan ikan. Pengunjung bisa melihat burung cendrawasih di sini. Untuk bisa melihat burung pengunjung harus menanjak ke Bukit Manjai, Wawing Rai, selama 30 menit. Ini akan menjadi pengalaman yanga tak terlupakan.