Sukses

12 Wisata Cilacap yang Sayang Dilewatkan, Tawarkan Keindahan Alam Memesona

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Cilacap dapat menjadi destinasi selanjutnya bagi kamu yang ingin berlibur dengan suasana berbeda. Cilacap merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat. 

Cilacap terkenal dengan penjara para tahanan mati dan seumur hidup yaitu Pulau Nusakambangan. Meski terkesan menyeramkan, namun Cilacap ternyata memiliki pesona yang tidak kalah indahnya dengan destinasi wisata lain di Jawa Tengah.

Wisata Cilacap menawarkan banyak destinasi yang menakjubkan, mulai dari pegunungan, air terjun, hingga pantai. Kamu dapat menikmati keindahan alamnya bersama teman ataupun keluarga saat libur.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai wisata Cilacap yang sayang dilewatkan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (14/5/2022).

2 dari 4 halaman

Wisata Cilacap yang Sayang Dilewatkan

1. Pantai Teluk Penyu

Wisata Cilacap yang pertama adalah Pantai Teluk Penyu. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat Cilacap juga memiliki jajaran pantai yang indah. Salah satu yang terkenal adalah Pantai Teluk Penyu. Meski kamu tidak akan menemukan penyu di pantai ini, namun panorama pantainya sangat indah dengan latar belakang Pulau Nusakambangan yang tampak hijau. Senja juga jadi waktu terbaik untuk menikmati panorama pantai ini.

2. Segara Anakan

Segara Anakan adalah sebuah laguna yang memisahkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Nusakambangan. Laguna merupakan sebuah kawasan air asin yang terpisah dari lautan dan dihuni oleh berbagai jenis ikan dan tanaman mangrove. Tempat wisata Cilacap ini menghadirkan pemandangan hijau dari laguna serta angin yang sejuk.

3. Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem adalah salah satu tempat wisata sejarah di Cilacap yang menghadirkan objek wisata bertema zaman kolonial Belanda. Benteng Pendem dahulu kala merupakan pusat pertahanan militer kolonial Belanda dari serangan musuh. Benteng ini sempat terkubur oleh timbunan pasir serta kondisinya tidak terawat. Namun pada tahun 1986, benteng ini mulai digali dan dijadikan objek wisata bagi warga Cilacap dan sekitarnya.

4. Curug Mandala

Curung Mandala adalah tempat wisata Cilacap yang menghadirkan objek wisata dengan tema air terjun. Destinasi wisata air terjun ini memiliki keindahan yang luar biasa, dengan pemandangan hijau yang asri seperti tempat wisata di Samarinda yang juga memiliki objek wisata serupa. Bagi kamu yang ingin pergi ke sana, maka harus mempersiapkan fisik yang kuat, sebab medan yang harus dilalui sangat berat. 

3 dari 4 halaman

Wisata Cilacap yang Sayang Dilewatkan

5. Pantai Sodong

Pantai yang satu ini memiliki panorama indah berupa perbukitan Gunung Selok yang megah. Deretan pohon cemara juga menjadi salah satu spot berfoto yang tidak boleh kamu lewatkan. Pantai Sodong merupakan salah satu pantai terbaik di Cilacap untuk menikmati suasana senja.

6. Waduk Kubangkangkung

Selanjutnya, tempat wisata Cilacap yang sayang dilewatkan adalah Waduk Kubangkangkung. Waduk Kubangkangkung ini ternyata sudah ada sejak zaman Belanda. Dulunya waduk buatan ini merupakan sumber cadangan air bersih. Kini, Waduk Kubangkangkung pun berkembang menjadi objek wisata yang asyik untuk dikunjungi bersama keluarga. 

7. Gunung Selok

Gunung yang satu ini bukan sekedar gunung biasa. Kabarnya, Gunung Selok ini merupakan kahyangan di bumi yang dibangun oleh para dewa ketika dihukum oleh Tuhan. Tidak heran bila pemandangan dari atas gunung ini sangat mengagumkan. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan sawah dan Pantai Sodong yang indah. Untuk kamu yang suka berfoto kini bahkan telah tersedia balon udara ala Gunung Selok yang unik banget.

8. Kemit Forest

Cilacap tampaknya tidak mau ketinggalan soal destinasi wisata kekinian. Tepatnya di Kemit Forest, kamu bisa seru-seruan menikmati pemandangan alam Cilacap dari atas gardu pandang. Selain itu, banyak terdapat spot foto yang asyik untuk dipajang di sosial media kamu. Mulai dari hutan pinus hingga sepeda gantung yang memacu adrenalin. 

4 dari 4 halaman

Wisata Cilacap yang Sayang Dilewatkan

9. Pantai Kali Kencana, Nusakambangan

Meski merupakan pulau tahanan bagi para narapidana, Nusakambangan ternyata memiliki bagian yang bisa diakses oleh masyarakat umum. Di antaranya bahkan merupakan tempat wisata baru yang sedang hits. Salah satunya yaitu Pantai Kali Kencana. Pantai Kali Kencana bisa ditempuh melalui perahu tradisional dari Pantai Teluk Penyu selama 15 menit.

Tidak sampai di situ, kamu harus berjalan menyusuri hutan kurang lebih tiga jam perjalanan untuk bisa mencapai lokasi Pantai Kali Kencana. Jauhnya perjalanan akan terbayar lunas dengan hamparan pantai berair biru dan pasirnya yang bersih.

10. Curug Cimandaway

Selanjutnya, tempat wisata Cilacap yang sayang dilewatkan adalah Curug Cimandaway. Berbeda dengan Curug Mandala yang masih minim fasilitas, Curug Cimandaway memiliki fasilitas penunjang pariwisata yang cukup lengkap. Mulai dari toilet, tempat makan hingga sarana bermain flying fox. Curug ini juga memiliki mitos unik yaitu apabila ada pasangan yang datang berkunjung kemari katanya akan bisa berjodoh.

11. Pantai Kemiren

Selanjutnya, tempat wisata Cilacap yang sayang dilewatkan adalah Pantai Kemiren. Berbeda dengan Pantai Teluk Penyu yang cenderung tenang, Pantai Kemiren memiliki ombak yang cukup besar. Sangat disarankan untuk tidak berenang di pantai ini. Kecantikan Pantai Kemiren memang tidak terlihat dari ombaknya, tapi dari area sekitar pantai dengan pepohonan rimbun yang sangat instagramable.

12. Pantai Ranca Babakan, Nusakambangan

Pantai lain yang tidak kalah eloknya di Nusakambangan adalah Pantai Ranca Babakan. Pantai yang satu ini memang terbilang cukup jauh dari pusat Kota Cilacap. Membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2 jam dari Pelabuhan Sleko, Cilacap untuk bisa menuju ke dermaga pantainya. Dari dermaga, kamu hanya perlu trekking ringan selama 20 menit.

Pantai ini terbilang unik karena letaknya agak menjorok ke dalam pulau, sehingga tidak perlu takut akan ancaman ombak besar. Air jernih dan pasir putih menjadi daya tarik utama Pantai Ranca Babakan yang sayang untuk dilewatkan.