Sukses

See You Artinya Sampai Jumpa, Ketahui Makna dan Penggunaannya

Pada bahasa Indonesia, kalimat see you artinya sampai jumpa atau sampai ketemu lagi.

Liputan6.com, Jakarta Istilah see you kerap kali kita dengar dalam aktivitas sehari-hari. Ungkapan see you cukup sering ditemui dalam berbagai konteks Bahasa Inggris, baik tertulis maupun lisan. Bahkan, tak jarang istilah see you juga sering dicampur dalam percakapan bahasa Indonesia.

Kalimat see you artinya sampai jumpa atau sampai ketemu lagi dalam bahasa Indonesia. Maka wajar jika kalian sering mendengar kalimat ini dalam akhir dari sebuah pertemuan santai atau informal.

Istilah see you artinya digunakan untuk menyampaikan perpisahan sementara. Jika kalian mendengar ucapan ini, bisa jadi orang yang mengatakannya dengan harapan ingin bertemu lagi suatu saat nanti.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai makna see you beserta penggunaan dan contoh kalimatnya  yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna See You

Kata see you artinya ungkapan yang sering dijumpai dalam bahasa Inggris. Pada bahasa Indonesia, kalimat see you artinya sampai jumpa atau sampai ketemu lagi. Ungkapan see you artinya biasa digunakan sebagai salam perpisahan. Namun, bukan yang bersifat selamanya, melainkan diucapkan ketika berpisah sementara waktu. Jadi, setelah mengucapkan ungkapan ini dianggap akan ada pertemuan kembali yang dapat terjadi kapan saja. Kalimat see you artinya bersifat tidak formal dan umumnya diucapkan kepada keluarga, teman, dan orang-orang yang sudah dikenal.

Mengucapkan see you sebagai salam perpisahan sebagai penanda dan harapan akan bertemu lagi suatu saat. Pertemuan kembali ini bisa terjadi kapan saja, baik ada waktu yang pasti maupun belum. Misalnya berniat akan bertemu kembali besok, seminggu lagi, sebulan lagi, dan seterusnya. Atau masih belum diketahui pasti kapan akan bertemu lagi, tapi yang jelas sudah ada niatan untuk bertemu kembali.

3 dari 4 halaman

Penggunaan See You dan Contoh dalam Kalimat

Ungkapan see you artinya dapat digunakan dalam berbagai bentuk sesuai dengan konteks yang berlaku. Berikut beberapa penggunaan see you yang sering ditemui dalam bahasa Inggris, yaitu:

1. See you again

Bentuk yang pertama adalah see you again, yang artinya sampai bertemu lagi atau sampai jumpa lagi. Sesuai dengan artinya, see you again digunakan saat kita berpisah dengan tujuan akan bertemu lagi di lain waktu. Contoh penggunaannya dapat dilihat pada contoh berikut:

a. It was a really nice meeting with you, Bianca. I hope we can continue our talk in another chance. See you again, Bianca! (Ini adalah meeting yang sangat menyenangkan denganmu, Bianca. Aku harap kita bisa melanjutkan pembicaraan kita di lain kesempatan. Sampai bertemu lagi, Bianca!)

b. Too bad it’s the time for me to go home. Let’s meet with others another time. See you again, buddy! (Sayang ini waktunya aku pulang. Ayo kita ketemu sama yang lain nanti. Sampai jumpa lagi, kawan!)

2. See you later

Ungkapan see you later dapat diartikan dengan sampai jumpa lagi atau sampai jumpa nanti. Ungkapan ini bisa digunakan sebagai salam perpisahan dengan tujuan akan bertemu beberapa waktu kemudian. Misalnya dapat dilihat pada contoh berikut:

Joko: Budi, you didn’t forget that we will meet at Tono’s house tonight, right? (Budi, kamu nggak lupa kalau kita akan ketemu di rumah Tono malam ini, kan?)

Budi: Of course, I’m not forget. It’s Tono’s birthday anyway. See you later, Joko! (Tentu aja, aku nggak lupa. Ini kan ulang tahun Tono. Sampai ketemu nanti, Joko!)

3. See you soon

See you soon dalam bahasa Indonesia dapat diartikan dengan sampai bertemu lagi segera atau sampai jumpa segera. Ungkapan ini diucapkan dengan harapan akan bertemu lagi dalam waktu dekat sesegera mungkin. Untuk contoh penggunaannya dapat dilihat pada kalimat-kalimat berikut:

a. It’s upsetting that we must go on our separate ways now. But I believe that we will meet again. See you soon! (Sedih banget kita harus berjalan sendiri-sendiri sekarang. Tapi aku percaya kalau kita akan ketemu lagi. Sampai jumpa segera!)

b. My new house is only two hours away from here, so we can meet sometimes. See you soon, my friend! (Rumah baruku cuma dua jam dari sini, jadi kita bisa ketemu sesekali. Sampai ketemu segera, temanku!)

4 dari 4 halaman

Penggunaan See You dan Contoh dalam Kalimat

4. See you on top

Berbeda dengan yang lainnya, ungkapan see you on top tidak benar-benar digunakan sebagai salam perpisahan. Ungkapan see you on top kurang lebih berarti sampai ketemu nanti saat kita sama-sama sukses. Ungkapan ini biasa diucapkan baik kepada orang yang sedang berjuang dalam perjuangannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

a. I know that you will always get what you want because your hardworking nature. See you on top, buddy! (Aku tahu kamu selalu mendapat apa yang kamu inginkan karena sifatmu yang bekerja keras. Sampa ketemu saat kita sama-sama sukses, kawan!)

b. I don’t really want to admit it, but I know that kind of thing won’t stop you. So, see you on top! (Aku sebenarnya nggak mau mengakui, tapi aku tahu kalau hal kayak gitu nggak akan menghentikan kamu. Jadi, sampai ketemu saat sukses!)

5. See you dengan waktu yang spesifik

Bentuk see you yang terakhir adalah ungkapan see you ditambah dengan waktu yang spesifik dan pasti. Misalnya besok, lusa, minggu depan, hari tertentu, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

a. This is all for the lesson today. See you tomorrow for the next lesson, students! (Sampai sini pelajaran kita hari ini. Sampai ketemu besok untuk pelajaran selanjutnya, murid-murid!)

b. We will hold another meeting next Monday, right? See you on Monday, then! (Kita akan adakan meeting selanjutnya Senin nanti, kan? Sampai ketemu hari Senin, kalau gitu!)

c. We will miss you for a whole month, but we hope you’re doing well in your job there. See you next month! (Kami akan kangen kamu selama satu bulan penuh, tapi kami harap kamu pekerjaan kamu lancar disana. Sampai ketemu bulan depan!)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.