Sukses

Self Reminder Artinya Pengingat Diri, Pahami Makna dan Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Kata self reminder kerap kali digunakan oleh banyak orang baik secara lisan maupun tulisan. Biasanya, kata self reminder digunakan untuk sebuah pelengkap dalam kalimat motivasi. Lalu apa sih arti self reminder?

Self reminder artinya sebagai pengingat untuk diri sendiri, menjadi sesuatu hal yang bersifat inspiratif, bahasa kerennya motivasi. Self reminder artinya juga bisa membuka pikiran kita dan membantu kita untuk melangkah jauh ke depan.

Meskipun hanya sebagai kata-kata, namun self reminder dapat menjadi pendorong semangat seseorang dalam menjalani hidup. Banyak orang yang butuh dorongan dan motivasi. Banyak juga yang butuh peringatan untuk mengontrol dirinya sendiri.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai arti self reminder dan manfaatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/5/2022).

2 dari 4 halaman

Arti Self Reminder

Secara bahasa, self reminder artinya pengingat diri. Self reminder dapat dijadikan alarm yang selalu mengingatkan manusia untuk melakukan perbaikan dan menuntaskan progres ke depan. Self reminder artinya mampu mengingatkan manusia bahwa ada hal-hal yang harus dikerjakan dalam mencapai impian dan ada hal-hal yang harus ditinggalkan dalam memperbaiki kesalahan. Orang yang bijak pasti melakukan hal ini dalam kehidupannya.

Self reminder artinya alat untuk merefleksikan diri dan mengevaluasi setiap kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu. Dengan self reminder, seseorang akan terlatih untuk mengembangkan potensinya dan belajar menerima kesalahan. Latihan diperlukan untuk menciptakan kemampuan dan keberhasilan seseorang. Sebab dengan berlatih, ia bisa merasakan kegagalan dan belajar darinya.

Selain itu, self reminder artinya juga bisa menjadi alat untuk mawas diri. Self reminder membuat seseorang berpikiran rasional dalam mengambil keputusan, sehingga tidak bertindah gegabah dan seenaknya. Tujuan melakukan self reminder yakni untuk sedikit mengingat kebaikan dan sebanyak mungkin mengingat keburukan yang telah dilakukan. Dengan begitu, progres pun mulai dapat dirasakan.

Jika melihat media sosial, saat ini banyak sekali ditemukan quote atau kata kutipan yang mengarah pada self reminder. Hal ini adalah sesuatu yang baik, sebab self reminder bisa membantu seseorang untuk menata masa depannya.

3 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Self Reminder

Orang yang sedang berusaha mawas diri melalui self reminder cenderung memiliki sikap-sikap berikut ini:

1. Mengingatkan diri untuk terus melakukan hal produktif.

2. Menahan diri untuk berbuat hal negatif.

3. Memotivasi ketika sedang berada di titik terendah.

4. Mengingatkan diri untuk tidak putus asa dalam segala hal.

5. Memberikan wejangan agar memiliki semangat dalam hidup.

6. Membuat pikiran kita terbuka ketika ada suatu masalah.

7. Membuat kita tergugah untuk melakukan hal positif.

8. Mengontrol diri agar tidak gegabah.

9. Membuat kita untuk dapat lebih menerima kekurangan dan kelebihan diri.

10. Membuat diri untuk berpikir sebelum bertindak.

4 dari 4 halaman

Manfaat Self Reminder

1. Menenangkan Diri

Ada saatnya diri kita berada di situasi yang tidak kondusif. Banyak terpaan dari luar dan dalam diri kita sendiri. Mungkin kata-kata orang lain juga dapat membuat kita tidak tenang, atau malah diri kita sendiri yang pesimis dan membuat diri semakin panik.

Banyak sekali masalah yang mungkin tidak bisa kita atasi sendiri. Masalah yang menumpuk akan membuat kita tidak tenang dan merasa gelisah. Kegiatan pun jadi tertunda ketika kita banyak memikirkan masalah.

Oleh karena itu, kita perlu hal yang dapat menenangkan diri kita. Kita perlu hal positif yang dapat membuat kita menjadi lega. Hal yang positif akan membuka pikiran kita untuk berpikir lebih jernih lagi. Dengan adanya self reminder ini, yang tadinya kita tidak tenang, panik, dan gelisah setidaknya akan membuat kita sedikit lebih tenang. Self reminder juga dapat kita ingat dengan sendirinya untuk berjaga-jaga ketika kita sedang tidak merasa tenang.

2. Memotivasi Diri

Setiap orang memiliki keinginan, harapan, dan cita-cita yang diinginkan. Untuk mencapainya tentu harus berusaha dan memaksimalkan diri. Tidak hanya dari dalam diri, pengaruh dari luar juga bisa mendorong semangat kita untuk mengejar impian.

Self reminder juga dapat mendorong kita untuk lebih semangat dalam mengejar cita-cita. Setiap orang perlu dorongan agar semakin semangat dalam segala hal. Dengan adanya self reminder ini, kita akan mendapat motivasi dan menambah kepercayaan diri untuk mengejar impian.

Dengan adanya motivasi ini, kita dapat bangkit dari keterpurukan. Kita tidak lagi overthinking mengenai impian kita. Dari manapun sumber motivasi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Ingat terus kalimat motivasi yang anda dapat, itu akan menjadi self reminder. Ketika semangat mulai memudar, anda harus ingat akan motivasi yang anda miliki. Anda memiliki self reminder yang bisa mendorong semangat diri anda lagi.

3. Mampu Mengontrol Diri

Mengontrol diri sendiri merupakan hal yang tak selalu mudah dilakukan. Apalagi jika kalian sadar memiliki sifat ceroboh dan emosi yang tinggi. Tingkah laku yang kalian anggap biasa saja tanpa sadar bisa melukai orang lain. Nah, dengan adanya self reminder ini menjadi bisa belajar mengontrol diri, kalian akan lebih berhati-hati dalam bertindak. Kalian juga akan punya kesadaran untuk berusaha meminimalkan tindakan ceroboh yang berpotensi menyakiti diri sendiri maupun orang lain.