Sukses

Servis dalam Bola Voli Diartikan Sebagai Pukulan dan Serangan Awal, Ini Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Servis dalam bola voli diartikan sebagai pukulan pertama dalam permainan bola voli yang di lakukan di luar lapangan mengarah ke daerah lawan sebagai awal di mulainya pertandingan. Servis bola voli sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara berbeda, dengan tujuan menyeberangkan bola di atas net, dan sampai ke area permainan lawan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, voli adalah bola yang terbang atau melayang sebelum menyentuh tanah (seperti dalam bola voli atau tenis). Dalam praktiknya, permainan bola voli dilakukan dengan cara melambungkan bola supaya tidak terjatuh ke tanah. Permainan bola voli bisa dikatakan permainan yang memantul-mantulkan bola.

Bola voli pun masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan di berbagai ajang, mulai dari level nasional hingga internasional.  Voli merupakan satu di antara cabang olahraga yang dimainkan secara beregu. Adapun masing-masing regu dalam permainan bola voli terdiri dari enam orang pemain.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai permainan bola voli dan teknik servisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/5/2022).

2 dari 3 halaman

Permainan Bola Voli

Bola voli adalah jenis permainan bola besar yang dimainkan secara beregu. Sebuah pertandingan bola voli dimainkan oleh dua tim atau regu secara berlawanan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah 6 (enam) orang yang berada di lapangan.

Permainan bola voli dilakukan di lapangan dengan ukuran 18 m x 9 m, yang dibatasi oleh net. Adapun ketinggian netnya 2,43 m untuk putra dan 2,24m untuk putri. Peraturan dalam permainan bola voli diawali dengan servis oleh regu penyerang setelah diundi regu mana yang menjadi penyerang pertama. Servis harus melewati net, bola diterima regu lawan, dan boleh memainkan bola maksimal tiga kali.

Bola tersebut kemudian dikembalikan lagi ke lapangan lawan dengan berusaha memastikan pertahanan lawan. Jika bola gagal dikembalikan oleh regu server maka pindah dan poin satu untuk regu penerima.

Sebaliknya jika bola gagal dikembalikan, poin untuk lawan, sesuai posisi matinya bola di daerah mana. Kemenangan permainan bola voli dalam satu set adalah regu yang lebih dahulu mencapai poin 25 dalam satu pertandingan.

3 dari 3 halaman

Teknik Servis

Ada beberapa servis dalam bola voli yang harus anda ketahui dan lakukan. Berikut teknik servis dalam bola voli diartikan sebagai:

1. Teknik Servis Bawah Bola Voli

Teknik servis dalam bola voli diartikan sebagai pukulan dan serangan awal adalah teknik servis bawah bola voli. Servis bawah bola voli disebut dengan underhand serve. Gerakan ini cukup mudah dilakukan oleh pemain pemula, karena tidak membutuhkan tenaga yang lebih. Jadi, anda hanya berfokus pada ayunan tangan saja. Namun, kesulitan pada teknik ini adalah pengenaan bola dengan tangan yang kurang tepat. Untuk mengatasinya, tangan harus berada tepat di belakang bawah bola, sudut dorongan atau ayunan tangan memiliki sudut antara 30-45 derajat ke depan. Dengan begitu, bola bisa melewati atas net.

2. Teknik Servis Atas Bola Voli

Teknik servis dalam bola voli diartikan sebagai pukulan dan serangan awal adalah teknik servis atas bola voli. Teknik dasar servis atas bola voli dilakukan dengan memegang bola melalui tangan kiri dan tangan kanan yang siap memukul. Kemudian, lambungkan bola dengan tangan kiri melewati atas kepala dan pukul dengan telapak tangan sekeras-kerasnya agar dapat melewati net.

3. Servis Samping Bola Voli

Teknik servis dalam bola voli diartikan sebagai pukulan dan serangan awal adalah servis samping bola voli. Servis samping merupakan teknik servis dengan posisi awal berdiri menyampingi lapangan atau net. Cara melakukan servis samping adalah sebagai berikut:

a. Posisikan tubuh dengan berdiri pada kedua kaki berhadapan dengan segi lapangan.

b. Pegang bola voli dengan posisi tangan setinggi kepala.

c. Selanjutnya, lembar bola voli hingga melambung ke depan badan.

d. Ayunkan hingga ke belakang tangan yang berfungsi untuk memukul.

e. Tekuk kedua lutut dan pastikan berat badan tertumpu ke belakang.

f. Atur posisi tangan sehingga tangan sehingga pada posisi melingkar dan bergerak memukul bola.

g. Langkah terakhir dalam teknik servis samping adalah lakukanlah gerakan memutar badan hingga menghadap net dan pindahkan seluruh berat tubuh ke depan.

4. Jumping Service

Jumping service atau servis loncat merupakan teknik servis yang dilakukan seperti melakukan smash. Dengan begitu, bola yang dihasilkan pun akan keras, cepat, dan menukik.  Servis ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, kemudian hanya pemain-pemain tertentu saja yang bisa melakukannya. Berikut adalah cara melakukan jumping service dalam bola voli:

a. Berdiri dengan posisi beberapa meter dari garis belakang dan badan menghadap ke lapangan.

b. Pegang bola menggunakan kedua tangan.

c. Kembangkan kurang lebih setinggi 3 meter di depan badan.

d. Setelah bola mencapai ketinggian yang diinginkan, kejar bola dan lakukan loncatan. Kemudian, pukul bola seperti melakukan smash.

e. Lecutkan pergelangan tangan agar bola yang dihasilkan bisa berputar dan secepatnya turun ke lapangan lawan.